Data-data tersebut saya analisis dengan menggunakan grand,
middle range dan application theory :
1.
Grand Theory
Pada tataran grand theory digunakan teori kredo. Teori
kredo atau syahadat yaitu teori yang mengharuskan pelaksanaan hukum Islam oleh
mereka yang telah mengucapkan dua kalimah syahadat sebagai konsekuensi logis
dari pengucapan kredonya.[1]
Teori ini sesungguhnya kelanjutan dari prinsip tauhid dalam filsafat hukum
Islam. Prinsip tauhid yang menghendaki setiap orang yang menyatakan dirinya
beriman kepada ke-Maha Esaan Allah ta’ala, maka ia harus tunduk kepada
apa yang diperintahkan Allah ta’ala dalam hal ini taat kepada perintah
Allah ta’ala dan sekaligus taat kepada Rasulullah SAW dan sunnahnya.
Teori Kredo ini sama dengan teori otoritas hukum yang
dijelaskan oleh H.A.R. Gibb.[2] Ia
menyatakan bahwa orang Islam yang telah menerima Islam sebagai agamanya berarti
ia telah menerima otoritas hukum Islam atas dirinya. Teori Gibb ini sama dengan
apa yang telah diungkapkan oleh imam madzhab seperti Imam Syafi’i dan Imam Abu
Hanifah ketika mereka menjelaskan teori mereka tentang Politik Hukum
Internasional Islam (Fiqh Siyasah Dauliyyah) dan Hukum Pidana Islam (Fiqh
Jinayah). Mereka mengenal teori teritorialitas dan non teritorialitas.
Teori teritorialitas dari Imam Abu Hanifah menyatakan bahwa seorang muslim
terikat untuk melaksanakan hukum Islam sepanjang ia berada di wilayah hukum di
mana hukum Islam diberlakukan. Sementara teori non teritorialitas dari Imam
Syafi’i menyatakan bahwa seorang muslim selamanya terikat untuk melaksanakan
hukum Islam di mana pun ia berada, baik di wilayah hukum di mana hukum Islam
diberlakukan, maupun di wilayah hukum di mana hukum Islam tidak diberlakukan.
Sebagaimana diketahui bahwa mayoritas umat Islam di Indonesia
adalah penganut madzhab Syafi’i sehingga berlakunya teori syahadat ini tidak
dapat disangsikan lagi. Teori Kredo atau Syahadat ini berlaku di Indonesia
sejak kedatangannya hingga kemudian lahir Teori Receptio in Complexu di
zaman Belanda.
Intisari dari teori ini adalah bahwa setiap muslim memiliki
kewajiban untuk melaksanakan seluruh hukum Islam sebagai bentuk konsekuensi
syahadatnya. Namun dalam prakteknya ternyata banyak umat Islam yang tidak bisa
melaksanakan hukum-hukum yang ditetapkan oleh Islam. Oleh karena itu teori ini
tidak mengaitkannya dengan tradisi dan budaya yang ada di masyarakat sehingga
diperlukan teori lainnya untuk menjelaskan deskripsi dari penelitian ini.
Namun, teori kredo ternyata belum mampu untuk menjelaskan
mengenai penyerapan hukum Islam oleh masyarakat adat. Karena dalam faktanya
walaupun mereka telah memeluk agama Islam namun dalam kehidupan sehari-hari
tidak semua hukum Islam mereka laksanakan. Oleh karena itu diperlukan teori
lain untuk bisa menjelaskan obyek penelitian ini yang akan dituangkan dalam middle
theory.
2.
Middle Theory
Penyerapan hukum Islam oleh masyarakat adat adalah sebuah
fenomena yang terjadi di Indonesia. Maka untuk mendeskripsikan fenomena ini
peneliti menggunakan teori resepsi (receptie) sebagai Middle theory. Teori
ini digunakan untuk menjelaskan lebih lanjut masalah penyerapan hukum Islam
oleh masyarakat di Indonesia maka. Teori resepsi adalah teori mengenai
penyerapan hukum Islam oleh masyarakat Indonesia karena beberapa alasan,
sebagian karena kesadaran akan konsekuensi syahadatnya, sebagian karena
peraturan dari pemerintah menghendaki demikian dan karena kondisi lingkungan
mengharuskan hal tersebut.
