Selasa, 14 Maret 2023

Cerpenomic 001: Ibnu Muhammad dan Perjuangan Terbebas dari Riba

Oleh: MISNOMIC

 


Ibnu Muhammad adalah seorang laki-laki yang tinggal di kota Bogor. Sejak kecil, dia telah diajarkan tentang keburukan riba dalam Islam dan bagaimana riba dapat menghancurkan hidup seseorang. Namun, saat dia dewasa, Ibnu Muhammad mulai terjebak dalam masalah riba.

Ibnu Muhammad bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan besar di Bogor. Dia memiliki gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi dia juga memiliki hutang yang menumpuk. Dia mengambil pinjaman dari bank untuk membayar biaya kuliah adiknya dan untuk memperbaiki rumah keluarganya yang rusak.

Namun, setiap bulannya, dia harus membayar bunga yang tinggi untuk pinjaman tersebut. Meskipun dia sudah berusaha untuk membayar hutangnya, tetapi bunga yang semakin bertambah setiap bulannya membuat hutangnya semakin sulit untuk dilunasi. Ibnu Muhammad merasa terjebak dalam lingkaran hutang yang tidak ada ujungnya.

Ibnu Muhammad mulai merenungkan kembali ajaran Islam tentang riba. Dia tahu bahwa riba diharamkan dalam Islam dan bahwa seseorang yang terjebak dalam riba harus berjuang untuk keluar dari lingkaran hutang tersebut. Dia memutuskan untuk mengubah hidupnya dan memulai perjuangan untuk terbebas dari riba.

Ibnu Muhammad mulai mengambil langkah kecil untuk membayar hutangnya. Dia mulai menabung setiap bulan dan menggunakan uang tersebut untuk membayar hutangnya. Meskipun itu membutuhkan waktu yang lama, tetapi dia tetap konsisten dalam usahanya untuk keluar dari riba.

Ibnu Muhammad juga mulai mencari sumber penghasilan tambahan untuk membayar hutangnya. Dia memulai usaha kecil-kecilan seperti menjual kue di pasar dan memperbaiki elektronik di waktu luangnya. Dia juga mulai mengurangi pengeluarannya dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu penting dan memilih menggunakan transportasi umum daripada mobil pribadinya.

Perjuangan Ibnu Muhammad tidak mudah. Ada saat-saat ketika dia merasa putus asa dan ingin menyerah. Namun, dia terus berjuang dan terus berdoa kepada Allah untuk memberinya kekuatan dan kesabaran.

Akhirnya, setelah bertahun-tahun berjuang, Ibnu Muhammad berhasil melunasi hutangnya dan terbebas dari riba. Dia merasa sangat lega dan bersyukur kepada Allah atas segala bantuan dan rahmat-Nya. Ibnu Muhammad juga merasa bangga bahwa dia telah berhasil menjalankan ajaran Islam tentang riba dan memperbaiki hidupnya.

Dalam perjuangannya untuk terbebas dari riba, Ibnu Muhammad belajar banyak tentang kesabaran, keteguhan, dan tekad yang kuat. Dia menyadari bahwa hidup tidak selalu mudah dan bahwa kita harus berjuang untuk memperbaikinya. Dalam hal ini, Islam memberikan panduan dan prinsip yang bermanfaat untuk membantu kita mengatasi tantangan hidup, termasuk tantangan yang terkait dengan masalah keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...