Syarah dan
Kritik dengan Metode Takhrij
tentang Perintah
Mengubah Kemunkaran
(Hadis dari
Abu Sa’id al-Khudriy)
الشرح و النقد علي طريقة التخريج
في الحديث عن امر تغيير عن منكر
(
حديث أَبِي
سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ )
Teks Hadits
Dari
Abu Sa’id Al-Khudriy, Rasulullan saw bersabda:
مَنْ رَأَى
مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ ، فَإِنْ
لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ
وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Artinya:”Barang
siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu,
ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya.”(HR.
Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)
1.
Otentisitas
Hadits
a.
Tautsiq
Mashadir Ashliyah
Syarah
dan Kritik dengan metode takhrij (pembahasan) Hadits tentang Perintah Mengubah
Kemunkaran, dimulai dengan ditemukannya
Hadits dalam kitab Takhrij Maudu’iNail al-Authar karya al-Syaukani
syarah dari kitab takhrij maudu’i Muntaqal Akhbar karya Ibnu Taymiah,
sebagai berikut :[1]
Dari
Abu Sa’id Al-Khudriy, Rasulullan saw bersabda:
مَنْ رَأَى
مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ ، فَإِنْ
لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ
وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Artinya:”Barang
siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah
dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya.”(HR. Muslim,
Abu Dawud, Tirmidzi)
Berdasarkan
footnote diatas, maka Mashadir
ashliyahnya adalah Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, dan Sunan Tirmidzi.
Dilalah
atau Tautsiq diawali dengan menggunakan Kitabkamus Al-Jami’ al-ShagirsusunanAl-Suyuthi dengan menggunakan lafazh awal من diperoleh petunjuk
sebagai berikut :[2]
من رأى منكم منكرا
فليغيره بيده، فإن لم يستطع فبلسانه، فإن لم يستطع فبقلبه، وذلك أضعف الإيمان (حم
م 4) عن أبي سعيد (صح)
Berdasarkan
petunjuk diatas, maka Mashadir
Ashliyah nya adalahMusnad Ahmad bin Hanbal, Sunan Abu Dawud, Sunan Nasa-i, Sunan Ibnu
Majah, Sunan Tirmidzi.
Dilalah
dan Tautsiq selanjutnya memakai kitab kamusAl-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh
al-Haditsal-Nabawikarya A.J. Wensinck dengan menggunakan lafazhفليغيره maka diperoleh
petunjuk sebagai
berikut[3] :
Berdasarkan
petunjuk diatas maka mashadirashliyahnya
adalah Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan Nasa-i, Sunan Ibnu Majah, dan
Musnad Ahmad.
Dilalah
dan Tautsiq yang bersifat cek ricek menggunakan
CD Syamilah dengan proses :
1)
klik
tab search (بحث) , kemudian muncul jendela شاشة
البحث
2)
selanjutnya
pilih بحث
في النصوص dan memasukan kalimat أضعف الإيمانpada
kolom ابحث عن حميع هذه العبارة
3)
selanjutnya
pilih kitab al-Mutun dan kitab al-Takhrij dan centang/klik pilihan المجموعة
كلها
4)
langkah
selanjutnya adalah klik tab تنفيذ البحث .
Dari
proses tersebut maka diperoleh hasil pencarian bahwa Hadits tersebut terdapat
dalam mashadir ashliyah sebagai berikut :Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud , Sunan
Tirmidzi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu
Majah, Musnad Ahmad, Sunan Kubra Baihaqi, Mushanaf Abdul Razaq, Mustakhraj Abu
Awanah, Musnad Abu Ya’la, dan Shahih Ibnu Hibban.
Rekapitulasi mashadirasliyah tertera pada daftar berikut :
NO
|
DILALAH/TAUTSIQ
|
MASHADIR ASHLIYAH
|
1
|
Nail al-Authar
|
Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan
Tirmidzi
|
2
|
Al-Jami’ al-Shagir
|
Musnad Ahmad bin Hambal, Sunan Abu
Dawud, Sunan Nasa-i, Sunan Ibnu Majah, Sunan Tirmidzi
|
3
|
Al-Mu’jam al-Mufahras
|
Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan
Nasa’i, Sunan ibnu Majah, Musnad Ahmad bin Hambal
|
4
|
CD Syamilah
|
Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud , Sunan
Tirmidzi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu
Majah, Musnad Ahmad, Sunan Kubra Baihaqi, Mushanaf Abdul Razaq, Mustakhraj
Abu Awanah, Musnad Abu Ya’la, dan Shahih Ibnu Hibban.