Penyerapan hukum Islam oleh masyarakat di Indonesia telah
menarik perhatian beberapa cendekiawan
dari Belanda untuk melakukan studi dengan tema ini. Maka munculah beberapa
teori mengenai hal ini yaitu teori receptio in complexu dan theory
receptie. Kedua teori ini setelah masa kemerdekaan dikritik oleh para ahli
hukum dalam negeri dengan theory receptie exit dan theory receptio a
contrario. Berikut adalah pembahasannya:
Teori pertama tentang penyerapan hukum adalah teori receptio
in complexu yang dirumuskan oleh Lodewijk Willem Cristian Van Den Berg
(1845-1927).[3]
Sebelumnya teori ini juga disebutkan oleh H.A.R. Gibb, Menurut teori ini bagi
orang Islam yang berlaku penuh adalah hukum Islam sebab dia telah memeluk Islam
walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat penyimpangan-penyimpangan. Secara
fakta teori Berg lebih rinci dibandingkan teori yang dikemukakan H.A.R. Gibb,
sebab prakteknya hingga sekarang umat Islam di Indonesia masih banyak yang
belum taat dalam menjalankan ajaran Islam. Ketaatan mereka masih terbatas pada
shalat lima waktu, zakat, puasa dan haji, sedangkan ajaran Islam lainnya masih
kurang diperhatikan misalnya ajaran Islam tentang ekonomi dan perbankan Islam.[4]
Teori penerimaan hukum ini kemudian dikenal dengan istilah receptio
in complexu yaitu penerimaan hukum Islam secara keseluruhan oleh masyarakat
yang beragama Islam. Karakteristik dari teori ini adalah:
1.
Hukum Islam dapat berlaku di Indonesia bagi pemeluk
Islam
2.
Umat Islam harus taat pada ajaran Islam
3.
Hukum Islam berlaku universal pada berbagai bidang
ekonomi, hukum pidana dan hukum perdata.[5]
Teori ini menjadi acuan dalam kebijakan-kebijakan pemerintah
penjajah waktu itu dengan dikeluarkannya peraturan dalam Regeering Reglement
(RR) th.1855, Statsblad 1855 Nomor 2. RR merupakan Undang-Undang Dasar Hindia
Belanda. Bahkan dalam ayat 2 pasal 75 RR itu ditegaskan: ”Dalam hal terjadi
perkara perdata antara sesama orang Indonesia itu atau dengan mereka yang
dipersamakan dengan mereka maka mereka tunduk kepada hakim agama atau kepala
masyarakat mereka menurut undang-undang agama (godsdienstige wetten)
atau ketentuan-ketentuan lama mereka”.
Teori ini kemudian digantikan oleh teori receptie yang
menyatakan bahwa hukum Islam di Indonesia baru berlaku apabila hukum adat
menghendaki hal tersebut. Teori ini merupakan hasil dari penelitian Christian
Snouck Hurgronye (1857-1936) yang dilakukan di Aceh dan Gayo. Ia menyimpulkan
bahwa hukum Islam di Indonesia baru berlaku ketika telah diterima (receptie)
oleh hukum adat. Teori ini tidak lepas dari kepentingan bangsa penjajah waktu
itu yang ingin melemahkan perjuangan umat Islam di Indonesia. Teori ini kemudian
dikuatkan oleh kebijakan pemerintah kolonial dengan dikeluarkannya Wet op De
Staatsregeling (IS) atau IS (Indische Staatsregeling) tahun 1929
Pasal 134 ayat (2) yang berbunyi: ”Dalam hal terjadi masalah perdata antar
sesama orang Islam, akan diselesaikan oleh Hakim agama Islam apabila hukum adat
mereka menghendakinya”.[6]
Teori ini mendapat pertentangan yang sengit dari kalangan
umat Islam dan juga tokoh-tokoh hukum Belanda, Hazairin menyebut teori ini
sebagai teori Iblis karena telah mematikan pelaksanaan hukum Islam di
Indonesia. Sementara Mr. Scholten van Oud Haarlem menulis sebuah nota kepada
Pemerintah Hindia Belanda untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap Bumiputera
sebagai pencegahan terhadap perlawanan yang akan terjadi, maka diberlakukan pasal
75 RR (Regeering Reglement) suatu peraturan yang menjadi dasar bagi
pemerintah Belanda untuk menjalankan kekuasaannya di Indonesia, S. 1855: 2
memberikan instruksi kepada pengadilan agar tetap mempergunakan undang-undang
agama, lembaga-lembaga dan kebiasaan-kebiasaan itu sejauh tidak bertentangan
dengan kepatutan dan keadilan yang diakui umum.
