Jumat, 08 Juli 2011

Benteng Yang Retak : Rihlah Ilmiah Ke Kampung Adat Urug Bogor



Oleh : Abu Aisyah

Kampung Urug, sudah pernah dengar nama kampung ini? Emang ga terkenal sih…. Kalau saya bilang terkenal  mungkin karena saya suka dengan kajian sosial keagamaan saja jadi tempat ini menjadi tempat favorite yang sudah lama didambakan.
Waktu Tanya-tanya ke orang Bogor asli aja ga semua tahu, masa orang Bogor sendiri gak tahu sih….? Bener. Asli bahkan sesepuh Bogor aja ga begitu paham, paling bilangnya ya di dekat Cibedug ya…. Kalau generasi mudanya apalagi.
Kampong Urug emang ga setenar Badui di Banten atau Kampung Naga di Tasikmalaya (jangan-jangan ga tahu juga Kampung Naga?)
Sekilas Kampung urug itu adalah kawasan yang saat ini menjadi salah satu obyek wisata budaya Kabupaten Bogor. Gak ada yang istimewa di kampong ini, tapi bagi saya tempat ini adalah surge bagi pecinta kajian social keagamaan terutama berkenaan dengan kajian akulturasi budaya. Ga percaya? Yuk…. Ikuti perjalanan ke kampong Urug dengan kita…. Ko kita sih….? Iya soalnya ana ditemani sama friend Al-Ustadz Sulaeman Jajuli, MEI lengkap amat.. gak rame ah…
Keinginan untuk pergi ke kampong urug sudah lama terpendam, mendengar pertama kali dari beberapa teman yang konsen dengan dunia mistis (baca : budaya). Dilanjutkan dengan minjem majalah Hanjuang Bodas yang meliput Kampung Urug. Kok jadi cerita mulu sih? Iya deh kita lanjutkan aja perjalananya…..
Saya dulu yah… orang pertama nih….
Berangkat dari My Bait jam 06.30 udah siap dari malam dah bilang sama habibaty dan binty (paham ga?)ga apa-apa deh intinya sudah persiapan dari malam mau berangkat habis shubuh. Alhamdulillah akhirnya tercapai juga berangakat pagi-pagi dari rumah, masih ditemani Vega-R kesayangan, (soalnya gak ada lagi kendaraan yang disayang lain sih….bersyukur aja). Jalanan dari arah Ciapus ke Darmaga jam segitu masih kosong jadi bias ngebut…. Lumayan lah 60 KM/Jam. Perjalanan yang biasanya ditempuh minimal 45 menit dapat ditempuh dalam waktu 28 Menit… separoh harga (bensin maksudnya). Tepat jam 05.58 kalau gak salah lho ya  udah sampai di tempat janjian sama Pak Sule… di STAI Al-Hidayah. Tempat ini di pilih karena sudah familiar and bias nyimpen motor dengan bebas, iyyalah emang ngajar di situ….
Cobaan pertama datang….. apaan tuh….. ? yang ditunggu belum datang juga. Tapi udah biasa namanya manusia husnudzan aja… lagian janjiannya jam 06.30 jadi sabar menanti aja 30 menit. Sambil nunggu sarapan nasi uduk dulu di belakang kampus lima ribu udah ditambah ongkos bat yang ngebeliin lumayan buat ganja perut.
Sambil nunggu lihat-lihat obyek yang bias diphoto ah…. Kebetulan ada pak basri yang lagi ngebersihin masjid, ana mau cerita profil Pak basri sebenarnya, tapi kayaknya tempatnya gak di sini deh…. Entar jadi kisah pak basri dong bukan Kisah Kampung Urug….
Nih lihat Pak Basri…..
CIMG3191.JPG
Rajin khan? Gak usah nanya deh… udah jelas githu, orang sekampus juga tahu ko…. Emang perlu diabadiin nih…..mjepret… jadi deh photo kedua, mau lihat nih…..ane kasih deh semua, tapi jadi kaya www.islamicphotography.co.cc dong? Iklan dikit….
CIMG3199.JPG
Mukanya mana nih…. ? kata pak Basri kalau diphoto mukanya gak enak melanggar katanya?
Ternyata yang dinanti belum juga datang sampai jam 07.00, enam puluh menit menanti seperti satu tahun khan? Ga lah… cumin ya namanya menunggu mana ada yang sabar sih… tapi ana anggap aja perjuanga (cie…..) akhirnya jam 07.05 menit datang juga…. Ga percaya lihat aja nih gambarnya……
CIMG3203.JPG

Kok kampusnya doang sih…. Orangnya mana? Nah ini… di belakang lagi moto… masa gak lihat sih…..
Setelah jepret kiri kanan akhirnya berangkat juga deh pake mobil pak Sule, tadinya sih ana yang bawa cuman kayaknya gak enak banget bawanya akhirnya kembali ke yang punya.
Perjalanan dari Darmaga menuju kampung Urug sangat mudah, hanya ada satu jalan raya yaitu jalan raya Darmaga terus….. ke Ciampea, tahu Ciampea ga? Kalau ga pokoknya setelah Kampus IPB Darmaga, nih dia kampus IPB-nya cumin mothonya sammbil naik motor sih jadi gak jelas..
CIMG3208.JPG

Dari kampus IPB perjalanan berlanjut ke arah barat melewati Ciampea, Pasar Cikreteg, Cibungbulang dan Leuwiliang. Sebelunm sampai ke Leuwiliang ngisi bensin di Pom Bensin Cibungbulang nih dia gambarnya……
CIMG3210.JPG

Yang pakai Jaket item STAI itu Pak Sule biasa….. habis isi bensin ke hamam dulu….. hiks….hiks…. tapi enak juga ana cuman numpang doing plus isi bensin dong.

