Sabtu, 03 Oktober 2015

Silabus Metode Penelitian Pendidikan

SILABUS MATA KULIAH




A.    IDENTITAS MATA KULIAH

1.      Nama  Mata Kuliah           :  Metodologi Penelitian Pendidikan
2.      Kode  Mata Kuliah           :  PAI  9102
3.      Jumlah SKS                      :  3 SKS
4.      Jenjang  Studi                   :  S3
5.      Program Studi                   :  Pendidikan Agama Islam (PAI)

B.     STANDAR  KOMPETENSI MATA KULIAH
1.      Mahasiswa  mampu memahami dan mengembangkan paradigma dan teori serta metode penelitian pendidikan
2.      Mahasiswa mampu mengaplikasikan secara komprehensif  berbagai pendekatan/metode dalam penelitian
3.      Mahasiswa mampu memilih model penelitian pendidikan agama yang sesuai dengan  permasalahan.

C.    DESKRIPSI  MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan wawasan secara teoritis  dan praktis dalam melakukan penelitian Pendidikan Agama Islam melalui berbagai model dan metode. Materi mencakup:  identifikasi isu-isu penelitian PAI, filosofi dan paradigma penelitian, mixing methods, teori dan kajian pustaka, serta model-model penelitian

D.    TUJUAN MATA KULIAH
1.   Memberikan pengetahuan yang komprehensif tentang metodologi penelitian
2. Memberikan pemahaman tentang teori, kajian pustaka dan berbagai model penelitian
3.     Memberikan kemudahan dalam aplikasi model penelitian.

E.     SEBARAN TOPIK MATA KULIAH
No.
Topik
Ruang Lingkup
1.
Pengantar  mata kuliah dan sisten perkuliahan.
identifikasi isu-isu penelitian PAI
1.Kontrak studi
2.Penyampaian silabi
3.Pembagian tugas
4.Isu-isu penelitian PAI
2.
Penelitian dan paradigmanya
1.Filisofi dan paradigma penelitian
2.Macam-macam paradidgma penelitian
3.Arah penelitian S3
3.
Mixing methods
1.Dasar mixing methods
2.Kelebihan dan kekurangan mixing methods
3.Menggabung berbagai model penelitian

4.
Posisi dan fungsi teori serta kajian  pustaka dalam penelitian
1.Macam-macam teori ( Grand theory dam midle theory
2.Posisi dan fungsi teori dalam penelitian
3.Posisi dan fungsi kajian pustaka dalam penelitian
5.
Metode penelitian deskriptif
 .Penelitian   Deskriptif
-          Hakekat, tujuan, Jenis-jenis, prosedur, dll
6.
Metode  penelitian kualitatif
Penelitian kualitatif
-          Hakekat/pengertian, tujuan, prosedur, dll
7
Metode penelitian kuantitatif
Penelitian kuantitatif
-          Hakekat
-          Tujuan
-          Prosedur,
-          Desain dll
8.
Penelitian Ekperimen
Penelitian Eksperimen
-          Hakekat
-          Masalah riset
-          Hipotesis
-          Desain-desain eksperimen, dll
9.
Penelitian Kuasi Eksperimen
Penelitian Kuasi Eksperimen
-          Hakekat,tujuan
-          Masalah riset
-          Hipotesis
Desain-desain  kuasi eksperimen, dll

10.
Penelitian Sejarah
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian , prosedur, dll
11.
Penelitian Evaluasi
Pengertian/ hakekat, model evaluasi,jenis-jenis riset evaluasi prosedur, dll
12
Penelitian Tindakan
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian, prosedur, dll
13.
Penelitian Kebijakan
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian,  prosedur, dll
14.
Penelitian Pengembangan (R&D)
Pengertian/ hakekat, masalah penelitian, prosedur, dll
15
Analisis Data Kuantitatif
Pengertian, dan model-model analisis manual dan komputer
16.
Analisis Data Kualitatif
Pengertian, tujuan dan model –model analisis kualitatif




F.     METODE PERKULIAHAN DAN PENUGASAN
Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan berbagai metode dan strategi dalam bentuk penyampaian materi oleh dosen pengampu mata kuliah sebanyak 4 kali pertemuan. Kemudian 11- 12 kali dalam bentuk seminar kelas yang dipresentasikan oleh mahasiswa secara perorangan/kelompok, dilengkapi  dengan makalah seminar dan power point untuk ditayangkan. Setiap pelaksanaan seminar kelas diberikan pengarahan dan bimbingan dari dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian.

