Jumat, 03 April 2020

TIGA JUMAT SUDAH BERLALU...

TIGA JUMAT SUDAH BERLALU...
Refleksi Pandemi Corona di  pekan ketiga
Oleh: Abd Misno BP

Hari ini, Jumat 03 April 2020 memasuki Jumat ketiga setelah pandemi Covid-19 hadir di muka bumi. Sudah tiga jumat berlalu, beberapa masjid tidak bisa merayakan shalat Jumat secara berjamaah. Ini adalah sejarah kelam bagi umat Islam dan juga umat manusia pada umumnya. 
Sebagai satu hari raya bagi umat Islam, penghulu hari dan adanya kewajiban shalat Jumat berjamaah benar-benar menjadi hambar tanpa adanya itu semua. Ya... tiga pekan telah berlalu di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura dan sebagian Indonesia tidak bisa melaksanakan shalat Jumat. 
Alhamdulillah, saya sendiri yang tinggal di ujung selatan Bogor masih bisa shalat Jumat berjamaah, namun melihat saudara-saudara muslim lain yang tidak bisa melaksanakannya menjadikan ikut merasa berduka. 
Terlepas dari hukumnya, -karena memang mudharatnya akan lebih banyak apabila dilaksanakan- maka ketiadaan shalat jumat dengan khutbahnya menjadikan ada yang hilang dari umat Islam. Ya... shalat Jumat secara berjamaah, khutbah yang memberikan nasehat kepada umat Islam hingga tradisi setelah shalat jumat yang mau tidak mau akhirnya ikut berhenti sementara. 
Keagungan dari hari Jumat memang tidak bisa digantikan dengan nasehat melalui media sosial, karena kebersamaan ketika di masjid, syiar umat Islam hingga banyaknya pahala di hari ini hanya bisa didapatkan ketika kita melangkahkan kaki ke masjid. 
Kita semua berharap, semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan umat Islam kembali bisa melaksanakan shalat Jumat secara berjamaah ini. “Ya Allah, jauhkan umat Islam dari fitnah Covid-19 ini Ya Dzal Jalal wal Ikram. Selamatkanlah kami dari segala bentuk fitnah, dan berkahilah seluruh kehidupan kami. Aameen Ya Rabbal ‘Alaamiin.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Please Uktub Your Ro'yi Here...