Jumat, 23 Februari 2024

Penutupan dan Pelaporan KKM STIT Sirojul Falah Tahun 2024

Oleh: Misno bin Mohamad Djahri 



Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) adalah salah satu dari bentuk program pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh perguruan tinggi sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sirojul Falah Bogor Tahun 2024 ini melaksanakan program KKM di enam desa yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sukaraja. Enam desa tersebut adalah: Cadas Ngampar, Sukaraja, Cikeas, Sukatani, Cibanon dan Gunung Geulis. Jumlah secara keseluruhan ada sepuluh (10) kelompok dengan jumlah masing-masing kelompok rata-rata 15 mahasiswa.

Pelaksanaan yang telah berjalan selama 30 hari akhirnya sampai di akhirnya, yaitu dengan dilaksanakannya Penutupan dan Pelaporan KKM Tahun 2024 yang dilaksanakan pada Kamis, 22 Februari 2024 di Aula STIT Sirojul Falah. Kegiatan Penutupan yang berjalan meriah dengan dihadari oleh para peserta KKM, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Pejabat Struktural yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Kepala P2MI dan P3M.

Ketua Pelaksana KKM Tahun 2024 Bapak Dr. Misno, SHI., SE., MEI., MH dalam sambutannya menjelaskan bahwa KKM ini adalah bentuk dari implementasi ilmu yang telah didapatkan mahasiswa di kampus. Selain itu program KKM akan terus berlanjut dengan dengan KKM Mandiri yang dilaksanakan pada semester genap. Sementara Ketua STIT Sirojul Falah Bapak Kaimudin, M.Si menjelaskan bahwa Program KKM adalah implementasi dari Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Manfaat dari KKM ini sangat banyak yaitu memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa dalam bidang ilmu yang menjadi kekhasan dari program studinya.

Penutupan dan Pelaporan KKM STIT Sirojul Falah Tahun 2024 berjalan dengan baik dan meriah dengan penampilan dari masing-masing kelompok dalam mempresentasikan hasil pelaksanaan KKM di desa masing-masing berupa slide PPT dan Video Pendek. Seluruh kelompok juga membawa produk yang menjadi unggulan yang akan dijadikan sebagai peserta dalam Gelar Inovasi Daerah (GID) Tahun 2024.

Kegiatan KKM yang dilaksanakan setiap tahun menjadi program tahunan yang merupakan bukti pengabdian STIT Sirojul Falah Bogor kepada masyarakat. Semoga STIT Sirojul Falah semakin ke maju dan berkembang di masa-masa yang akan dating, Aamiin… (ambp, 23022024)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...