Rabu, 19 Oktober 2011

Kenapa Orang Yang Sakit Cepat Meninggal?


Oleh : Abu Aisyah


 Anda yang pernah merasakan sakit tentu pernah berfikir bahwa ternyata kematian itu begitu dekat ketika kita sedang merasakan sakit. Hanya permasalahannya benarkah kematian itu memang dekat dengan mereka yang sedang sakit? Kalau ngomongin tentang kematian sih kita emang kudu yakin kalau yang namanya ajal itu sudah ada yang ngatur, tapi khan ada hukum sebab-akibat alias setiap segala sesuatu ada sebabnya. Misalnya saja orang yang bodoh karena tidak mau belajar dia akan beralasan bahwa pintar itu khan takdir jadi ya kalau saya bodoh berarti itu memang takdir saya. Ucapan ini jelas gak bener, soalnya manusia juga diberikan kehendak untuk menentukan nasibnya. Lagian juga Allah ta’aa tidak akan merubah suatu kaum sampai kaum tersebut merobah apa yang ada dalam dirinya.
Yup… kalau kita hanya pasrah sama takdir kita sama dengan Jabriyah, makhluk apaan tuh? Ini adalah paham bahwa manusia itu dipaksa oleh Sang Pencipta. Maksudnya manusia hanya mengikuti takdirNya tanpa memiliki kekuatan untuk berkehendak atas dirinya. Ini jelas banget khan salahnya? Terus gimana dong yang benernya? Yang bener menurut saya sih manusia juga punya kehendak untuk berbuat namun semua itu juga tidak lepas dari kuasaNya.
Kembali ke pertanyaan awal, masih ingat khan? Kenapa Orang Sakit Lebih Cepat Meninggal? Ini sebenarnya cuman bisa dijawab sama dokter, katanya kalau orang lagi sakit tuh gerakan pada tubuhnya tidak ada sementara tubuh memerlukan gerak untuk meregangkan otot-ototnya. Ketika seseorang sakit secara otomatis otot dan seluruh syaraf dalam keadaan istirahat, nah…. Kalau hal ini beralngsung lama maka bisa jadi fungsi semua syaraf tersebut akan terganggu akibatnya ya ila liqa…. Maksudnya mudah mengalami apa yang disebut disfungsi.
Sebenarnya ana mau ngomongin saudara saya yang sakit, waktu iru karena sakitnya sudah parah ia tidak bisa bangun, hanya tidur dan tidur. Setelah beralngsung beberapa minggu ternyata ia tidak bisa BAB (Buang Air Besar), terus dokter bilang salah satu sebabnya adalah karena tidak berfungsinya otot-otot yang ada di tubuhnya sehingga tidak bisa untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Dokter itu juga bilang kalau ternyata orang yahg sakit memang besar kemungkinan lebih cepat meninggal karena organ-organ tubuhnya tidak digunakan selama sakit. Sama juga seperti orang yang tidur, kalau dia tidur terus bisa jadi lama-lama bisa is death.
So kita jadi ingat sama kisah ashabul kahfi yang tertidur di gowa selama lebih dari Sembilan tahun tapi tubuh mereka tidak membusuk dan tidak mati, tahu rahasinya? Coba deh baca surat Al-Kahfi dijamin ditemukan jawabannya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...