Teori yang dirumuskan Hazairin dikenal dengan teori receptie
exit yang berarti bahwa setelah Indonesia merdeka dan setelah UUD 1945
dijadikan UUD negara, maka walaupun aturan peralihan menyatakan bahwa hukum
yang lama masih berlaku selama jiwanya tidak bertentangan dengan UUD 1945,
seluruh peraturan perundang-undangan pemerintah Hindia Belanda yang berdasarkan
ajaran receptie tidak berlaku lagi karena jiwanya bertentangan dengan
UUD 1945. Setelah Proklamasi, kemudian Undang-undang Dasar 1945 dinyatakan
berlaku yang di dalamnya ada semangat merdeka di bidang hukum. Dengan peraturan
peralihannya guna menghindari kevakuman hukum masih diberlakukan
ketentuan-ketentuan hukum dan bangunan-bangunan hukum yang ada selama jiwanya
tidak bertentangan dengan UUD 1945. Beliau berpendapat bahwa banyak aturan
pemerintah Hindia Belanda yang bertentangan dengan UUD. Pertentangan tersebut
terdapat pada pembukaan Undang-Undang Dasar Alinea ke III dan Alinea ke IV
serta pada Pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945. Kesimpulan dari teori ini adalah:
1.
Teori receptie telah patah, tidak berlaku dan
exit dari tata negara Indonesia sejak Tahun 1945 dengan merdekanya bangsa
Indonesia dan memulai berlakunya UUD 1945 dan dasar negara Indonesia. Demikian
pula keadaan itu setelah adanya Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959 untuk
kembali pada UUD 1945.
2.
Sesuai dengan UUD 1945 pasal 29 ayat 1 maka negara
Republik Indonesia berkewajiban membentuk hukum nasional Indonesia bahannya
adalah hukum agama. Negara mempunyai kewajiban kenegaraan untuk itu.
3.
Hukum agama yang masuk dan menjadi hukum Nasional
Indonesia itu bukan hukum Islam saja, melainkan juga hukum agama lain untuk
pemeluk agama lain. Hukum agama di bidang hukum perdata dan hukum pidana
diserap menjadi hukum nasional Indonesia. Istilah hukum baru Indonesia dengan
dasar Pancasila.[7]
Selanjutnya muncul Teori Receptio
A Contrario yang dikemukakan oleh Sajuti Thalib sebagi murid Hazairin,
teori ini menyebutkan bahwa bagi umat Islam berlaku hukum Islam, hukum adat
baru berlaku apabila tidak bertentangan dengan hukum Islam. Teori Receptio A
Contrario memiliki unsur-unsur berikut:
1.
Hukum Islam berlaku di Indonesia
2.
Bagi umat Islam Indonesia berlaku hukum Islam.
3.
Hukum adat bisa berlaku kalau tidak bertentangan
dengan hukum Islam.[8]
Semua teori tersebut memiliki banyak
kelebihan dan kekurangan, maka untuk melihat pola-pola penyerapan hukum Islam
yang dilakukan oleh masyarakat adat bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai
teori, namun karena ruang lingkupnya adalah fakta hukum maka teori yang untuk
digunakan adalah teori Receptie (penyerapan hukum).
3.
Application Theory
Application theory yang digunakan adalah teori perubahan hukum dan seperangkat
kaidah hukum Islam mengenai perubahan hukum. Teori perubahan hukum digunakan
untuk mengetahui unsur-unsur internal dan eksternal masyarakat yang menjadi
pengubah hukum. Perubahan hukum tidak bisa lepas dari perubahan sosial, karena
hukum sebagai sub system dari system sosial.[9]
Teori yang mengkaji mengenai perubahan sosial adalah Teori Fungsionalisme
Struktural dari Talcott Parson, teori ini dipengaruhi oleh adanya asumsi bahwa
ada kesamaan antara kehidupan organisme biologis dengan struktur sosial yaitu
adanya keteraturan dan keseimbangan dalam masyarakat.