|
|
|
|
Jadi Mashadir
Ashliyah secara keseluruhan adalah :
1)
Musnad
Ahmad (164 H – 241 H)
2)
Mushanaf
Abdul Razaq
3)
Shahih
Muslim(202 H- 261 H)
4)
Sunan
Ibnu Majah (209-273 H)
5)
Sunan
Abu Dawud(202 – 275 H)
6)
Sunan
Tirmidzi(209 – 279 H)
7)
Sunan
Nasa’i(215 – 303 H)
8)
Musnad
Abu Ya’la (210-307 H)
9)
Mustakhraj
Abu ‘Awanah (w. 316 H)
10) Shahih Ibn Hibban (w 354 H)
11) Sunan Baihaqi(384- 458 H)
Adapun Hadits
yang termaktub dalam mashadir ashliyah tersebut adalah sebagai berikut :
1)
Musnad
Ahmad bin Hanbal, juz 22, hlm.196, no.10651
حَدَّثَنَا
أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ
أَبِيهِ وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ كِلَاهُمَا عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
أَخْرَجَ
مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ بِهِ وَبَدَأَ
بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا قَالَ فَقَامَ
رَجُلٍ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ يَوْمَ
عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ بِهِ فِي يَوْمِ عِيدٍ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ
قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا قَالَ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ
الْخُدْرِيُّ مَنْ هَذَا قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ قَالَ فَقَالَ أَبُو
سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَإِنْ
اسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيَفْعَلْ وَقَالَ مَرَّةً
فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ بِيَدِهِ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ
لَمْ يَسْتَطِعْ بِلِسَانِهِ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, menceritakan kepada kami
Al-A’masy dari Ismail bin Raja, dari bapaknya , dan dari Qais bin Muslim dari
Thariq bin Syihab, keduanya dari Abi Said Al-Khudry berkata: Marwan
mengeluarkan mimbar pada hari raya padahal sebelumnya tidak pernah dikeluarkan,
lalu dia memulai dengan khutbah sebelum shalat, padahal sebelumnya belum pernah dimulai dengan
khutbah, maka seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “ Wahai Marwan, kamu
telah menyalahi sunnah, kamu keluarkan
mimbar pada hari raya padahal sebelumnya tidak pernah dikeluarkan, lalu kamu
memulainya dengan khutbah sebelum shalat padahal sebelumnya belum pernah
dicontohkan demikian ”, lau Abu Said Al-Khudry berkata: “Siapakah dia?Mereka
menjawab:” Fulan bin fulan.” Abu Sa’id
berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang
siapa di antaramu melihat kemunkaran dan mampu mengubah dengan tangannya, maka
lakukanlah. Sekali lagi beliau berkata: ubahlah dengan tangannya, jika dia
tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad
Ahmad bin Hambal, juz 22, hlm. 268, no. 10723
حَدَّثَنَا
يَزِيدُ أَخْبَرَنِي شُعْبَةُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ
قَالَ
خَطَبَ
مَرْوَانُ قَبْلَ الصَّلَاةِ فِي يَوْمِ الْعِيدِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ إِنَّمَا
كَانَتْ الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ تَرَى ذَلِكَ يَا أَبَا فُلَانٍ فَقَامَ
أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ فَقَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ
بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ
وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Yazid, mengabarkan kepada kami Syu’bah
dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin
Syihab berkata: “Marwan berkhutbah sebelum shalat pada hari raya. Seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “
Sesungguhnya shalat dulu sebelum khutbah.” (Marwan ) berkata” Kamu melihat
demikian wahai bapak fulan.” Abu Said
Al-Khudry berdiri lalu berkata: Hal ini telah ditetapkan, atas hal itu aku
mendengar Rasulullah Saw bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah
dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia
tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 23,
hlm.79, no.11034
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ قَيْسِ بْنِ
مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَال
أَوَّلُ مَنْ قَدَّمَ الْخُطْبَةَ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ فَقَامَ
رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ قَالَ تُرِكَ مَا هُنَاكَ يَا أَبَا
فُلَانٍ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا
فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ
فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abdurrahman, menceritakan kepada kami
Sufyan dari Qais bin Muslim dari Thariq bin Syihab berkata bahwa orang yang
pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat (pada hari raya)adalah Marwan. Seorang
laki-laki berdiri lalu berkata: “ Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah”,
Marwan menjawab:” Yang demikian itu telah ditinggalkan wahai fulan.” Abu Sa’id
berkata: “Hal ini sebagaimana aku pernah mendengar Rasulullah saw. Bersabda:”
Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak
mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad
Ahmad bin Hambal, juz 23, hlm. 113, no. 11068
- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ
عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
أَوَّلُ مَنْ أَخْرَجَ
الْمِنْبَرَ يَوْمَ الْعِيدِ مَرْوَانُ وَأَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ
الصَّلَاةِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ
الْمِنْبَرَ وَلَمْ يَكُ يُخْرَجُ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ قَالَ
أَبُو سَعِيدٍ مَنْ هَذَا قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ قَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ
قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَإِنْ اسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ
فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Muhamad bin Ubaid, menceritakan kepada kami Al-A’masy dari Ismail
bin Raja dari bapaknya berkata:Orang pertama yang mengeluarkan mimbar pada hari
raya adalah Marwan, dan dia juga orang yang pertama memulai dengan khutbah
sebelum shalat id. Seorang laki-laki beridiri lalu berkata: Wahai Marwan, kamu
