Rabu, 25 Maret 2020

Di Bawah Bayang-bayang Corona

Di bawah bayang-bayang Corona
Oleh: Abd Misno BP


Hingga hari ini, Rabu 25 Maret 2020 wabah virus corona masih terus berlanjut, tidak hanya di Indonesia namun telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Wabah ini benar-benar menyadarkan manusia bagaimana ternyata makluk kecil yang kasat mata ini memberikan banyak pelajaran dan hikmah bagi umat manusia. 
Salah satu hikmah Wabah Covid-19 adalah begitu dekatnya kematian itu, bahkan banyak masyarakat yang ketakutan dengan virus ini hingga tahap paranoid. Mereka sangat takut dengan virus ini seolah-olah sebagai penyebab utama kematian. 
Ya... tentu saja tidak salah memiliki rasa ketakutan terhadap virus ini, karena takut yang seperti ini adalah takut yang menjadi tabiat manusia. Sebagaimana ketakutan seseorang terhadap harimau atau binatang buas lainnya. Yang tidak boleh adalah ketakutan yang berlebihan sehingga menghilangkan adanya kekuatan dari Allah Ta’ala. 
Saat ini kita hidup berada di bawah bayang-bayang Corona, ancamannya begitu nyata sehingga seolah-olah kematian itu begitu dekat dengan kita. Inilah hikmah terbesarnya, bahwa dengan adanya virus ini maka seolah-olah kematian itu begitu dekat dan begitu cepat. Dekat karena semakin banyak masyarakat yang menjadi korban melalui virus ini, cepat karena hanya hitungan hari seseorang yang terkena bisa meninggal dunia. 
Maka corona menyadarkan kepada kita bahwa ternyata kematian itu memang dekat, bahkan lebih dekat dari urat leher kita. Ia akan datang kapan saja sesuai dengan takdirNya. Jika takut dengan kematian itu sesuatu yang wajar, karena mungkin perbekalan kita belum cukup. Tapi berlebihan dan mengingkati takdirNya juga merupakan kesalahan yang fatal. 
Kematian itu juga begitu cepat, bahkan hanya hitungan detik kita saksikan banyak sekali kematian yang datang dengan tiba-tiba. Harapan kita tentu saja ingin agar akhir hidup ini adalah husnul khatimah, akhir yang baik. 
Akhir dari tulisan ini adaah bahwa hadirnya corona menjadi pelajaran buat kita bahwa ternyata kematian itu sangat dekat dan cepat menghampiri kita jika itu memang sudah menjadi takdirNya. Corona hanyalah salah satu dari sebab dari kemtian tersebut, karena hakikatnya semua kematian itu sudah menjadi takdirNya. 
Tetap berusaha dan berikhtiar agar tidak terkena virus ini, melindungi orang lain dan masyarakat darinya dengan melakukan hal-hal yang dianjurkan oleh ahlinya. Serta selalu menguatkan keimanan kita kepada Allah Ta’ala. 
Semoga wabah ini segera berakhir, dan umat Islam kembli melakukan aktifitas sehari-harinya khususnya dapat beribadah dengan tenang di rumah Allah Ta’ala. Aamiin Ya Rabbal alaamiin.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Please Uktub Your Ro'yi Here...