Kamis, 18 Mei 2023

Kekurangan anda Adalah Kelebihan Anda

Oleh: Misno bin Mohamad Djahri

 


Bismillahirrahmaanirohim 

Setiap manusia memiliki kekurangan dan juga kelemahan, sebagaimana sabda Nabi Shallallahu Alaihi WasallamKullu Bani Adam Khattha’un” artinya setiap manusia itu pasti pernah berbuat salah. Bahkan dalam beberapa ayat Alquran menunjukkan bahwasanya manusia itu adalah dzaluumun kaffaar dan lain sebagainya.

Oleh karena itu kita sebagai manusia harus siap untuk berdamai dengan kekurangan kita, ini memang cukup berat, banyak kekurangan yang ada pada diri kita sendiri, bahkan ada beberapa orang yang mungkin tidak pede atau minder dengan kekurangan dirinya. Berdamai dengan kelemahan atau kekurangan kita berarti kita memahami dari kelemahan dan juga kekurangan terus memperbaikinya sehingga akan lebih baik ke ke hadapannya. Karena pada manusia itu pasti tidak ada yang yang sempurna, sehingga setiap manusia itu pasti memiliki kekurangan, pasti memiliki kelemahan dan lain sebagainya.

Kemudian kelemahan dan kekurangan itu kita harus mampu untuk menerimanya, akan di level yang lebih tinggi jika kita mampu menjadikan kelemahan kita itu jadi kekuatan kita setiap kekurangan kita pun menjadi kelebihan kita asal caranya kita mampu untuk mengelola dari keuangan atau dari kekurangan tersebut. Anda bisa mengelola dari kelemahan dan kekurangan kita dan menjadikan yang kelemahan kita menjadi kekuatan kita jadikan kekurangan kita menjadi sebuah kelebihan untuk kita.

Tentu saja Ini melalui proses dan proses itu tentu saja tidak instan tetapi bertahap, mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kepada kita hidayah serta inayah-nya sehingga kita mampu untuk memahami diri kita mengetahui kelemahan dan kekurangan kita menjadikan itu sebagai media untuk introspeksi dan menjadikannya pula kita itu untuk maju dan berkembang kembang menjadikan kekurangan kita sebagai kelebihan kita, kelemahan kita sebagai kekuatan dari diri kita. Wallahu A'lam Bishawab 18052023 dari transkrip video di Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...