Asumsi dasar teori ini adalah bahwa masyarakat terintegrasi
atas dasar kesepakatan dari para anggotanya akan nilai-nilai kemasyarakatan
tertentu yang mempunyai kemampuan mengatasi perbedaan-perbedaan sehingga
masyarakat tersebut dipandang sebagai suatu sistem yang secara fungsional
terintegrasi dalam suatu keseimbangan. Dengan demikian masyarakat merupakan
kumpulan sistem-sistem sosial yang satu sama lain berhubungan dan saling
ketergantungan.[10]
Teori Fungsionalisme Struktural memandang bahwa seluruh
tindakan manusia itu bersifat voluntaristik, artinya karena tindakan itu
didasarkan pada dorongan kemauan, dengan mengindahkan nilai, ide dan norma yang
disepakati. Tindakan individu manusia memiliki kebebasan untuk memilih sarana
(alat) dan tujuan yang akan dicapai itu dipengaruhi oleh lingkungan atau
kondisi-kondisi, dan apa yang dipilih tersebut dikendalikan oleh nilai dan
norma.
Prinsip-prinsip pemikiran Talcott Parsons, yaitu bahwa
tindakan individu manusia itu diarahkan pada tujuan. Di samping itu, tindakan
itu terjadi pada suatu kondisi yang unsurnya sudah pasti, sedang unsur-unsur
lainnya digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Selain itu, secara
normatif tindakan tersebut diatur berkenaan dengan penentuan alat dan tujuan.
Atau dengan kata lain dapat dinyatakan bahwa tindakan itu dipandang sebagai
kenyataan sosial yang terkecil dan mendasar, yang unsur-unsurnya berupa alat,
tujuan, situasi, dan norma.[11]
Dengan demikian, dalam tindakan tersebut dapat digambarkan
yaitu individu sebagai pelaku dengan alat yang ada akan mencapai tujuan dengan
berbagai macam cara, yang juga individu itu dipengaruhi oleh kondisi yang dapat
membantu dalam memilih tujuan yang akan dicapai, dengan bimbingan nilai dan ide
serta norma. Perlu diketahui bahwa selain hal-hal tersebut di atas, tindakan
individu manusia itu juga ditentukan oleh orientasi subjektifnya, yaitu berupa
orientasi motivasional dan orientasi nilai. Tindakan individu tersebut dalam
realisasinya dapat berbagai macam karena adanya unsur-unsur sebagaimana
dikemukakan di atas.
Sistem sosial terdiri dari sejumlah aktor-aktor individual
yang saling berinteraksi dalam situasi yang sekurang-kurangnya mempunyai aspek
lingkungan atau fisik, aktor-aktor yang mempunyai motivasi dalam arti mempunyai
kecenderungan untuk mengoptimalkan kepuasan yang hubungannya dengan situasi
mereka didefinisikan dan dimediasi dalam term sistem simbol bersama yang
terstruktur secara kultural.[12]
Merujuk pada pendapat Talccott parson maka aksi/action itu
bukan perilaku/behavour. Aksi merupakan tindakan mekanis terhadap suatu
stimulus sedangkan perilaku adalah suatu proses mental yang aktif dan kreatif.
Talcott Parsons beranggapan bahwa yang utama bukanlah tindakan individu
melainkan norma-norma dan nilai-nilai sosial yang menuntut dan mengatur
perilaku itu. Kondisi objektif disatukan dengan komitmen kolektif terhadap
suatu nilai akan mengembangkan suatu bentuk tindakan sosial tertentu. Talcott
Parsons juga beranggapan bahwa tindakan individu dan kelompok itu dipengaruhi
oleh system sosial, system budaya dan system kepribadian dari masing-masing
individu tersebut. Talcott Parsons juga melakukan klasifikasi tentang tipe
peranan dalam suatu system sosial yang disebutnya Pattern Variables,
yang di dalamnya berisi tentang interaksi yang avektif, berorientasi pada diri
sendiri dan orientasi kelompok.
