ABSTRAKS
Munir Subarman (2010): Konsep Pengangkatan Kepala Negara Menurut Al-Mawardi,
dan Ibn Ḣaldȗn Serta Relevansinya dengan Pemilihan Presiden di Indonesia:
Salah satu di antara problem krusial
umat Islam yang ada kaitannya dengan
ranah publik adalah pemikiran politik ketatanegaraan, fenomena sosial
politik tersebut tidak saja terjadi pada era modern kontemporer seperti
sekarang ini , namun jauh sebelum para
yuris Islam mengkonseptualisasikan teori-teori kenegaraan tepatnya setelah Rasulullah SAW wafat pada tahun 630 M, problem tersebut telah menjadi issu publik yang terus berjalan secara dinamis sesuai dengan
pertumbuhan dan perkembangan pemikiran Umat itu sendiri, bahkan tidak jarang
menumbuhkan kontroversi baik di antara
para yuris ataupun para akademisi Islam. Essennya satu yakni bagaimana cara
mengkonstruksi sebuah pemikiran politik kenegaraan yang lebih viable untuk
diimplementasikan dalam ranah kenegaraan secara fleksible agar nilai-nilai
normativitas Islam terus teraplikasikan secara kongkrit dalam ekehidupan
bermasyarakat dan bernegara. Hanya dengan cara
mengeksplorasi pemikiran politik para yuris islam terdahulu itulah tingkat universalitas, konprehensivitas
dan adaptabilitas syari’at Islam dapat direkonstruksi dan diimplementasikan
dalam ranah publik
Al-Mawardi dalam kitabnya Al-Ahkam Al-Sulthaniyyah dan Ibn Khaldun dalam kitabnya Muqaddimah
merupakan dua yuris Islam(Kaum Sunny),
oleh sebagian Besar akademisi Muslim dan
Non-Muslim ditenggarai telah memformulasikan teori-teori ketatanegaraan secara konprehensif dan modern pada zamannya. Kedua
masterpiece sangat penting untuk diapresiasi, bukan saja kedua yuris tersebut
telah mampu mencurahkan potensi intelektualitasnya yang brilliant, namun lebih
disebabkan belum adanya teori-teori
politik ketatanegaraan yang tersistematisasikan secara baik sebagaimana telah
dianggit oleh keduanya. Meski demikian, penulis berpendapat bahwa setiap teori
dikonstruksi dan diadaptasi atas dasar
perkembangan social, artinya apabila Al-Mawardi dan Ibnu Khaldun telah
mengkonstruksi teori hokum
ketatanegaraan ,sementara setting social serta jamannya relative berbeda
perlu kiranya untuk diperbandingkan essensi di antara kedua teori tersebut baik
dalam konteks pemikiran politik era klasik ataupun dengan pemikiran politik
modern kontemporer. Al-Hasil tujuan
studi ini adalah untuk mencari titik persamaan dan perbedaan antara
Teori Ketatanegaraan Al-Mawardi, Ibn Khaldun serta relevansinya dengan teori
ketatanegaraan Indonesia.
صورة تجريدية
منير سوبارمان (2010):
نظام تنصيب رئيس الدولة عند الماوردى وابن خلدون ومدى تناسبها بانتخاب رئيس
الجمهورية بإندونيسيا.
يتطور نظام تنصيب رئيس الدولة تطورا
دلاليا منذ عصور الإسلام القديمة حتى عصوره الحديثة. ففى الفترة المبكرة، يتشكل
نظام تنصيب رئيس الدولة نظريا تحت مسؤولية مجلس "أهل الحال والعقد". و مع مرور الزمان يتغير هذا النظام إلى نظام
الانتخاب العام. فالنظام الأول يؤيده الماوردى وابن خلدون ودستور جمهورية
إندونيسيا قبل الحركة الإصلاحية. أما النظام الثانى فيؤيده دستور جمهورية
إندونيسيا فى الفترة الثانية من الحركة الإصلاحية سنة 2004.