telah menyalahi sunnah, kamu keluarkan mimbar, padahal sebelumnya tidak pernah,
dan kamu pun memulai dengan khutbah sebelum shalat. Abu Said berkata: Siapakah
ini. Mereka menjawab: Fulan bin fulan. Abu Said berkata: Hal ini telah
ditetapkan, dan atas persoalan ini aku mendengar Rasulullah saw bersabda:”Barang
siapa melihat kemunkaran, jika mampu, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak
mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Ahmad, juz 23, hlm.135, no. 11090
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَال
أَوَّلُ مَنْ
بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ يَوْمَ عِيدٍ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ بْنُ الْحَكَمِ فَقَامَ
إِلَيْهِ رَجُلٌ فَقَالَ الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ مَرْوَانُ تُرِكَ مَا
هُنَالِكَ أَبَا فُلَانٍ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى
مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ
فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Waki’, menceritakan kepada kami Sufyan, dari Qais bin Muslim, dari
Thariq bin Syihab berkata: Orang pertama yang memulai dengan khutbah pada hari
id sebelum shalat adalah Marwan bin Hakam. Seorang laki-laki menghampirinya
lalu berkata: Shalat dulu sebelum khutbah. Marwan berkata: Hal itu telah
ditinggalkan wahai bapak fulan. Maka Abu Said Al-Khudry berkata: Hal ini telah
ditetapkan, dan atas hal ini aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang
siapa di antara kamu melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia
tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Musnad Ahmad, juz 23, hlm. 487, no. 11442
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ
أَنَّ مَرْوَانَ خَطَبَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ الصَّلَاةُ
قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ لَهُ مَرْوَانُ تُرِكَ ذَاكَ يَا أَبَا فُلَانٍ فَقَالَ
أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ قَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُنْكِرْهُ بِيَدِهِ
فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَاكَ
أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Muhamad bin Ja’far, menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qais bin
Muslim, dari Thariq bin Syihab bahwa Marwan berkhutbah sebelum shalat. Lalu
seorang laki-laki berkata kepadanya: shalat dulu sebelum khutbah. Marwan
berkata: Hal itu telah ditinggalkan wahai bapak fulan. Abu Said berkata: Hal
ini telah ditetapkan, dan atas hal ini aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:”Barang
siapa di antara kamu melihat kemunkaran, maka ingkarilah dengan tangannya, jika
dia tidak mampu, maka dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, maka dengan
hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.
2)
Mushannaf
Abdul Razaq, juz 3, hlm.285, no. 5649
عبد
الرزاق عن الثوري عن قيس بن مسلم عن طارق ابن شهاب قال : أول من قدم الخطبة قبل
الصلاة يوم العيد مروان ، فقام (1) إليه رجل فقال : يا مروان ! خالفت السنة ، فقال
مروان : يا فلان
ترك
ما هنالك ، فقال أبو سعيد : أما هذا فقد قضى الذي عليه ، سمعت رسول الله صلى الله
عليه وسلم يقول : من رأى منكم منكرا
فاسطاع أن يغيره بيده فليفعل ، فإن لم يستطيع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ،
وذلك أضعف الايمان
Dari
Al-Tsaury, dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab berkata: Orang pertama
yang mendahulukan khutbah sebelum shalat pada hari raya adalah Marwan. Seorang laki-laki berdiri lalu berkata
kepadanya: Wahai Marwan kamu telah menyalahi sunnah. Marwan berkata: Wahai fulan, hal itu telah ditinggalkan. Abu
Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas hal ini aku mendengar
Rasulullah Saw bersabda:”Barang siapa di antara kalian melihat kemunkaran, lalu
mampu mengubah dengan tangannya, maka
lakukanlah, jika dia tidak mampu,
ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang
demikian itu selemah-lemahnya iman.”
3)
Shahih
Muslim, juz 1, hlm. 167, no. 70
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ ح و
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ كِلَاهُمَا عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ
شِهَابٍ وَهَذَا حَدِيثُ أَبِي بَكْرٍ قَالَ
أَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ
يَوْمَ الْعِيدِ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ فَقَالَ
الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ قَدْ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ فَقَالَ أَبُو
سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا
فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ
يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah, menceritakan
kepada kami Waki’ dari Sufyan. Dan menceritakan kepada kami Muhamad bin
Mutsanna, menceritakan kepada kami Muhamad bin Ja’far, menceritakan kepada kami
Syu’bah, keduanya dari Qais bin Muslim,
dari Thariq bin Syihab dan ini hadits dari Abu Bakar berkata : orang yang
pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat pada hari raya adalah Marwan. Seorang
laki-laki berdiri lalu berkata: “ Shalat sebelum khutbah”, Marwan menjawab:”
Yang demikian itu telah ditinggalkan.”
Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang
siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu,
ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang
demikian itu selemah-lemahnya iman.”
حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ
حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي
سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ فِي قِصَّةِ مَرْوَانَ وَحَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيثِ شُعْبَةَ
وَسُفْيَانَ
Menceritakan
kepada kami Abu Kuraib Muhamad bin Al-‘Ala, menceritakan kepada kami Abu
Muawiyah, menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari
bapaknya, dari Abu Said Al-Khudry. Dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin
Syihab, dari Abu Said Al-Khudry dalam kisah Marwan dan Hadits Abu Said dari
Nabi Saw seperti Hadits Syu’bah dan Sufyan.
