Jumat, 14 September 2012

Berkawan Dengan Kekurangan

Oleh : Abdurrahman



Bersyukur, itulah satu hal yang selalu harus kita lakukan. Bersyukur dengan segala kenikmatan yang telah dianugerahkan kepada kita dengan segala bentuknya. Kenikmatan yang setiap hari dan bahkan setiap detik kita lakukan adalah kenikmatan yang ada pada tubuh kita. Ya, bersyukur dengan segala yang ada dalam bentuk tubuh kita adalah sebuah kenikmatan yang tidak bisa kita lupakan. Tentu saja bersyukur di sini memiliki tiga tingkatan yaitu :
1.      Meyakini bahwa segala kenikmatan tersebut adalah bersumber dari Allah ta’ala bukan dari diri kita dan dari orang lain.
2.      Melafadzkan dan mengucapkan “Al-Hamdulillah” yaitu pujian kepada Allah ta’ala
3.      Menggunakan kenikmatan tersebut di jalan Allah ta’ala.
Dari ketiga tingkatan ini sudah selayaknya harus kita laksanakan secara bersama-sama dan tidak bisa dipisahkan.
Kemudian, muncul pertanyaan bagaimana jika ternyata kenikmatan tubuh yang “sempurna” ini ternyata tidak dianugerahkan kepada kita? Maksudnya adalah bahwa anugerah tubuh ini ternyata tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Misalnya saja wajah kita tidak cantik atau tidak ganteng, kulit kita tidak putih mulus, tubuh kita tidak ideal, atau tubuh kita tidak seperti orang lain. Maka dalam hal ini tentu saja kewajiban bersykur tetap harus dilaksanakan, misalnya saya yang memiliki kulit hitam atau sawo matang sudah selayaknya juga bersyukur walaupun dalam pikiran saya bahwa saya ingin memiliki kulit yang putih dan tubuh ideal.
Bagaimana cara mudah agar kita selalu bersyukur? Caranya mudah saja, lihatlah orangf-orang yang tidak memiliki “kesempurnaan” tubuh. Mereka yang mungkin mukanya lebih “jelek” dari kita, atau mereka yang kulitnya lebih hitam dari kita. Saya sendiri memiliki teman yang secara fisik jelas tidak sempurna ada yang mukanya cacat, matanya cacat, kulitya berbintik merah dan lain sebagainya. Dengan melihat mereka saya kembali bersyukur bahwa ternyata walaupun tubuh saya “tidak ideal” menurut ukuran manusia namun masih banyak orang lain yang memiliki kekurangan lebih dari saya. Karena itu saya selalu bersyukur, bagaimana dengan anda? Mari mensyukuri apa yang ada pada kita? Dan saya ulang lagi caranya adalah berkawan dengan orang yang memiliki kekurangan…      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...