Kamis, 15 September 2011

Karena Kehidupan Awal Kematian



Oleh  Abu Aisyah


Jalanan adalah penyebab terbesar dari kematian di Indonesia, ini adalah survey terbaru mengenai penyebab kematian manusia di Indonesia. Tidak salah memang jika jalanan menjadi penyebab utama kematian, walaupun secara sudut pandang agama ia hanya sebuah sebab. Seperti perjalanan pulangv saya pada tahun 2011 ini, sepanjang perjalanan berkali-kali saya melihat dengan mata kepala sendiri kecelakaan yang terjadi. Di mulai dari motor yang terjatuh, bis yang terguling ke sawah, truk yang guling dan mobil sedan yang menabrak bahu jalan.
Belajar dari semua itu, ternyata kematian itu memang begitu dekat dengan kita, hanya sayangnya kita sering lalai. Kematian memang bisa terjadi di mana saja, di jalanan atau di atas pembaringan. Ketika di perjalanan saya menyaksikan kematian begitu dekat dengan kita, maka ketika di pembaringan juga kematian itu semakin dekat di depan mata.
Kalaupun kematian tampak jauh, itu hanya ilusi dari umur kita, padahal tidak ada yang menjamin umur kita akan sebanding dengan kematian kita. Berapa banyak anak-anak yang meninggal sebelum mereka menginjak dewasa, cukup banyak juga para pemuda yang meninggal dunia dan tidak terhitung lagi kematian yang menimpa orang dewasa seperti kita.
Maka kesadaran bahwa kematian selalu mengintai kita, adalah seuatu yang haru ada. Karena kita pahami bahwa kematian adalah awal dari kehidupan, makudnya adalah kehidupan penuh keabadian di akhirat sana. Sementara kehidupan di dunia ini adalah awal dari kematian, emuanya berjalan sesuai dengan kehendakNya, kita sebagai hamba hanya berusaha beribadah esuai dengan yang dicontohkan oleh raulNya yang mulia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...