Sabtu, 04 Februari 2023

Melawan Kekurangan Diri

 Oleh: Misno bin Mohamad Djahri

 


Salah satu dari hal yang selalu muncul dari kehidupan kita adalah kekhawatiran akan berbagai hal yang muncul dari kekurangan diri. Ya, banyak hal terjadi salah satu sebabnya adalah karena kekurangan diri yang mengakibatkan kita terkadang terpuruk atau berada dalam kesedihan yang mendalam. Banyak sekali kekurangan diri yang ada pada manusia, bahkan begitu banyaknya hingga terkadang seseorang lupa akan kekurangan diri yang ada. Bagaimana cara melawan kekurangan diri?

Setiap manusia diciptakan oleh Allah Ta’ala dengan segala kekurangannya, ada yang kekurangan dari sisi fisik dan penampilan ada juga yang terkait dengan perasaan dan kejiwaan. Kekurangan dari segi fisik biasanya akan terlihat jelas, anggota tubuh yang tidak sempurna atau memiliki kekurangan serta bentuk tubuh, muka dan perawakan yang “tidak sesuai” dengan apa yang dikehendaki oleh pemiliknya. sementara kekurangan dari sisi perasaan dan kejiwaan terkait dengan rasa mudah bersedih, mudah tersinggung, baperan atau malah mudah marah dan susah mengontrol emosi. Semua itu adalah kekurangan yang memang selalu ada pada diri manusia, betapapun di mata manusia ia seolah-olah sempurna.

Salah satu dari kekurangan diri yang nampak ringan tapi cukup berat apabila dirasakan adalah kekurangan dari sisi perasaan, yaitu baperan atau mudah tersentuh dan perasa. Ini terjadi pada perempuan dan laki-laki, baik muda ataupun tua. Bahkan seiring bertambahnya usia kadang perasaan mudah tersentuh, cepat sedih dan baperan serta lama melupakan hal-hal yang menggores perasaan. Sebagai contoh ketika ada orang lain yang berkata dengan nada tinggi hingga terasa menyakiti, maka perlu waktu lama untuk menyembuhkannya.

Sejatinya, apabila ada yang bertanya bagaimana mengatasi kekurangan diri ini? Maka jawabannya adalah pertama kuatkan keyakinan diri bahwa sudah tidak perlu lagi memikirkan hal-hal yang sejatinya belum tentu kebenarannya. Jangan pula terlalu memikirkan hal-hal terkait orang lain apalagi itu adalah masalah dunia saja. Yakinkan diri bahwa apapun yang dilakukan orang lain pada kita itu hanyalah ungkapan mereka saja, bisa jadi mereka memang karakternya seperti itu sehingga kita harus semakin mampu memahami karakter orang lain yang berbeda-beda. Selama kita berada dalam kebenaran maka kuatkan keyakinan kita. Kalaupun tanpa sengaja melakukan kesalahan maka hadapi dengan penuh tanggungjawab. Jangan pernah takut pada manusia, apalagi kalau kita benar atau tidak ada unsur kesengajaan ketika melakukan kesalahan. Biarkan semua berjalan seiring kuasa ar-Rahman.

Lawanlah kekurangan diri itu, dengan iman dan takwa serta keyakinan akan kuasa dari Allah Ta’ala, apabila sulit secara drastic dilakukan maka perlahan kekurangan-kekurangan itu kita minimalisir. Teruslah berusaha untuk memahami orang lain, menerima kekurangan mereka dan berusaha untuk selalu istiqamah di jalanNya. Mudah-mudahan Allah Ta’ala memberikan kepada kita inayahNya sehingga kita mampu melawan kekurangan diri kita, tentu saja semua itu atas kuasaNya. La Haula wa Laa Quwwata illa billah… 04022023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...