4)
Sunan
Ibnu Majah, juz 12, hlm. 17, no. 4003
حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِسْمَعِيلَ
بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ و عَنْ قَيْسِ بْنِ
مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
أَخْرَجَ
مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ
فَقَالَ رَجُلٌ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ فِي
هَذَا الْيَوْمِ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ
الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا
فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ
يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ
فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Abu Kuraib, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dari Al-A’masy,
dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Said Al-Khudry. Dan dari Qais bin
Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Said Al-Khudry berkata: Marwan
mengeluarkan mimbar pada hari raya dan dia juga memulai dengan khutbah sebelum
shalat id. Seorang laki-laki berkata: Wahai Marwan, kamu telah menyalahi
sunnah, kamu keluarkan mimbar, padahal sebelumnya tidak pernah, dan kamu pun
memulai dengan khutbah sebelum shalat padahal sebelumnya tidak pernah demikian.
Abu Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas persoalan ini aku
mendengar Rasulullah saw bersabda:”Barang siapa diantara kamu melihat kemunkaran, dan mampu mengubah dengan
tangannya, maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu
selemah-lemahnya iman.”
Sunan
Ibnu Majah, juz 4, hlm. 152, no. 1265
حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِسْمَعِيلَ
بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ و عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ
طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ
أَخْرَجَ
مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ يَوْمَ الْعِيدِ فَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ
فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ
الْمِنْبَرَ يَوْمَ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ بِهِ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ
قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَمْ يَكُنْ يُبْدَأُ بِهَا فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا
هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ
يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ
فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ بِلِسَانِهِ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ
الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Abu Kuraib, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dari Al-A’masy,
dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari Abu Said Al-Khudry. Dan dari Qais bin
Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Said Al-Khudry berkata: Marwan
mengeluarkan mimbar pada hari raya dan dia juga memulai dengan khutbah sebelum
shalat id. Seorang laki-laki berkata: Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah,
kamu keluarkan mimbar, padahal sebelumnya tidak pernah, dan kamu pun memulai
dengan khutbah sebelum shalat padahal sebelumnya tidak pernah demikian. Abu
Said berkata: Hal ini telah ditetapkan, dan atas persoalan ini aku mendengarRasulullah saw. Bersabda: “Barang siapa melihat kemungkaran dan
dia mampu mengubah dengannya, maka ubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu,
maka dengan lisannya, jika tidak mampu dengan lisannya, maka dengan hatinya,
dan yang demikian itu selemah-lemah iman.”
5)
Sunan
Abu Dawud, juz 3, hlm. 360, no. 963
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ
عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ ح
وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ
الْخُدْرِيِّ قَالَ
أَخْرَجَ
مَرْوَانُ الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَبَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ
فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ
الْمِنْبَرَ فِي يَوْمِ عِيدٍ وَلَمْ يَكُنْ يُخْرَجُ فِيهِ وَبَدَأْتَ
بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ مَنْ هَذَا
قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ فَقَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ
رَأَى مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ
فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ
وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Muhamad bin al-‘Ala, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah,
menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari
Abu Said Al- Khudry. Dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu
Said Al-Khudry berkata: ”Marwan keluar menuju mimbar pada hari raya dan dia
memulai dengan khutbah sebelum shalat. Maka seseorang berkata: Wahai Marwan
kamu telah menyalahi sunnah, kamu keluar menuju mimbar pada hari raya padahal
sebelumnya tidak pernah keluar dan kamu memulai dengan khutbah sebelum shalat.
Maka Abu Sa’id berkata: “Siapakah ini?” mereka menjawab: “Fulan bin Fulan”, Abu
Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda: “Barang
siapa melihat kemungkaran dan dia mampu mengubah dengannya, maka ubahlah dengan
tangannya, jika tidak mampu, maka dengan lisannya, jika tidak mampu, maka
dengan hatinya, dan yang demikian itu selemah-lemah iman.”
Sunan
Abu Dawud, juz 11, hlm. 415, no. 3777
- حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَهَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو
مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ وَعَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي
سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى
مُنْكَرًا فَاسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ
وَقَطَعَ هَنَّادٌ بَقِيَّةَ الْحَدِيثِ وَفَّاهُ ابْنُ الْعَلَاءِ فَإِنْ لَمْ
يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ بِلِسَانِهِ فَبِقَلْبِهِ
وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Muhamad bin al-‘Ala dan Hanad bin al-Sariy, mereka berkata:
menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dari Al-A’masy, dari Ismail bin Raja,
dari bapaknya, dari Abi Said, dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab
dari Abu Said Al-Khudry berkata aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang
siapa melihat kemungkaran dan dia mampu mengubah dengannya, maka ubahlah dengan
tangannya, jika tidak mampu, maka dengan lisannya, jika tidak mampu, maka
dengan hatinya, dan yang demikian itu selemah-lemah iman.”
