SILABUS MATA KULIAH
A.
IDENTITAS MATA KULIAH
1.
Nama Mata Kuliah :
Metodologi Penelitian Pendidikan
2.
Kode Mata Kuliah :
PAI 9102
3.
Jumlah SKS : 3 SKS
4.
Jenjang Studi : S3
5.
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
B.
STANDAR KOMPETENSI MATA
KULIAH
1. Mahasiswa mampu memahami dan mengembangkan paradigma
dan teori serta metode penelitian pendidikan
2. Mahasiswa mampu
mengaplikasikan secara komprehensif
berbagai pendekatan/metode dalam penelitian
3. Mahasiswa mampu
memilih model penelitian pendidikan agama yang sesuai dengan permasalahan.
C.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan wawasan secara teoritis dan praktis dalam melakukan penelitian
Pendidikan Agama Islam melalui berbagai model dan metode. Materi mencakup: identifikasi isu-isu penelitian PAI, filosofi
dan paradigma penelitian, mixing methods, teori dan kajian pustaka, serta
model-model penelitian
D.
TUJUAN MATA KULIAH
1. Memberikan pengetahuan
yang komprehensif tentang metodologi penelitian
2.
Memberikan pemahaman tentang teori, kajian pustaka dan berbagai model
penelitian
3. Memberikan kemudahan dalam aplikasi model
penelitian.
E.
SEBARAN TOPIK MATA KULIAH
No.
|
Topik
|
Ruang Lingkup
|
1.
|
Pengantar mata kuliah dan
sisten perkuliahan.
identifikasi isu-isu penelitian PAI
|
1.Kontrak studi
2.Penyampaian silabi
3.Pembagian tugas
4.Isu-isu penelitian PAI
|
2.
|
Penelitian dan paradigmanya
|
1.Filisofi dan paradigma penelitian
2.Macam-macam paradidgma penelitian
3.Arah penelitian S3
|
3.
|
Mixing methods
|
1.Dasar mixing methods
2.Kelebihan dan kekurangan mixing methods
3.Menggabung berbagai model penelitian
|
4.
|
Posisi dan fungsi teori serta kajian pustaka dalam penelitian
|
1.Macam-macam teori ( Grand theory dam midle theory
2.Posisi dan fungsi teori dalam penelitian
3.Posisi dan fungsi kajian pustaka dalam penelitian
|
5.
|
Metode penelitian deskriptif
|
.Penelitian Deskriptif
-
Hakekat,
tujuan, Jenis-jenis, prosedur, dll
|
6.
|
Metode penelitian
kualitatif
|
Penelitian kualitatif
-
Hakekat/pengertian,
tujuan, prosedur, dll
|
7
|
Metode penelitian kuantitatif
|
Penelitian kuantitatif
-
Hakekat
-
Tujuan
-
Prosedur,
-
Desain
dll
|
8.
|
Penelitian Ekperimen
|
Penelitian Eksperimen
-
Hakekat
-
Masalah
riset
-
Hipotesis
-
Desain-desain
eksperimen, dll
|
9.
|
Penelitian Kuasi Eksperimen
|
Penelitian Kuasi Eksperimen
-
Hakekat,tujuan
-
Masalah riset
-
Hipotesis
Desain-desain kuasi
eksperimen, dll
|
10.
|
Penelitian Sejarah
|
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian , prosedur, dll
|
11.
|
Penelitian Evaluasi
|
Pengertian/ hakekat, model evaluasi,jenis-jenis riset evaluasi
prosedur, dll
|
12
|
Penelitian Tindakan
|
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian, prosedur, dll
|
13.
|
Penelitian Kebijakan
|
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian, prosedur, dll
|
14.
|
Penelitian Pengembangan (R&D)
|
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian, prosedur, dll
|
15
|
Analisis Data Kuantitatif
|
Pengertian, dan model-model analisis manual dan komputer
|
16.
|
Analisis Data Kualitatif
|
Pengertian, tujuan dan model –model analisis kualitatif
|
F.
