Syarah dan Kritik dengan Metode Takhrij tentang Pungutan Zakat
(Hadis dari Abdullah bin ‘Amr)
الشرح و النقد علي طريقة التخريج في الحديث عن اخذ الزكاة
( حديث عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو)
A. TEKS HADITS
Syarah dan Kritik dengan metode takhrij (pembahasan) hadis tentang pungutan zakat bagi umat Islam Hadits dari Abdullah bin Amr, dimulai dengan ditemukannya Hadits dalam kitab Takhrij Maudu’i Bulugh al-Maram Karya Ibn Hajar al-Asqalani, sebagai berikut :[1]
وَعَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ اَلْمُسْلِمِينَ عَلَى مِيَاهِهِمْ ) رَوَاهُ أَحْمَد
Dari Amar Ibnu Syu`aib dari ayahnya, dari kakeknya Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Zakat kaum muslimin diambil di tempat-tempat sumber air mereka." Riwayat Ahmad.
Berdasarkan footnote di atas, maka Mashadir ashliyah nya adalah Musnad Ahmad.
Dilalah atau Tautsiq diawali dengan menggunakan Kitab Kamus Al-Jami’ al-Shagir susunan Al-Suyuti dengan menggunakan lafazh awal تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ diperoleh petunjuk sebagai berikut : [2]
Berdasarkan petunjuk diatas, maka Mashadir Ashliyah nya adalah Musnad Ahmad dan Sunan ibnu Majah.
Dilalah dan Tautsiq selanjutnya memakai kitab kamus Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadis al-Nabawi karya A.J. Wensinck dengan menggunakan lafaz صَدَقَاتُ maka diperoleh petunjuk sebagai berikut[3] :
Berdasarkan petunjuk di atas maka mashadir ashliyahnya adalah Sunan Ibnu Majah dan Musnad Ahmad.
Dilalah dan Tautsiq yang bersifat cek ricek menggunakan CD Syamilah dengan proses :
1. klik tab search (بحث) , kemudian muncul jendela شاشة البحث
2. selanjutnya pilih بحث في النصوص dan memasukan kalimat تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ pada kolom ابحث عن حميع هذه العبارة
3. selanjutnya pilih kitab al-Mutun dan kitab al-Takhrij dan centang/klik pilihan المجموعة كلها
4. langkah selanjutnya adalah klik tab تنفيذ البحث .
Dari proses tersebut maka diperoleh hasil pencarian bahwa Hadits tersebut terdapat dalam mashadir ashliyah sebagai berikut : Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Sunan Al-Kubra dan Al-Munataqa Ibnu Jarud.
Rekapitulasi mashadirasliyah tertera pada daftar berikut :
NO | DILALAH | MASHADIR ASHLIYAH |
1 | Bulugh al-Maram | Musnad Ahmad |
2 | Al-Jami’ al-Shagir | Musnad Ahmad dan Sunan Ibnu Majah |
3 | Al-Mu’jam al-Mufahras | Musnad Ahmad dan Sunan Ibnu Majah |
4 | CD Maktabah Syamilah | Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Sunan Al-Kubra dan Al-Al-Munataqa Al-Akhbar Ibnu Jarud. |
Jadi Mashadir Ashliyah secara keseluruhan adalah :
1. Musnad Ahmad (164 H-241 H)
2. Sunan Ibnu Majah Nasa’i (215-303 H)
3. Shahih Ibn Khuzaimah (223-313 H)
4. Sunan Al-Kubra (W. 316 H)
5. Al-Muntaqa Ibnu Jarud (W. 307 H)
Adapun hadis yang termaktub dalam mashadir ashliyah tersebut adalah sebagai berikut :
1. Sunan Ibnu Majah : Juz : 382
حَدَّثَنَا أَبُو بَدْرٍ عَبَّادُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ الْمُسْلِمِينَ عَلَى مِيَاهِهِمْ
2. Musnad Ahmad 13:480
حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَا أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍوأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ الْمُسْلِمِينَ عَلَى مِيَاهِهِمْ
3. Sunan Al-Kubra Al-Baihaqi 4:110
(واخبرنا) أبو بكر بن فورك انبأ عبد الله بن جعفر ثنا يونس بن حبيب ثنا أبو داود حدثنا ابن المبارك عن اسامة بن زيد عن عمرو بن شعيب عن ابيه عن عبد الله بن عمرو ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال تؤخذ صدقات المسلمين عند مياههم أو عند افنيتهم
4. Al-Muntaqa Al-Ahkam Abdul Hamid bin Jarud 1/399