6)
Sunan
Tirmidzi, juz 8, hlm. 79, no. 2098
حَدَّثَنَا
بُنْدَارٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ
عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَالَ
أَوَّلُ
مَنْ قَدَّمَ الْخُطْبَةَ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ
لِمَرْوَانَ خَالَفْتَ السُّنَّةَ فَقَالَ يَا فُلَانُ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ
فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا
فَلْيُنْكِرْهُ بِيَدِهِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ وَمَنْ لَمْ
يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
قَالَ
أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Menceritakan kepada kami Bundar, menceritakan kepada kami
Abdurrahman bin Mahdy, menceritakan kepada kami Sufyan dari Qais bin Muslim,
dari Thariq bin Syihab ia berkata bahwa orang yang pertama kali mendahulukan
khutbah sebelum shalat adalah Marwan.
Seorang laki-laki berdiri lalu berkata kepada Marwan, kamu telah menyalahi
sunnah”, Marwan menjawab:” wahai fulan Yang demikian itu telah
ditinggalkan.” Abu Sa’id berkata: “Hal
ini telah ditetapkan sebagaimana aku
mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang siapa melihat
kemunkaran, maka ingkarilah dengan
tangannya, jika dia tidak mampu, maka dengan lisannya, dan jika dia tidak
mampu, maka dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
7)
Sunan
Nasa-i, juz 15, hlm. 204, no. 4922
أَخْبَرَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ قَالَ حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَالَ قَالَ أَبُو
سَعِيدٍ
سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا
فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ
يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Mengabarkan kepada kami Muhamad bin Basyar ia berkata: menceritakan
kepada kami Abdurrahman ia berkata: menceritakan kepada kami Sufyan dari Qais
bin Muslim, dari Thariq bin Syihab ia berkata: “Abu Said berkata aku
mendengar Rasulullah saw. Bersabda:”
Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak
mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Sunan
Nasa-i, juz 15, hlm. 205, no. 4923
حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا مَخْلَدٌ قَالَ حَدَّثَنَا
مَالِكُ بْنُ مِغْوَلٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ قَالَ
قَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ
سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى
مُنْكَرًا فَغَيَّرَهُ بِيَدِهِ فَقَدْ بَرِئَ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ
يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَغَيَّرَهُ بِلِسَانِهِ فَقَدْ بَرِئَ وَمَنْ لَمْ
يَسْتَطِعْ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِلِسَانِهِ فَغَيَّرَهُ بِقَلْبِهِ فَقَدْ بَرِئَ
وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ
Menceritakan
kepada kami Abd al-Humaid, ia berkata menceritakan kepada kami Makhlad, ia
berkata menceritakan kepada kami Malik bin Mighwal dari Qais bin Muslim, dari
Thariq bin Syihab ia berkata: “Abu Said
Al-Khudry berkata aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa
melihat kemungkaran lalu mengubah dengan tangannya maka dia telah terbebas,
barang siapa yang tidak mampu mengubah dengan tangannya, ubahlah dengan lisannya maka dia telah
terbebas, barang siapa yang tidak mampu mengubah dengan lisannya, ubahlah
dengan hatinya, maka ia telah terbebas, yang demikian itu selemah-lemah iman.”
8)
Musnad
Abu Ya’la juz 3, hlm. 17, no. 973
حدثنا
أبو بكر ، حدثنا ابن نمير ، عن الأعمش ، عن إسماعيل بن رجاء ، عن أبيه قال : أخرج مروان
المنبر وبدأ بالخطبة قبل الصلاة ، فقام رجل فقال : يا مروان ، خالفت السنة ، أخرجت
المنبر ولم يكن يخرج ، وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ، فقال أبو سعيد : من هذا ؟ قالوا
: فلان ، قال : أما هذا فقد قضى ما عليه ، إن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :
« من رأى منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذاك
أضعف الإيمان »
Menceritakan
kepada kami Abu Bakar, menceritakan kepada kami Ibnu Numair, dari Al-A’masy,
dari Ismail bin Raja, dari Bapaknya, ia berkata: ”Marwan keluar menuju
mimbar (padahal sebelumnya) belum pernah
keluar, dan dia memulai dengan khutbah sebelum shalat. Maka Abu Sa’id berkata:
“siapakah ini?” mereka menjawab: “Fulan bin Fulan”, Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang
siapa melihat
kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu
selemah-lemahnya iman.”
