Kamis, 09 Februari 2023

Mengatasi Rasa Putus Asa

 By: https://chat.openai.com/

 


"Rasa putus asa" adalah perasaan kehilangan harapan dan keyakinan bahwa situasi akan membaik. Ini adalah perasaan yang umum dialami oleh banyak orang dan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. 

Untuk mengatasi rasa putus asa, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

1. Menjaga harapan realistis: berfokus pada hal-hal positif dan memperkecil harapan yang tidak realistis akan membantu mengatasi rasa putus asa.

2. Berkomunikasi dengan orang lain: berbicara dengan teman atau keluarga dapat membantu mengatasi perasaan dan memperoleh dukungan.

3. Mencari bantuan profesional: jika perasaan putus asa sulit dikendalikan, bantuan dari profesional seperti psikolog dapat membantu.

4. Menjaga kesehatan: menjaga pola hidup sehat, seperti berolahraga dan memiliki pola tidur yang baik, dapat membantu mengatasi rasa putus asa.

5. Melakukan kegiatan yang menyenangkan: melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti berkumpul dengan teman, membaca, atau berolahraga, dapat membantu mengatasi perasaan negatif.

Ingatlah bahwa rasa putus asa adalah perasaan yang sementara dan dapat dikendalikan dengan bantuan dan dukungan yang tepat.

 

Catatan oleh Misno

Islam memandang bahwa rasa putus asa adalah tabiat dari manusia, namun ia harus dilawan karena tidak sesuai dengan maqashid syariah (maksud dan tujuan syariah), salah satunya adalah menjaga akal manusia agar selalu berada pada posisi yang nyaman dan aman sebagaimana tujuan dari adanya agama Islam. Wallahua’lam, 09022023.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...