تستهدف هذه الدراسة إلى الوصف والتحليل
والمقارنة بين نظام تنصيب رئيس الدولة من وجهة نظر نظام الحكومة فى فترة عصور
الإسلام القديمة و نظام دستور جمهورية إندونيسيا فى الفترة الثانية من الحركة
الإصلاحية سنة 2004.
أما مناهج الدراسة التى يستخدمها الباحث
فهى تحليل المحتوى والتحليل التاريخى وتحليل المقارنة. وذلك أن هذه الدراسة تركز
على المباحث التى تتعلق بتطور مفهوم ونظام الدولة الإسلامية منذ العصور القديمة
إلى العصور الحديثة فى القرن الحادى والعشرين.
أما المنطلقات التى يبنى عليها الباحث
فى القيام بتحليل البيانات فهى النظريات المتعلقة بنظام الحكومة التى تبحث فى نظام
تنصيب رئيس الدولة وهى: نظرية التيوقراطية ونظرية الدولة الدستورية ونظرية دولة
مدينية ونظرية سياسة دستورية. ترى نظرية التيوقراطية أن رياسة الدولة تحت سيطرة الإلاهية؛
و ترى نظرية الدولة الدستورية أن صحة رياسة الدولة متعلقة بتناسبها مع الدستور؛
وترى نظرية دولة مدينية أن نظام تنصيب رئيس الدولة تتصور تطبيقيا فى المدينة
الفاضلة؛ أما نظرية سياسة دستورية فترى أن حقيقة رياسة الدولة نوع من ولاية
الإمامة التى ترتبط بمجلس أهل الحال والعقد.
ABSTRACT
Munir Subarman
(2010): The Concept of Appointing Head of State of Al-Mawardi and Ibn Khaldun:
Its Relevance with Presidential Election
in Indonesia .
The concept of
head of state designation as a part of civics law has been developing
significantly since classical Islam to the modern Islam. Conceptually, it was
formulated in the first decades of classical Islam that, the mechanism of head
of state appointment was under regulation of Ahlu al-hali wa al-‘aqdi
(parliamentary institution). However, it has been changing to direct
election by the people as sovereignty holder. The former, was developed by
al-Mawardi and Ibn Khaldun as well as the rules of constitution of the Republic of Indonesia post reformation era. Whereas
the later, was formulated in the rules of constitution of the Republic of Indonesia
post reformation era of the 2nd episode, year 2004.
This study was
conducted to describe, analyze and compare the concept appointing head of state
in the perspective of classical Islam with the system of rules of constitution
of the Republic
of Indonesia from the
first decades of its independence to the post reformation era of the 2nd
episode, year 2004.
In this
research, the writer used some research methods, for example: Content
Analysis, Historical Analysis and Comparative Analysis. The use of
the three research methods was mainly because this discussion focuses on the
concept of statehood in Islam and the implementation of that concept in
classical Islam which is related with the development of contemporary Islam of
the twenty first century.
With regard to
tool of analysis, the researcher employed some theories of state that are
closely related to the mechanism of head of state appointment, such as the
Theory of God’s Sovereignty, the Theory of Constitutional State, the Theory of
Constitutional State in Medina, and the Theory of Siyasah Dusturiyah (Political
Constitution). According to the Theory
of God’s Sovereignty that the true power belongs to God and that is God only
deserves to appoint head of state. This means God’s command should become the
regulation for state election. On the other hand, the theory of Constitutional State reveals that a head of state is
legitimately elected when it was jurisdictionally abiding constitution.
Moreover, the Theory of Constitutional State in Medina
has shown that the mechanism of appointing head of state was implemented
empirically in Medina
state in the Caliphs period. Whereas the Theory of Siyasah Dusturiyah
states that the existence of head of state is a part of executive authority of Imamah
(a group of religious leader), and its relation with the member of Ahlu al-hali wa al-‘aqdi,
declaration and people’s consensus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please Uktub Your Ro'yi Here...