Musnad
Abu Ya’la, juz 3, hlm. 212, no. 11068
- حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ
أَبِيهِ قَالَ:
أَوَّلُ مَنْ أَخْرَجَ الْمِنْبَرَ يَوْمَ
الْعِيدِ مَرْوَانُ وَأَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقَامَ
رَجُلٌ فَقَالَ يَا مَرْوَانُ خَالَفْتَ السُّنَّةَ أَخْرَجْتَ الْمِنْبَرَ وَلَمْ
يَكُ يُخْرَجُ وَبَدَأْتَ بِالْخُطْبَةِ قَبْلَ الصَّلَاةِ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ مَنْ
هَذَا قَالُوا فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ قَالَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَأَى مُنْكَرًا
فَإِنْ اسْتَطَاعَ أَنْ يُغَيِّرَهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ
فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ »
Menceritakan
kepada kami Zuhair, menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, menceritakan kepada
kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya. Dan dari Qais bin Muslim,
dari Thariq bin Syihab, keduanya dari Abu Said Al-Khudry, dia berkata: Aku
mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa melihat kemunkaran, dan dia
mampu mengubah dengan tangannya, maka lakukanlah, jika dia tidak mampu mengubah
dengan tangannya, ubahlah dengan lisannya, jika dia tidak mampu mengubah dengan lisannya,
ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
9)
Mustakhraj
Abu ‘Awwanah, juz 1, hlm. 87, no. 80
-
حدثنا
أبو العباس عبد الله بن محمد بن عمرو الأزدي قال : ثنا الفريابي قال : ثنا سفيان ح
، وحدثنا أبو أمية قال : حدثنا عبيد الله بن موسى قال : ثنا شعبة كلاهما ، عن قيس بن
مسلم ، عن طارق بن شهاب قال : أول من قدم الخطبة قبل الصلاة يعني في يوم عيد مروان
بن الحكم فقام رجل فقال : خالفت السنة يا مروان ، فقال : قد ترك ما هناك ، فقال أبو
سعيد : أما هذا فقد قضى ما عليه ، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : « إذا
رأى أحد منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه وذاك أضعف
الإيمان » لفظ الفريابي وحديث شعبة ما ذكر عن النبي صلى الله عليه وسلم بمثله
Menceritakan
kepada kami Abu al-Abbas Abdullah bin Muhamad bin ‘Amr al-Azdy berkata:
Menceritakan kepada kami Al-Faryabi, ia berkata: Menceritakan kepada kami
Sufyan, dan menceritakan kepada kami Abu Umayah, ia berkata: menceritakan
kepada kami Ubaidillah bin Musa ia berkata: Menceritakan kepada kami Syu’bah,
keduanya dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab ia berkatabahwa orang yang pertama kali mendahulukan khutbah sebelum
shalat pada hari raya adalah Marwan bin Hakam. Seorang laki-laki
berdiri lalu berkata: “ Wahai Marwan, kamu telah menyalahi sunnah”, Marwan
menjawab:” Yang demikian itu telah ditinggalkan wahai fulan.” Abu Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan
sebagaimana aku mendengar Rasulullah
saw. Bersabda:”Jika di antara kalian melihat kemunkaran,
ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan
jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu
selemah-lemahnya iman.”
10) Shahih Ibnu Hibban, juz 2, hlm. 103, no.
308
أخبرنا عبد الله بن محمد الأزدي ،
قال : حدثنا إسحاق بن إبراهيم ، وهناد بن السري ، قالا : حدثنا أبو معاوية ، قال :
حدثنا الأعمش ، عن إسماعيل بن رجاء ، عن أبيه ، عن أبي سعيد ، وعن قيس بن مسلم ،
عن طارق بن شهاب ، عن أبي سعيد ، قال : أخرج مروان المنبر في يوم عيد ، وبدأ
بالخطبة قبل الصلاة ، فقام رجل ، فقال : يا مروان ، خالفت السنة ، أخرجت المنبر في
يوم عيد ، ولم يكن يخرج ، وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ، ولم يكن يبدأ بها ، فقال أبو
سعيد : من هذا ؟ قالوا : فلان بن فلان ، قال أبو سعيد : أما هذا فقد قضى ما عليه .
زاد إسحاق : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم ، يقول : « من رأى منكم منكرا
فليغيره بيده ، فإن لم يستطع أن يغيره بيده فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذلك
أضعف الإيمان
»
Mengabarkan
kepada kami Abdullah bin Muhamad Al-Azdy, ia berkata: Menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dan Hanad bin
Al-Sary, mereka berkata: Menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dia berkata:
Menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya, dari
Abu Sa’id, dan dari Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab, dari Abu Sa’id, ia
berkata: Marwan keluar menuju mimbar pada hari raya dan dia memulai khutbah
sebelum shalat, (padahal sebelumnya) belum pernah dimulai dengan khutbah. Maka
Abu Sa’id berkata: “siapakah ini?” mereka menjawab: “Fulan bin Fulan”, Abu
Sa’id berkata: “Hal ini telah ditetapkan sebagaimana aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda:” Barang
siapa
melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah
dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang
demikian itu selemah-lemahnya iman.”
Shahih
Ibnu Hibban, juz 2, hlm. 101, no. 307
أخبرنا
عمران بن موسى بن مجاشع ، قال : حدثنا عثمان بن أبي شيبة ، قال : حدثنا وكيع ، قال
: حدثنا سفيان الثوري ، عن قيس بن مسلم ، عن طارق بن شهاب الأحمسي ، قال : أول من
بدأ بالخطبة قبل الصلاة يوم العيد مروان بن الحكم ، فقام إليه رجل فقال : الصلاة
قبل الخطبة ومد بها صوته ، فقال : ترك ما هناك أبا فلان . فقال أبو سعيد الخدري :
أما هذا فقد قضى ما عليه ، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم ، يقول : « من
رأى منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذاك أضعف
الإيمان »
Mengabarkan kepada kami Imran bin Musa bin Majasyi’, ia berkata:
Menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah, ia berkata: Menceritakan
kepada kami Waki’, ia berkata: menceritakan kepada kami Sufyan Al-Tsaury, dari
Qais bin Muslim, dari Thariq bin Syihab Al-Ahmasiy berkata bahwa orang yang
pertama kali mendahulukan khutbah sebelum shalat pada hari raya adalah Marwan bin Hakam.