Selanjutnya Parson menyebutkan bahwa Teori Sistem adalah
suatu kerangka yang terdiri dari beberapa elemen/sub elemen/sub system yang
saling berinteraksi dan berpengaruh. Konsep system digunakan untuk menganalisis
perilaku dan gejala sosial dengan berbagai system yang lebih luas maupun dengan
sub system yang tercakup di dalamnya. Contohnya adalah interaksi antar keluarga
disebut sebagai system, anak merupakan sub system dan masyarakat merupakan
supra system, selain kaitannya secara vertikal juga dapat dilihat hubungannya
secara horizontal suatu system dengan berbagai system yang sederajat.
Dalam pandangan Talcott Parsons, masyarakat dan suatu
organisme hidup merupakan system yang terbuka yang berinteraksi dan saling
mempengaruhi dengan lingkungannya. System kehidupan ini dapat dianalisis melaui
dua dimensi yaitu : interaksi antar bagian-bagian/elemen-elemen yang membentuk
system dan interaksi/pertukaran antar system itu dengan lingkungannya. Talcott
Parsons membangun suatu teori system umum/Grand Theory yang berisi empat unsur
utama yang tercakup dalam segala system kehidupan, yaitu : Adaptation, Goal
Attainment, Integration dan Latent Pattern Maintenance.
Setiap individu memiliki perilaku dalam bentuk gerakan fisik
yang dilakukan karena adanya suatu kebutuhan. Perilaku ini tidak ada kaitannya
dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Misalnya perilaku seseorang untuk
berpakaian apa adanya ketika berada di kamar atau di rumahnya. Kemudian
perilaku ini akan berubah ketika ia dihadapkan pada orang lain yang akan
menemuinya. Ia memakai pakaian yang “layak” dan rapi untuk menemui orang lain
tersebut. perilaku individu yang dipengaruhi oleh lingkungan disebut dengan
tindakan (action). Pada dasarnya tindakan seseorang akan menyesuaikan
diri dengan lingkungannya, sebagai contoh seseorang yang bertempat tinggal di
pantai akan berperilaku dengan cara bicara yang keras karena ia harus
menyesuaikan diri (adaptation) dengan lingkungan di sekitarnya. Tindakan
seseorang dengan berbicara keras karena tinggal di sekitar pantai bertujuan
agar pihak yang diajak bicara bisa mendengarkan pembicaraannya tersebut. Tujuan
ini dalam teori Parson disebut goal attainment.
Tindakan dari individu yang berada pada suatu wilayah
tidaklah sama, oleh karena itu perilaku gerak fisik dan adatasi lingkungan akan
memunculkan adanya system norma. System ini berfungsi sebagai patokan bagi
setiap individu di suatu masyarakat agar menyelaraskan perilaku dan tindakannya
sesuai dengan norma yang telah ditentukan tersebut. System sosial ini dilakukan
secara terus-menerus (lattency) sehingga menjadi sebuah system budaya (cultural
system). Selanjutnya system budaya akan mengontrol system sosial,
sebagaimana system sosial mengontrol tindakan individu.
Hukum sebagai salah satu sub system sosial memiliki fungsi
untuk mengontrol perilaku dan tindakan setiap individu dalam suatu komunitas.
Oleh karena itu perubahan hukum akan dipengaruhi oleh system budaya dan
perilaku individu. Sedangkan perubahan system budaya akan dipengaruhi oleh
perilaku dan tindakan individu. System norma hukum merupakan bagian dari system
sosial dengan fungsi integrasi antar orang (individu). Pada saat yang sama ia
merupakan fungsi dari kebudayaan. Dengan demikian hukum merupakan hubungan
timbal balik antara system sosial dan system budaya serta individu pada suatu
komunitas.
Perubahan sosial dalam suatu masyarakat di dunia ini
merupakan suatu hal yang normal, yang tidak normal justru jika tidak ada
perubahan. Demikian juga dengan hukum, hukum yang dipergunakan dalam suatu
bangsa merupakan pencerminan dari kehidupan sosial suatu masyarakat yang
bersangkutan. Dengan memperhatikan karakter suatu hukum yang berlaku dalam
suatu masyarakat (bangsa) akan terlihat pula karakter kehidupan sosial dalam
masyarakat itu. Hukum sebagai tatanan kehidupan yang mengatur lalu lintas
pergaulan masyarakat, dengan segala peran dan fungsinya akan ikut berubah
mengikuti perubahan sosial yang melingkupinya.
