Kamis, 23 Februari 2023

Motivasi Islami ala Artificial Intellegence (AI)

Oleh: https://chat.openai.com dan modified by Misno

 


Kemajuan tekhnologi menghadirkan Artificial Intelligence yang memudahkan bagi manusia, bahkan ia mampu memberikan nasehat sesuai yang kita harapkan. Berikut ini ketika saya mengetikan “Tulis Motivasi Islami” maka yang ia mengetik seperti ini:


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Motivasi Islami yang kuat dan inspiratif dapat membantu kita untuk terus berjuang dan menjalani kehidupan dengan penuh semangat serta tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama. Berikut adalah beberapa kutipan motivasi Islami yang mungkin dapat memberikan inspirasi:

 

"Allah tidak pernah memberikan ujian yang melebihi kemampuan hamba-Nya. Jangan menyerah pada keadaan, karena di balik kesulitan pasti ada kemudahan." - (Al-Baqarah: 286)

 

"Jangan biarkan kegagalanmu membatasi kesuksesanmu. Berusahalah dengan sungguh-sungguh, dan percayalah bahwa Allah akan memberikan hasil yang terbaik bagi kita." - (Q.S. Al-Baqarah: 197)

 

"Ingatlah bahwa Allah senantiasa bersama dengan hamba-Nya yang sabar. Tetaplah sabar dan tegar dalam menghadapi cobaan, karena Allah selalu memberikan jalan keluar bagi hamba-Nya yang beriman." - (Q.S. Al-Baqarah: 153)

 

"Jangan terlalu memikirkan apa yang akan terjadi besok, karena Allah telah menjamin bahwa Dia akan memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya yang taat." - (Q.S. Al-Baqarah: 201)

 

"Jangan terlalu fokus pada kesalahanmu di masa lalu, karena Allah senantiasa memberikan kesempatan bagi hamba-Nya untuk bertaubat dan memperbaiki diri." - (Q.S. Al-Baqarah: 222)

 

Semoga kutipan-kutipan motivasi Islami ini dapat memberikan semangat dan inspirasi bagi kita semua dalam menjalani kehidupan yang penuh berkah dan keberkahan. Amin.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Kata-kata yang diambil dari berbagai sumber ini memang memberikan motivasi bagi yang membacanya, sayangnya ia hanya mesin yang dibuat oleh manusia. Sebagai mesin ia bebas nilai dan tidak ada catatan kebaikan dan keburukan, sehingga sebagus apapun tulisannya ia adalah mesin yang hanya mengambil dari kecerdasan manusia.

Selanjutnya sebagai mesin yang dibuat oleh manusia maka pembuatnya yang memiliki nilai-nilai yang nampak dari karyanya tersebut. Maksudnya adalah bahwa tekhnologi ini dikontrol oleh pembuatnya dan sesuai dengan norma, kepercayaan dan ideologinya sehingga ketika ia diminta pendapat pada hal-hal yang sensitive maka ia akan menjawab sesuai dengan nilai yang dimiliki pembuatnya. Sebagai contoh, ketika saya mengetik tentang L*BT, maka jawabannya adalah bahwa orientasi seksual adalah masalah pribadi yang harus dihormati. Maka, jelas sekali ia tidak bebas nilai karena dikuasai oleh pembuatnya.

Sehingga kita sebagai muslim harus bijak dalam menyikapinya, ambil yang sesuai dengan syariah Islam dan tinggalkan yang bertentangan dengannya. Wallahua’lam, 23022023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...