G.    MEDIA PEMBELAJARAN
Perkuliahan menggunakan berbagai media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan tema-tema pembahasan. Media tersebut antara lain: White board, spidol, Laptop, LCD, pengeras suara, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

H.    SISTEM EVALUASI
Aspek-aspek yang dievaluasi sebagai keberhasilan dalam mengikuti perkuliahan ini sebagai berikut:
1.      Kehadiran dan partisipasi aktif selama perkuliahan berlangsung dalam bentuk saran/pendapat yg konstruktif lisan  atau tulisan  (30%)
2.      Kualitas penyajian bahan presentasi dan penyajiannya dalam seminar (50%)
3.      Penyerahan tugas secara tepat waktu (20%).
4.      Skor penilaian mengikuti aturan yang dibuat PPs IAIN Antasari

I.       REFERENSI
Balian, Edward S, How desaign, analysis, and write doctoral research: The practical guidebook. Boston: University Press of America. Inc.1982
Borg, Walter D.& Gall, Meredith D, Educational research: an introduction:.New York: Longman, 1983.
Branmen, Julia, (Ed). Mixing methods: Qualitative and quantitative research Aldershot, England: Avebury, 1992.
Cozby, Paul , Methods in behavioral Research, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009
Creswell, J.W,  Research desain; Qualitative and quantitative approaches. London: Sage Publication.1994
Darmadi, Hamid, Metode penelitian pendidikan, Bandung: Alfabeta.2011
Emzir, Metodologi penelitian pendidikan; Kuantitatif dan kualitatif, Jakarta: P.T.Rajawali Pers, 2010
Gay,L.R, Educational research; Competencies for analysis and application, Singapore: Merril an Imprint of Macmillan Publishing Company, 1990
Ghony, Djunaidi,M,& Almansur,Fauzan, Metodologi penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Malang: UIN Malang.2009
Glass, Gene V, McGraw, Barry, & Smith, Mary Lee, Meta analysis in social research. London: Sage Publications Inc.1981
Hinkle, Dennis,E, Wiersma, William, & Jurs, Stphen, G, Applied statistics for the behavioral sciences, Boston: Houghton Mifflin Company,1988
Kerlinger, Fred,N, Foundation of behavioral research. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1973
Long, Thomas,J, Convey, Jhon, J,& Chwalek, Adele R, Completing dissertation in the behavioral sciencis and education, San Francisco:Jossey-Bass Publisher.1986
Mahmud, Metode penelitian pendidikan, Bandung: CV’Pustaka Setia, 2009
Margono, S, Metode penelitian pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2010
Moore, Gary,W, Developing and evluating educational research, Boston:Little Brownand Company, 1983
Muhammad Ali, Memahami riset prilaku dan sosial, Bandung: CV Pustaka Cendekia Utama, 2011
Mulyasa, Penelitian tindakan sekolah: mMeningkatkan produktifitas sekolah. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2010
Nasution, S, Metode research,: Penelitian ilmiah. Jakarta: bumi Aksara, 2008
Prasetyo, Bambang, & Jannah, Lina Miftahul, Metode penelitian kuantitatif; Teori dan aplikasi, yogyakarta: Rajawali Press, 2008
Ratna, Nyoman, Kutha, Metodologi penelitian:Kajian budaya dan ilmu sosial humniora pada umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Silalahi, Ulber, Metode penelitian sosial, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009
Sudijono, Anas, Pengantar statistik pendidikan, Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada, 2003




                                                              Banjarmasin,  September2013
                                                                             PenyusunSilabus,
                                   Koordinator

                                                     Dr.Hj.NurilHuda,M.Pd
                                                                                                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...