Cepat atau lambatnya perubahan hukum dalam suatu masyarakat,
sangat tergantung dalam dinamika kehidupan masyarakat itu sendiri. Apabila
masyarakat dalam kehidupan sosialnya berubah dengan cepat, maka perubahan hukum
akan berubah dengan cepat pula, tetapi apabila perubahan itu terjadi sangat
lambat, maka hukum pun akan berubah secara lambat seiring dan mengikuti
perubahan sosial dalam masyarakat itu.[13]
Berdasarkan hal-hal yang telah diuraikan di atas, maka dapat
diketahui bahwa perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat akan membawa konsekuensi
pada perubahan hukum dalam berbagai aspek kehidupan karena berbagai aspek
tersebut saling kait mengkait satu dengan yang lain. Oleh karena kehidupan
masyarakat terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman, maka berubah pula
budaya masyarakat di suatu tempat yang pada akhirnya diikuti pula dengan
perubahan hukum.
Apabila dikaitkan dengan masalah penelitian yaitu penyerapan
hukum maka perubahan hukum suatu komunitas tidak hanya disebabkan oleh
perubahan struktur sosial (social structure) tetapi juga perubahan
system budaya (cultural system). Perubahan hukum dalam penelitian ini
adalah penyerapan mereka terhadap system hukum lain dikarenakan adanya faktor
internal dan eksternal pada masyarakat tersebut.
Application theory menggunakan pula seperangkat kaidah-kaidah hukum Islam yang
berkenaan dengan perubahan hukum. Kaidah-kaidah fiqhiyah yang berhubungan
dengan ‘urf, diantaranya: اَلْعَادَةُ مُحَكَّمَةٌ (Adat kebiasaan itu dapat ditetapkan
sebagai hukum), اِسْتِعْمَالُ النَّاسِ حُجَّةٌ يَجِبُ
الْعَمَلُ بِهَا (Perbuatan
manusia yang telah tetap dikerjakannya wajib beramal dengannya), dan لاَيُنْكِرُتَغَيُّرُ الْأَحْكَامِ بِتَغَيُّرِ الْأَزْمَانِ (Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan
hukum (berhubungan) dengan perubahan masa). Kaidah-kaidah tersebut memberikan
pedoman bahwa hukum Islam memiliki sifat elastis sehingga akan bisa selaras
dengan perkembangan zaman.
Perubahan hukum berupa penyerapan hukum Islam yang terjadi
pada masyarakat Kampung Marunda Pulo, Kampung Naga dan Baduy terjadi karena beberapa
faktor, di antara faktor yang paling dominan adalah berubahnya perilaku
individu dikarenakan interaksi mereka dengan masyarakat lain yang memiliki
system hukum yang berbeda.
Alur berfikir dalam penelitian ini dapat dilihat pada tabel
berikut:
Penelitian mengenai penyerapan hukum Islam saya teliti sejak
September 2012 hingga Mei 2014. Panjangnya masa penelitian agar data-data yang
diperoleh bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Selain itu untuk melihat
pola-pola perubahan selama siklus satu tahun sebagai siklus berulang dalam
kehidupan suatu komunitas.
[1] Juhaya S Praja, Filsafat
Hukum Islam (Tasikmalaya: Lathifah Press dan Fakultas Syariah IAILM, 2009)
hlm. 133.
[2] H.A.R. Gibb, The Modern
Trends in Islam, (Chicago: The University of Chicago Press, 1950), hlm.
[3] Sajuti Thalib, Receptio A
Contratrio, Hubungan Hukum Adat dan Hukum Islam. (Jakarta: Bina Aksara, 1985), c et. Kelima, hlm. 5
[4] Sajuti Thalib, Receptio A
Contratrio, Hubungan Hukum Adat dan Hukum Islam. (Jakarta: Bina
Aksara,1985), cet. Kelima, hlm. 5
[5] Juhaya S. Praja, Teori Hukum
dan Aplikasinya, hlm. 81.
[6] R. Soepomo, Bab-bab Tentang
Hukum Adat, (Jakarta: Pradnya Paramitha, 2000), cet. Ke-lima belas, hlm.10.
[7] Hazairin, Tujuh Serangkai
Tentang Hukum, (Jakarta: Bina Aksara, 1985), cet. Ketiga, hlm. 52.