Seorang laki-laki berdiri lalu berkata: “
Shalat sebelum khutbah,”, Marwan menjawab:” Yang demikian itu telah
ditinggalkan wahai bapa fulan.” Abu
Sa’id berkata: “Hal ini sebagaimana aku pernah mendengar Rasulullah saw.
Bersabda:” Barang siapa melihat kemunkaran, ubahlah dengan tangannya, jika dia
tidak mampu, ubahlah dengan lisannya, dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan
hatinya, yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
11) Sunan Kubra Baihaqi, juz 10, hlm. 90
- (وأخبرنا)
أبو طاهر الفقيه أنبأ أبو بكر محمد بن ابراهيم بن الفضل الفحام ثنا محمد بن يحيى الذهلى
ثنا محمد بن عبيد ثنا الاعمش عن اسمعيل بن رجاء عن ابيه عن أبى سعيد الخدرى رضى الله
عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول من رأى منكم منكرا فان استطاع ان
يغيره بيده فليغيره بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان
Mengabarkan kepada kami Abu Thahir Al-Faqih,
Memberitakan kepada kami Abu Bakar Muhamad bin Ibrahim bin Al-Fadhl Al-Fiham,
menceritakan kepada kami Muhamad bin Yahya Al-Dzahaliy, menceritakan kepada
kami Muhamad bin Ubaid, dari Al-A’masy, dari Ismail bin Raja, dari bapaknya,
dari Abu Said Al-Khudriy ra. berkata : Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:”Barang
siapa di antara kamu melihat kemunkaran, dan mampu mengubah dengan tangannya,
maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu, ubahlah dengan lisannya,
dan jika dia tidak mampu, ubahlah dengan hatinya, yang demikian itu
selemah-lemahnya iman.”
b.
Rawi/Sanad
A.
Musnad
Ahmad bin Hanbal, juz 22, hlm.196, no.10651
-
1)
Abu Sa’id al-Khudri, 2) Abihi(Raja bin Rabi’ah), 3) Ismail bin Raja, 4) Al-A’masy,
5)Abu Mu’awiyah.
-
1)
Abu Sa’id al-Khudri, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al-A’masy, 5)
Abu Mu’awiyah.
Musnad Ahmad bin Hambal, juz 22, hlm.
268, no. 10723
1)Abu
Said al-Khudri, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Syu’bah, Yazid.
Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 23, hlm.79,
no.11034
1)Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Sufyan, 5)
Abdurrahman.
Musnad
Ahmad bin Hambal, juz 23, hlm. 113, no. 11068
1)
Abu Said al-Khudri, 2) Abihi(Raja), 3) Ismail bin Raja, 4) Al-A’masy,
5) Muhamad bin ‘Ubaid.
Musnad
Ahmad, juz 23, hlm.135, no. 11090
1)
Abu Said al-Khudri, 2) Thariq bin Syihab, 4) Qais bin Muslim, 5) Sufyan,
Waki’.
Musnad
ahmad, juz 23, hlm. 487, no. 11442
1)
Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Syu’bah, 5) Muhamad
bin Ja’far.
B.
Mushannaf
Abdul Razaq, juz 3, hlm.285, no. 5649
1)Abu Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al-Tsauri.
C.
Shahih
Muslim, juz 1, hlm. 167, no. 70
-
1)Abu
Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Sufyan, 5) Wakî’, 6) Abu
Bakr bin Abi Syaybah.
-
1)Abu
Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Syu’bah, 5) Muhamad bin
Ja’far, 6) Muhamad bin Mutsanna.
-
1)Abu
Said al-Khudri, 2) Abihi(Raja), 3) Ismail bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu
Muawiyah, 6) Abu Kuraib Muhamad bin ‘Ala.
-
1)Abu
Said, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al-A’masy, 5) Abu Muaawiyah,
6) Abu Kuraib Muhamad bin ‘Ala.
D.
Sunan
Ibnu Majah, juz 12, hlm. 17, no. 4003
1)Abu Sa’id Al- Khudriy, 2) bapaknya(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Abu Kuraib.
1)Abu Sa’id Al- Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin
Muslim, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6)
Abu Kuraib.
E.
Sunan
Abu Dawud, juz 3, hlm. 360, no. 963
-
1)Abu Sa’id Al- Khudriy, 2)
Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Muhamad bin ‘Ala.
-
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4)
Al-A’masy, 5)Abu mu’awiyah, 6) Muhamad bin ‘Ala.
Sunan
Abu Dawud, juz 11, hlm. 415, no. 3777
- 1)Abu
Sa’id, 2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah,
6) Hannad bin Sariy dan 7) Muhamad bin ‘Ala.
- 1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim,
4) Al- A’masy, 5) Abu
Mu’awiyah, 6) Hanad bin Sariy dan 7)Muhamad
bin ‘Ala.