حدثنا أبو حاتم الرازي محمد بن إدريس ، قال : ثنا عبد الله بن صالح بن مسلم العجلي ، قال : ثنا عبد الملك بن محمد بن أبي بكر ، عن عمه عبد الله بن أبي بكر ، عن عروة ، عن عائشة ، رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « تؤخذ صدقات أهل البادية على مياههم وأفنيتهم »
B. UNSUR HADITS, DAFTAR RAWI SANAD, DIAGRAM/SILSILAH SANAD
1. Unsur Hadits
a. Rawi Sanad
NO | MA | R1 | R2 | R3 | R4 | R5 | R6 | R7 | R8 | R9 |
1 | Sunan Ibnu Majah | Ibnu Umar | Ayahnya | Usamah bin Zaid | Ibnu Al-Mubarak | Muhammad bin Al-Fadhl | Abu Badr bin ‘Abad bin Walid | Ibnu Majah | | |
2 | Musnad Ahmad | Amr | Usamah bin Zaid | Abdullah bin Al-Mubarak | Abdushamad | Ahmad | | | | |
3 | Sunan Al-Kubra Al-Baihaqi | Abdullah bin ‘Amr | Ayahnya | Amr bin Syua’ib | Usamah bin Zaid | Ibnu Al-Mubarak | Abu Dawud | Yunus bin Habib | Abdullah bin Ja’far | Abu Bakar bin Furaq |
4 | Al-Muntaqa Al-Ahkam Abdul Hamid bin Jarud | Aisyah | Urwah | Abdullah bin Abu Bakar | Abdul Malik bin Muhammad Abu Bakar | Abdullah bin Sholeh bin Muslim Al-Ajjali | Abu Hatim Ar-Razi Muhammad bin Idris | Abdul hamid bin Jarud | | |
b. Matan
NO | MATAN | MASHADIR ASHLIYAH |
1 | تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ الْمُسْلِمِينَ عَلَى مِيَاهِهِمْ | Sunan Ibnu Majah |
2 | تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ الْمُسْلِمِينَ عَلَى مِيَاهِهِمْ | Musnad Ahmad |
3 | تؤخذ صدقات المسلمين عند مياههم أو عند افنيتهم | Sunan Al-Kubra Al-Baihaqi |
4 | تؤخذ صدقات أهل البادية على مياههم وأفنيتهم | Al-Muntaqa Al-Ahkam Abdul Hamid bin Jarud |
Berdasarkan tabel di atas maka matan hadits tersebut bisa dikatakan lafdzi karena ada kesamaan dalam hampir semua mashadir ashliyah, kecuali dalam Sunan Al-Kubra Baihaqi menggunakan tambahan lafaz عند مياههم أو عند افنيتهم dan Al-Muntaqa Al-Ahkam menggunakan lafadz أهل البادية على مياههم وأفنيتهم. Namun perbedaan tersebut tidak signifikan dan merubah substansi atau maksud dari hadits tersebut.
2. Daftar Rawi Sanad
Untuk mengetahui kualitas rawi, lahir wafat dan tabaqahnya, dibuat daftar dengan menggunakan kitab Tahdzib al-Tahdzib karya al-Asqalani.[4]
NO | RAWI | LAHIR/WAFAT | JARH WA TA'DIL | TABAQAH | |||
LAHIR | WAFAT | JARH | TA'DIL | TAHDZIB | ST | ||
1. | Ibnu Umar | | 73 H | | Adil | | |
2. | Amr | | 118 H | | ثقة | | |
3. | Abdullah bin Amr | | | | Adil | | |
4. | Aisyah | | 57 H | | Adil | | |
5. | Zaid | | 136 H | | ثقة | | |
6. | Usamah bin Zaid | 78 H | 153 H | ضعيف الحديث | صدوق يهم كثيرا | | |
7. | Urwah | | 94 H | | ثقة فقيه مشهور | | |
8. | Syu’aib | | | | صدوق حسن الحديث | | |
9. | Abdullah bin Abu Bakar | 65 H | 135 H | | ثقة ثبت | | |
10. | Abdullah Ibnu Al-Mubarak | 118 H | 181 H | | ثقة ثبت فقيه عالم جواد مجاهد جمعت فيه خصال الخير | | |
11. | Abdushamad | | 206 H | | ثقة | | |
12. | Abdul Malik bin Muhammad Abu Bakr | | 177 H | | ثقة | | |
13. | Abdullah bin Shaleh bin Muslim Al-Ajjali | 151 H | 221 H | | ثقة | | |
14. | Abu Hatim Ar-Razi Muhammad binIdris | | 275 H | | أحد الحفاظ | | |
15. | Muhammad bin Al-Fadhl | | 224 H | | ثقة ثبت تغير في آخر عمره | | |
16. | Abu Badr Abbad bin Al-Walid | | 258 H | | صدوق حسن الحديث | | |
17. | Abu Dawud | 131 H | 203 H | | ثقة حافظ غلط في أحاديث | | |
18. | Yunus bin Habib | | 267 H | | ثقة | | |
19. | Abdullah bin Ja’far | 248 H | 346 H | | ثقة | | |
20. | Abub Bakar bin Furaq | | 406 H | | صدوق حسن الحديث | | |
[2] Jalaludin Abdurahman Ibn Abi Bakr Al-Suyuti, Al-Jami’ al-Shagir fi Ahadits al-Basyir al-Nadzir, Juz IV, (Beirut: Dar al-Fikr, t.th), hlm. 57
[3] AJ Wensinck, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawi, Juz III (Leiden: EJ Brill, 1962), hlm. 294
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please Uktub Your Ro'yi Here...