[8] Lihat Juhaya S. Praja, Teori
Hukum dan Aplikasinya. (Bandung: Pustaka Setia, 2011), cet. I, hlm. 81
[9] Abdul Manan, Aspek-aspek
Pengubah Hukum, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2005), hlm. 24.
[10] Pip Jones, Pengantar
Teori-teori Sosial, (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010) hlm. 67.
[11] Talcott Parsons, Social
Systems and The Evolution of Action Theory (New York: The Free Press,
1975).
[12] Talcott Parsons, hlm. 5-6.
[13] Abdul Manan, Aspek-aspek
Pengubah Hukum, (Jakarta : Kecana Prenada Media, 2006), hlm. 78
isinya sangat bagus thank you very much
BalasHapusMicrosoft Office Setup is the office.com/setup complete bundle of Microsoft programs as it takes to the a variety of jobs, servers, and affiliations like PowerPoint, Excel, Word, Outlook, Publisher, OneNote, and Access.office setup is the best programming which is broadly utilized in globe .It is a dazzling association that causes you release your best contemplations, complete things, and stay related on the go.for more subtleties visit: today.Be more innovative and accomplish office.com/setup what is important with Outlook, OneDrive, Word, Excel, PowerPoint, OneNote, SharePoint, Microsoft Teams, Yammer, and that's only the tip. For more details go through the links:Microsoft Office Setup is the full office.com/setup suite of Microsoft utmost programming that joins a mix of livelihoods, affiliations, and server like Excel, PowerPoint, Word, OneNote, Publisher, and Access. Get to know more details visit the links:
BalasHapusMicrosoft office setup isn't office.com/setup open for Windows contraption, yet in like a way for Macs, and phones. The Microsoft Office 2016 suite looks as strong and major as its harbingers and a marvelous arrangement has changed. Having any doubts visit the links:Microsoft Office is an office office.com/setup suite that wires a degree of master report and database applications, servers and affiliations. This wide range joins perpetual indisputable and obvious tasks like Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Microsoft Access, OneNote, other than applications, for instance, Microsoft Publisher, Microsoft Project, Microsoft Visio, Skype for Business, and SharePoint Designer. Have a trial of it... and to setup it in your pc Do visit : Microsoft Office A Series Of office.com/setup Subscription-Based Services Which Includes Client Software As Well As Server Software. It Is Generally Offered As A Component Of The Microsoft Office Product Line Which Can Be Installed By Office setup. Any question regarding this visit our site:
Webroot AntiVirus keeps watch webroot.com/safe obscure projects until its cerebrum in the cloud goes to a judgment. The small nearby program clears out the assailant and turns around its activities. It's an exceptionally unordinary framework, however testing demonstrates that it carries out the responsibility, and does it well.Webroot SecureAnywhereMobile Free webroot.com/safe keeps you secure when perusing, shopping ,and depending on your Android gadget. This application utilizes the Device Administrator authorization.webroot is a simply used software,install webroot.com/safe extreme digital security at webroot safe or at, click here to download webroot safe.
BalasHapusWebroot cyber security is a webroot.com/safe ultimate internet security suite for complete protection against today's diverse range of threat on windows. key features are 100% secure secure shopping, 1 click virus scanning, malicious website filtering, unblock antivirus.if you want to install it then visit our site:Webroot AntiVirus is a decent, secure webroot.com/safe program that effectively perceives and shields you from Mac malware. It has safe program includes that solitary work in Safari, which additionally makes Webroot's less viable at recognizing a few Windows dangers.Stunning, lightweight, combined webroot.com/safe insurance for PC, Mac and Android, cloud-based Webroot Internet Security Complete with antivirus ensures particular data by impeding the most recent malware, phishing, and propelled ambushes. Visit to exhibit webroot antivirus in your pc.
Mcafee login To Activate your mcafee.com/activate 25 Digit Product Key Login Mcafee on your PC with ... You can without much of a stretch sign into your mcafee my account and activate the product visit here.Mcafee.com/activate- Find the easy way to download, install and activate McAfee Antivirus, type the 25-digit product key at mcafee.comactivate. Protect your PC from virus, spam, spyware, and malware. McAfee provides the latest antivirus software, spyware removal and internet security for your home or home office.Present mcafee thing with no issue. mcafee.com/activate We give best foundation advantage. visit today.Activate mcafee antivirus with mcafee.com/activate the highly professional tech team and get rid of antivirus from computer click the link for more details.
