Selasa, 13 Mei 2014

Kepala Negara Menurut Al-Mawardi dan Ibn Khaldun

ABSTRAKS

Munir Subarman (2010): Konsep Pengangkatan Kepala Negara Menurut Al-Mawardi, dan Ibn Ḣaldȗn Serta Relevansinya dengan Pemilihan Presiden di Indonesia:
Salah satu di antara problem krusial  umat Islam yang ada kaitannya dengan  ranah publik adalah pemikiran politik ketatanegaraan, fenomena sosial politik tersebut tidak saja terjadi pada era modern kontemporer seperti sekarang ini , namun jauh   sebelum para yuris Islam mengkonseptualisasikan teori-teori kenegaraan tepatnya setelah  Rasulullah SAW wafat  pada tahun 630 M, problem tersebut  telah menjadi issu publik yang  terus berjalan secara dinamis sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan pemikiran Umat itu sendiri, bahkan tidak jarang menumbuhkan kontroversi baik  di antara para yuris ataupun para akademisi Islam. Essennya satu yakni bagaimana cara mengkonstruksi sebuah pemikiran politik kenegaraan yang lebih viable untuk diimplementasikan dalam ranah kenegaraan secara fleksible agar nilai-nilai normativitas Islam terus teraplikasikan secara kongkrit dalam ekehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hanya dengan cara  mengeksplorasi pemikiran politik para yuris islam  terdahulu itulah tingkat universalitas, konprehensivitas dan adaptabilitas syari’at Islam dapat direkonstruksi dan diimplementasikan dalam ranah publik
Al-Mawardi dalam kitabnya Al-Ahkam Al-Sulthaniyyah  dan Ibn Khaldun dalam kitabnya Muqaddimah merupakan  dua yuris Islam(Kaum Sunny), oleh sebagian Besar  akademisi Muslim dan Non-Muslim ditenggarai telah  memformulasikan  teori-teori ketatanegaraan secara  konprehensif dan modern pada zamannya. Kedua masterpiece sangat penting untuk diapresiasi, bukan saja kedua yuris tersebut telah mampu mencurahkan potensi intelektualitasnya yang brilliant, namun lebih disebabkan  belum adanya teori-teori politik ketatanegaraan yang tersistematisasikan secara baik sebagaimana telah dianggit oleh keduanya. Meski demikian, penulis berpendapat bahwa setiap teori dikonstruksi dan diadaptasi  atas dasar perkembangan social, artinya apabila Al-Mawardi dan Ibnu Khaldun telah mengkonstruksi teori hokum  ketatanegaraan ,sementara setting social serta jamannya relative berbeda perlu kiranya untuk diperbandingkan essensi di antara kedua teori tersebut baik dalam konteks pemikiran politik era klasik ataupun dengan pemikiran politik modern kontemporer. Al-Hasil tujuan  studi ini adalah untuk mencari titik persamaan dan perbedaan antara Teori Ketatanegaraan Al-Mawardi, Ibn Khaldun serta relevansinya dengan teori ketatanegaraan Indonesia.










صورة تجريدية
منير سوبارمان (2010): نظام تنصيب رئيس الدولة عند الماوردى وابن خلدون ومدى تناسبها بانتخاب رئيس الجمهورية بإندونيسيا.
يتطور نظام تنصيب رئيس الدولة تطورا دلاليا منذ عصور الإسلام القديمة حتى عصوره الحديثة. ففى الفترة المبكرة، يتشكل نظام تنصيب رئيس الدولة نظريا تحت مسؤولية مجلس "أهل الحال والعقد". و  مع مرور الزمان يتغير هذا النظام إلى نظام الانتخاب العام. فالنظام الأول يؤيده الماوردى وابن خلدون ودستور جمهورية إندونيسيا قبل الحركة الإصلاحية. أما النظام الثانى فيؤيده دستور جمهورية إندونيسيا فى الفترة الثانية من الحركة الإصلاحية سنة 2004.
تستهدف هذه الدراسة إلى الوصف والتحليل والمقارنة بين نظام تنصيب رئيس الدولة من وجهة نظر نظام الحكومة فى فترة عصور الإسلام القديمة و نظام دستور جمهورية إندونيسيا فى الفترة الثانية من الحركة الإصلاحية سنة 2004.
أما مناهج الدراسة التى يستخدمها الباحث فهى تحليل المحتوى والتحليل التاريخى وتحليل المقارنة. وذلك أن هذه الدراسة تركز على المباحث التى تتعلق بتطور مفهوم ونظام الدولة الإسلامية منذ العصور القديمة إلى العصور الحديثة فى القرن الحادى والعشرين.
أما المنطلقات التى يبنى عليها الباحث فى القيام بتحليل البيانات فهى النظريات المتعلقة بنظام الحكومة التى تبحث فى نظام تنصيب رئيس الدولة وهى: نظرية التيوقراطية ونظرية الدولة الدستورية ونظرية دولة مدينية ونظرية سياسة دستورية. ترى نظرية التيوقراطية أن رياسة الدولة تحت سيطرة الإلاهية؛ و ترى نظرية الدولة الدستورية أن صحة رياسة الدولة متعلقة بتناسبها مع الدستور؛ وترى نظرية دولة مدينية أن نظام تنصيب رئيس الدولة تتصور تطبيقيا فى المدينة الفاضلة؛ أما نظرية سياسة دستورية فترى أن حقيقة رياسة الدولة نوع من ولاية الإمامة التى ترتبط بمجلس أهل الحال والعقد.










ABSTRACT
Munir Subarman (2010): The Concept of Appointing Head of State of Al-Mawardi and Ibn Khaldun: Its Relevance  with Presidential Election in Indonesia.

The concept of head of state designation as a part of civics law has been developing significantly since classical Islam to the modern Islam. Conceptually, it was formulated in the first decades of classical Islam that, the mechanism of head of state appointment was under regulation of Ahlu al-hali wa al-‘aqdi (parliamentary institution). However, it has been changing to direct election by the people as sovereignty holder. The former, was developed by al-Mawardi and Ibn Khaldun as well as the rules of constitution of the Republic of Indonesia post reformation era. Whereas the later, was formulated in the rules of constitution of the Republic of Indonesia post reformation era of the 2nd episode, year 2004.
This study was conducted to describe, analyze and compare the concept appointing head of state in the perspective of classical Islam with the system of rules of constitution of the Republic of Indonesia from the first decades of its independence to the post reformation era of the 2nd episode, year 2004.
In this research, the writer used some research methods, for example: Content Analysis, Historical Analysis and Comparative Analysis. The use of the three research methods was mainly because this discussion focuses on the concept of statehood in Islam and the implementation of that concept in classical Islam which is related with the development of contemporary Islam of the twenty first century.
With regard to tool of analysis, the researcher employed some theories of state that are closely related to the mechanism of head of state appointment, such as the Theory of God’s Sovereignty, the Theory of Constitutional State, the Theory of Constitutional State in Medina, and the Theory of Siyasah Dusturiyah (Political Constitution). According to the  Theory of God’s Sovereignty that the true power belongs to God and that is God only deserves to appoint head of state. This means God’s command should become the regulation for state election. On the other hand, the theory of Constitutional State reveals that a head of state is legitimately elected when it was jurisdictionally abiding constitution. Moreover, the Theory of Constitutional State in Medina has shown that the mechanism of appointing head of state was implemented empirically in Medina state in the Caliphs period. Whereas the Theory of Siyasah Dusturiyah states that the existence of head of state is a part of executive authority of Imamah (a group of religious leader), and its relation with the member of  Ahlu al-hali wa al-‘aqdi, declaration and people’s consensus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...