F.
Sunan
Tirmidzi, juz 8, hlm. 79, no. 2098
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4)
Sufyan, 5) Abdurrahman bin Mahdi, 6) Bundar.
G.
Sunan
Nasa-i, juz 15, hlm. 204, no. 4922
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4)
Sufyan, 5) Abdurrahman, 6) Muhamad bin Basyar.
Sunan Nasa-i, juz 15, hlm. 205, no. 4923
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4)
Malik bin Mighwal, 5)Mikhlad, 6) Abdul Hamid bin Muhamad.
H.
Musnad
Abu Ya’la juz 3, hlm. 17, no. 973
1)Abu Sa’id, 2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 4) Ibnu
Numair, 5) Abu Bakar.
Musnad
Abu Ya’la, juz 3, hlm. 212, no. 1168
-
1) Abu Sa’id, 2) Abihi(Raja),
3) Isma’il bin Raja, 4) Al-A’masy, 5) Abu Muawiyah, 6)Zuhair.
-
1)Abu Sa’id, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4) Al- A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Zuhair.
I.
Mustakhraj
Abu ‘Awwanah, juz 1, hlm. 87, no. 80
-
1)Abu
Sa’id, 2) Thariq bin Syihab, 3)Qais bin
Muslim, 4) Sufyan, 5) Al-Faryabi, 6) Abu
al-‘Abbas ‘Abdullah bin Muhamad ‘Amr al-Azdi.
-
1)Abu
Sa’id, 2) Thariq bin Syihab, 3)Qais
bin Muslim, 4) Syu’bah, 5) Ubaidillah bin Musa, 6) Abu Umayah.
J.
Shahih
Ibnu Hibban, juz 2, hlm. 103, no. 308
-
1)Abu Sa’id Al- Khudriy, 2) bapaknya(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4)
Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Hanad bin Sariy, 7) Ishaq bin Ibrahim, 8) Abdullah
bin Muhamad al-Azdy.
-
1)Abu Sa’id al-Khudriy, 2)Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4)
Al-A’masy, 5) Abu Mu’awiyah, 6) Hanad bin Sariy, 7) Ishaq bin Ibrahim, 8) Abdullah
bin Muhamad al-Azdy.
Shahih Ibnu Hibban, juz
2, hlm. 101, no. 307
1) Abu Sa’id al-Khudriy, 2) Thariq bin Syihab, 3) Qais bin Muslim, 4)
Sufyan Al-Tsaury, 5)Wakî’, 6) Utsman bin Abi Syaibah, 7) Imran bin Musa bin
Majasyi’.
K.
Sunan
Kubra Baihaqi, juz 10, hlm. 90
1)Abu Sa’id Al-Khudriy, 2) Abihi(Raja), 3) Isma’il bin Raja, 4) Al-
A’masy, 5) Muhamad bin ‘Ubaid, 6) Muhamad bin Yahya Al-Dzahaly, 7) Abu Bakar
Muhamad bin Ibrahim bin Al-Fadhl Al-Fiham, 8) Abu Thahir.
Rekapitulasi seluruh rawi berdasarkan kitab-kitab tersebut adalah:
(1)Abu Sa’id
al-Khudry, (2) Thariq bin Syihab, (3) Raja bin Rubi’ah, (4) Ismail bin Raja,
(5)Al-A’masy, (6)Qais
bin Muslim, (7) Malik bin Mighwal, (8) Syu’bah bin Hajjaj, (9) Sufyan al-Tsaury,
(10) Makhlad, (10)Muhamas bin Ja’far, (11) Abu Muawiyah, (12) Waki’, (13) Abdurrahman
bin Mahdi, (14) Ibnu Numair, (15) Muhamad bin ‘Ubaid, (16) Yazid bin Harun, (17) Al-Faryabi, (18) Ubaidillah
bin Musa, (19) Zuhair bin Harb, (20)
Abu Bakar bin Abi Syaibah, (21) Ishaq bin Ibrahim, (22) Utsman bin Abi Syaibah,
(24) Hanad bin Sariy, (25) Abu Kuraib(Muhamad bin ‘Ala), (26) Muhamad bin
Mutsanna, (27) Bundar(Muhamad bin Basyar), (28) Muhamad bin Yahya, (29) Abdul
Hamid bin Muhamad, (30) Abu Umayah (Muhamad bin Ibrahim bin Muslim, (31) Abdullah
bin Muhamad al-Azdy, (32) Imran bin Musa al-Majasyi’, (33) Abu Thahir.
[1] Al- Syaukani, Nail
al-Authar, jilid 8(Kairo: Dar Ibnu Affan, 2005), hlm. 64
[2]Jalaludin Abdurahman Ibn Abi Bakr Al-Suyuti, Al-Jami’ al-Shagir fi Ahadits al-Basyir al-Nadzir,
Juz II, (Beirut: Dar al-Fikr, t.th), hlm. 526
[3]AJ Wensinck, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits
al-Nabawi, Juz V (Leiden: E.J. Brill, 1965), hlm. 33.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please Uktub Your Ro'yi Here...