BalasHapusmcafee antivirus is broadly mcafee.com/activate utilized antivirus recognizes and kill PC infection, the infected mail ,the malware programs,and enables your framework to free of infection and other malware is a serious every day challenge.McAfee Activate! you can mcafee.com/activate start incitation with enter thing code/key at and visit for more nuances.It is unsurpassed best mcafee.com/activate defensive antivirus and against spyware .It is ongoing security innovation and it is more secure.
mcafee antivirus is broadly mcafee.com/activate utilized antivirus recognizes and kill PC infection, the infected mail ,the malware programs,and enables your framework to free of infection and other malware is a serious every day challenge.McAfee Activate! you can mcafee.com/activate start incitation with enter thing code/key at and visit for more nuances.It is unsurpassed best mcafee.com/activate defensive antivirus and against spyware .It is ongoing security innovation and it is more secure.
BalasHapusMcAfee thing in citation is mcafee.com/activate an antivirus program. this program secure your PC with tainting so you can display it. to see significantly more please visit our site .It is unequaled best defensive mcafee.com/activate antivirus and hostile to spyware .It is continuous insurance innovation and it is more secure , quicker and more total than any time in recent memory before.if need to introduce it at that point visit our site. McAfee is committed to your mcafee.com/activate security and provides an assortment of free McAfee tools to aid in your security protection. Simply select a tool and download it for free.
Amazon Prime on your Roku,Amazon Fire amazon.com/mytv TV, Chromecast, and similar streaming devices.Amazon Prime is a subscription-based amazon.com/mytv platform that gives access to the users of a large range of services such as unlimited video streaming,Amazon.com Store Card; Amazon Business amazon.com/mytv Card; Amazon Business Line of Credit; Shop with Points; Credit Card Marketplace;
BalasHapusAmazon Web Services Scalable Cloud amazon.com/mytv Computing Services: Audible Download Audio Books: DPReview Digital Photography: IMDb Movies, TV & Celebrities :amazon Payment Products. Amazon amazon.com/mytv Rewards Visa Signature Cards; Amazon.com Store Card; Amazon Business Card; Amazon Business Line of Credit; Shop with Points; Now enter the activation or amazon.com/mytv verification code that appears on your tv display. Amazon Prime Video is one of the most amazing and interesting platforms to watch.
Amazon Prime on your Roku,Amazon Fire amazon.com/mytv TV, Chromecast, and similar streaming devices.Amazon Prime is a subscription-based amazon.com/mytv platform that gives access to the users of a large range of services such as unlimited video streaming,Amazon.com Store Card; Amazon Business amazon.com/mytv Card; Amazon Business Line of Credit; Shop with Points; Credit Card Marketplace;
BalasHapusAmazon Web Services Scalable Cloud amazon.com/mytv Computing Services: Audible Download Audio Books: DPReview Digital Photography: IMDb Movies, TV & Celebrities :amazon Payment Products. Amazon Rewards amazon.com/mytv Visa Signature Cards; Amazon.com Store Card; Amazon Business Card; Amazon Business Line of Credit; Shop with Points; Now enter the activation or verification amazon.com/mytv code that appears on your tv display. Amazon Prime Video is one of the most amazing and interesting platforms to watch.
Norton keeps your PC's free norton.com/setup from various malicious activities and threats to make your PC's viruses free download norton.com/setup.Norton security software is used broadly norton.com/setup and it provides tha simplest ways to useand it is the most effective protection for yur pc's and computers. Install it in your PC's and stay free from viruses.Do visit for more details.Norton prevents your computer norton.com/setup from virus-infected emails and instant messages from spreading viruses and malwares. For installation of norton setup go through the link.
BalasHapusNorton Security Premium gives norton.com/setup all what Norton Security does, in addition to it backs up the individual records, photographs, recordings and different recollections on your PC.Norton Security gives you the norton.com/setup best of Norton for the numerous ways you interface. With a solitary basic arrangement, you get complete insurance that is made to verify your preferred gadgets—PCs, Macs®, cell phones and tablets—so you can be sheltered in any case and any place you associate.Norton Security exist With proactive norton.com/setup web insurance, cell phone following, propelled protection innovation and the sky is the limit from there, it's the one answer for assistance keep you, and your gadgets, safe.