METODE PERKULIAHAN DAN PENUGASAN
Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan berbagai metode dan strategi
dalam bentuk penyampaian materi oleh dosen pengampu mata kuliah sebanyak 4 kali
pertemuan. Kemudian 11- 12 kali dalam bentuk seminar kelas yang dipresentasikan
oleh mahasiswa secara perorangan/kelompok, dilengkapi dengan makalah seminar dan power point untuk
ditayangkan. Setiap pelaksanaan seminar kelas diberikan pengarahan dan
bimbingan dari dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian.
G.
MEDIA PEMBELAJARAN
Perkuliahan menggunakan berbagai media dan sumber pembelajaran yang
sesuai dengan tema-tema pembahasan. Media tersebut antara lain: White board,
spidol, Laptop, LCD, pengeras suara, dan lain-lain sesuai kebutuhan.
H.
SISTEM EVALUASI
Aspek-aspek yang dievaluasi sebagai keberhasilan dalam mengikuti
perkuliahan ini sebagai berikut:
1. Kehadiran dan
partisipasi aktif selama perkuliahan berlangsung dalam bentuk saran/pendapat yg
konstruktif lisan atau tulisan (30%)
2. Kualitas
penyajian bahan presentasi dan penyajiannya dalam seminar (50%)
3. Penyerahan
tugas secara tepat waktu (20%).
4. Skor penilaian
mengikuti aturan yang dibuat PPs IAIN Antasari
I.
REFERENSI
Balian, Edward
S, How desaign, analysis, and write doctoral research: The practical
guidebook. Boston: University Press of America. Inc.1982
Borg, Walter
D.& Gall, Meredith D, Educational research: an introduction:.New
York: Longman, 1983.
Branmen, Julia,
(Ed). Mixing methods: Qualitative and quantitative research Aldershot,
England: Avebury, 1992.
Cozby, Paul , Methods
in behavioral Research, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009
Creswell,
J.W, Research desain; Qualitative and
quantitative approaches. London: Sage Publication.1994
Darmadi, Hamid,
Metode penelitian pendidikan, Bandung: Alfabeta.2011
Emzir, Metodologi
penelitian pendidikan; Kuantitatif dan kualitatif, Jakarta: P.T.Rajawali
Pers, 2010
Gay,L.R, Educational
research; Competencies for analysis and application, Singapore: Merril an
Imprint of Macmillan Publishing Company, 1990
Ghony,
Djunaidi,M,& Almansur,Fauzan, Metodologi penelitian pendidikan pendekatan
kuantitatif, Malang: UIN Malang.2009
Glass, Gene V,
McGraw, Barry, & Smith, Mary Lee, Meta analysis in social research. London:
Sage Publications Inc.1981
Hinkle,
Dennis,E, Wiersma, William, & Jurs, Stphen, G, Applied statistics for
the behavioral sciences, Boston: Houghton Mifflin Company,1988
Kerlinger,
Fred,N, Foundation of behavioral research. New York: Holt, Rinehart and
Winston, 1973
Long, Thomas,J,
Convey, Jhon, J,& Chwalek, Adele R, Completing dissertation in the
behavioral sciencis and education, San Francisco:Jossey-Bass Publisher.1986
Mahmud, Metode
penelitian pendidikan, Bandung: CV’Pustaka Setia, 2009
Margono, S, Metode
penelitian pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2010
Moore, Gary,W, Developing
and evluating educational research, Boston:Little Brownand Company, 1983
Muhammad Ali, Memahami
riset prilaku dan sosial, Bandung: CV Pustaka Cendekia Utama, 2011
Mulyasa, Penelitian
tindakan sekolah: mMeningkatkan produktifitas sekolah. Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya, 2010
Nasution, S, Metode
research,: Penelitian ilmiah. Jakarta: bumi Aksara, 2008
Prasetyo,
Bambang, & Jannah, Lina Miftahul, Metode penelitian kuantitatif; Teori
dan aplikasi, yogyakarta: Rajawali Press, 2008
Ratna, Nyoman,
Kutha, Metodologi penelitian:Kajian budaya dan ilmu sosial humniora pada
umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Silalahi,
Ulber, Metode penelitian sosial, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009
Sudijono, Anas,
Pengantar statistik pendidikan, Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada,
2003
Banjarmasin, September2013
PenyusunSilabus,
Koordinator
Dr.Hj.NurilHuda,M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please Uktub Your Ro'yi Here...