Selasa, 13 September 2011

Semua Karena KebaikanNya...



Di antara hikmah Tuhan juga adalah luasnya bumi. Kalau tidak demikian, tentu bumi terlalu sempit bagi tempat tinggal manusia dan hewan. Tentu bumi terlalu sempit untuk tempat pertanian, menggembala, dan sebagainya. Jika kamu bertanya, lalu apa hikmah ada padang sahara yang tandus tak berpenghuni itu? Jawabnya, di sana terdapat berbagai makhluk hidup yang tidak terhitung kecuali oleh Allah SWT, mulai dari hewan liar sampai binatang melata. Di sanalah rezeki mereka tersedia. Ke sana binatang-binatang itu berkeliaran, dan di sana pula tempat tinggal serta sarang mereka; layaknya seperti kota dan pemukiman manusia. Di sanalah kehidupan mereka, tempat menghabiskan musim panas maupun dingin.
Di samping itu, di padang yang lengang tersebut juga ada daerah lapang untuk manusia apabila mereka butuh bepergian atau ingin pergantian suasana kota. Alangkah banyak tanah gersang yang akhirnya menjadi istana, kebun, dan tempat pemukiman. Kalau bukan karena luasnya bumi, tentu penghuninya seperti terkurung di tempat mereka. Yakni, tidak dapat berpindah tempat ketika ada hal yang mengganggu dan memaksa mereka pindah.
Begitu pula air. Kalau tidak banyak dan tercurah dengan deras di lembah dan sungai, tentu tidak dapat memenuhi hajat manusia. Akibatnya, yang kuat akan memangsa yang lemah, dan memonopoli air itu. Akhirnya, terjadilah mudarat dan malapetaka yang dahsyat. Sebab, kebutuhan hewan, baik burung maupun hewan-hewan liar terhadap air amat besar. Maka, hikmah menuntut air itu sedemikian banyak dan ada di setiap saat.
Adapun api, telah kami jelaskan sebelumnya bahwa hikmah menuntut dia tersembunyi. Manusia hanya menyalakannya saat perlu. Meski api itu tidak tersebar di setiap tempat, ia tersedia dan ada setiap kali diperlukan. Dia mencukupi segala kebutuhan. Hanya saja tersimpan di benda-benda yang dijadikan sebagai penyimpannya sesuai dengan hikmah yang kami jelaskan sebelumnya.
Miftah Ad Dar As Sa’adah – Ibnul Qoyyim Al Jauziyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...