Kamis, 09 Februari 2023

Cara Mengatasi “Baper”

By: https://chat.openai.com/

 


"Baper" adalah singkatan dari kata "terbawa perasaan". Baper sering terjadi ketika seseorang merasa sangat terlibat dan terpengaruh oleh perasaan dan situasi tertentu. Beberapa cara untuk mengatasi baper adalah:

1. Berkendara dari perasaan: berfokus pada hal-hal positif dan mencoba untuk memandang situasi dari sudut pandang yang berbeda.

2. Berbicara dengan teman atau keluarga: berbicara dengan orang yang dapat dipercayai tentang perasaan dan situasi yang sedang dialami dapat membantu mengatasi baper.

3. Melakukan kegiatan yang menyenangkan: melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti berkumpul dengan teman, membaca, atau berolahraga, dapat membantu memecahkan fokus dan mengatasi perasaan negatif.

4. Berkendara dari situasi: mencoba untuk menghindari situasi atau perasaan yang memicu baper dapat membantu mengatasi baper.

5. Bermeditasi atau berlatih relaksasi: bermeditasi atau berlatih relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran dan memperbaiki mood.

Ingatlah bahwa baper adalah perasaan yang sementara dan dapat dikendalikan dengan mengambil tindakan yang tepat dan dukungan dari orang terdekat.

 

Catatan by Misno

Baper sebagai sifat dari manusia memang tidak bisa dihindari, khususnya mereka yang memiliki sifat lembut dan sensitif. Tidak selamanya baper itu negatif, banyak juga sisi positif yang menunjukan lembutnya hati seseorang.

Islam memandang bahwa boleh saja baper, tetapi tidak sampai kepada hal-hal yang melanggar agama, misalnya menangis dibolehkan karena ditinggal meninggal orang-orang terdekat. Hal yang tidak boleh adalah jika berduka secara berlebih-lebihan dengan menangis meraung-raung, memudharatkan diri hanya karena ada keluarga dekat yang meninggal. Demikian pula baper ketika membaca al-Qur’an atau mengetahui kebenaran sehingga dia menangis maka itu diperbolehkan.

Baper yang tidak diperbolehkan adalah ketika mengakibatkan dia terus berduka sehingga memudharatkan dirinya sendiri, demikian pula ketika kemudian melakukan hal-hal yang diharamkan dalam Islam karena baper-nya. Wallahua’lam, 09022023. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...