Minggu, 19 Februari 2023

Tempat Curhat yang Paling Tepat

Oleh: Luqman Hidayat, S.Pd.I., M.Pd.

 


--------------------------------------------------

Ketika kita ditimpa kesusahan, seringkali kita curhat kepada orang-orang di sekitar kita. Tentunya kita tidak curhat kepada sembarang orang, melainkan kita curhat kepada orang-orang "pilihan" yang kita anggap sudi untuk mendengar keluh kesah kita, mampu untuk memberikan masukan-masukan atau nasehat positif dan yang tidak kalah pentingnya adalah orang "pilihan" kita itu berkomitmen untuk menjaga rahasia kita.

---

Seperti itulah karakteristik orang "pilihan" yang bisa kita jadikan teman curhat; bersedia menjadi pendengar yang baik atas keluh-kesah yang kita ceritakan, kemudian memberikan nasehat-nasehat, nasehat positif yang dapat membuat kita termotivasi, dan hal yang kita ceritakan tidak menyebar ke mana-mana, privasi kita tetap terjaga.

---

Akan berbeda halnya jika kita salah dalam memilih teman curhat; yang tidak sabar untuk menjadi pendengar yang baik, tidak memberikan masukan yang positif, dan yang paling parah adalah jika ia tidak bisa menjaga rahasia yang sudah kita ceritakan kepadanya. Akhirnya permasalahan yang sedang kita alami justru menyebar ke mana-mana.

---

Bak pepatah sudah jatuh tertimpa tangga; sudah tidak mendapat solusi, tapi masalah yang sedang dihadapi jadi banyak orang yang mengetahui. Maksud hati ingin mendapatkan ketenangan, yang terjadi malah muncul masalah baru.

---

Saudaraku....

Tidak ada salahnya kita curhat kepada manusia, atau seseorang yang kita anggap sebagai orang yang bisa menjadi teman curhat yang baik. Tapi tahukah kita bahwa kita bisa curhat sepuas-puasnya tanpa khawatir rahasia kita tersebar dan kita akan mendapatkan solusi terbaik dari kesusahan yang sedang kita alami?

Ya, curhatlah kepada Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yaitu Allah Tabaroka Wa Ta'ala. Dia-lah Allah satu-satunya Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Curhatan kita bukan hanya didengar dan dijaga kerahasiaannya, tapi kita akan diberikan jalan keluar dari arah yang mungkin tidak pernah kita sangka sebelumnya. Jika kita curhat kepada Allah maka banyak benefit yang kita dapatkan yaitu: rahasia dijamin, hati menjadi tenang, dan jalan keluar akan diberi. Menang banyak deh pokoknya.

---

Maka curhatlah kepada Allah, bersujud dan memohon, mengangkat kedua tangan dan sampaikan segala permasalahan yang sedang kita alami, kemudian memohon kepada-Nya untuk diberikan jalan keluar yang terbaik. Sangat penting bagi kita sebagai seorang hamba untuk selalu merendahkan diri kepada-Nya, menunduk, menghiba, dan mengemis hanya kepada Allah Tabaroka Wa Ta'ala. Dua faedah akan kita dapat; jalan keluar diberikan dan akan menuai pahala yang bermanfaat untuk akhirat. Selamat Curhat!

---

Tulang Bawang,

28 Rajab 1444 H/18 Februari 2023 M.

Luqman Hidayat, S.Pd.I., M.Pd.

2 komentar:

Please Uktub Your Ro'yi Here...