Perjalanan berlanjut lagi hingga sampai Ke Leuwiliang. Nih dia pasar Leuwiliangnya……


CIMG3213.JPG

Walaupun motonya dari motor kelihatan bagus khan? Buat yang sering lewat Leuwiliang pasti tahu kalau di seberang pasar ada Masjid At-Taqwa, nih di agambarnya :
CIMG3214.JPG

Masya Alloh, masjidnya keren euy…. Kebanggaan masyarakat leuwiliang. Dulu sekitar setahun yang lalu sempet shalat di masjid ini tapi belum sebagus ini, moga-moga aja masjidnya bagus jama’anya juga bagus.
Oke deh…. Tarik mang motor Vega-R yang ana tumpangi kembali melaju, ahu gak kenapa berhenti di depan masjid ini? Biasa cari hamam gratis……. Gak modal banget khan? Udah githu ternyata DKM masjid sekarang sudah mengantisipasi…. Apaan tuh? Iya antisipasinya adalah ketika bukan waktu shalat semua hamam dikunci, lagian dekat pasar khan? Kalau ga dikunci bias-bisa orang-orang ke masjid cuman numpang pipis doang.
Kecepatan motor cukup untuk menyalip beberapa kendaraan lain di depan, jalan yang pada awalnya bagus ternyata mulai mengalami kerusakan, lubang di kanan kiri dan di tengah jalan sudah mulai banyak ditemukan.
Dari arah Leuwiliang kami menyusuri jalan raya terus ke arah barat….. lumayan jauh juga….
Akhirnya sampai juga di pertigaan yang ke arah Gunung Pongkor yang ada PT ANTAM (Aneka Tambang githu…) kami mengambil arah kanan untuk menuju Pasar Cigudeg, dari hasil bertanya dengan seseorang yang ada di dekat pertigaan diketahui bahwa arah Kampung Urug sebelum Pasar Cigudeg belok kiri….
CIMG3217.JPG

Ini jalan yang kea rah Cigudeg…. Di kiri kana nada pohon Kelapa Sawit…. Kaya di Kalimantan perasaan… (Perasaan doang soalnya belum pernah ke sana sih…. Katanya aja…) jalannya lurus banget ya…. (ini baru Shirotol Mustaqim nih…)

Sekitar 20 menit menyusuri jalan kea rah Cigudeg akhirnya sampai juga di pertigaan yang dimaksud. Sebenarn sih bukan pertigaan asli, soalnya kayak gang kecil belok kiri gak terlalu tajam (ga sering diasah kayaknya deh….)
Sempet bertanya juga sih sama tukang ojeg yang ada di situ….
Nih dia pertigaannya , waduh ada photonya Charli lagi makan mie….. moga-moga aja gak terlalu bernyawa nih…….

Dari pertigaan ini perjalanan dilanjutkan kea rah kiri, tadi dari informan sih…. Bil


CIMG3219.JPG

angnya cuman sekitar 2-5 KM  lumayan dekat lah…..
Ternyata ….. “Sungguh Terlalu” “gaya Rhoma Irama bacanya…” Jauh banget bo….. (kebo kale) jalannya udah mulai jelek lagi…. Sukur aja pemandangan di kiri kanan jalan bisa buat menghibur…. Jepret…..nih dia hasilnya…
CIMG3227.JPG 
Indah khan? Kebangeten kalo bilang biasa aja…. Nih saya kasih lagi …..
Ini gambar pohon kelapa sawit yang masih kecil…. Kasihan bukitnya ya… gundul begitu lama lagi gondrongnya……

Setelah memakan beberapa saat perjalanan akhirnya sampai juga ke pertigaan yang menuju ke Kam


CIMG3232.JPG

pung Urug…  Alhamdulilah sampai juga…. Lega banget khan… sudah sampai tempat yang di tuju…..
Tapi oh….. no….. ternyata melewati plang situs kampong adat urug, kami disambut dengan jalan berbatu yang curam rusak parah…. Gak tega dengan motornya Pak Sule akhirnya saya mengalah turun dan berjalan…. Nih die jalannya parah banget khan?










Parang banget jalannya nih.


CIMG3289.JPG

....


CIMG3234.JPG

Perjalanan selanjutnya melewati Balai Desa Kiara pandak dan terus menuju kampung Urug….
Kampung urug berada di lembah yang dikelilingi oleh perbukitan, lokasinya seperti terhimpit oleh bukit-bukit yang berada di sekitarnya, sehingga jalan yang menuju ke sana menurun tajam…..
Setelah melewati turunan tajam terlihat di kiri kanan jalan berdiri beberapa bangunan Leuit…nulisnya bener gak ya…. Leuit adalah tempat menyimpan padi yang telah dipanen….
ker


CIMG3238.JPG

en khan? Exotic banget…. Ana paling seneng nih… yang kayak beginian….. amazing…..
tahu gak… ke kampong urug ga ada yang dituju… makanya waktu sudah sampai di sini agak bingung juga mau ketemu sama siapa. Akhirnya ana berijtihad nemuin aja Abah Ukat…. Setelah bertanya kepada beberapa warga akhirnya kami kembali menuruni jalan dan menuju imah gede…
sayangnya waktu wawancara dan ngobrol dengan Abah Ukat gak di photo… jadi cumin moto rumahnya doang… ada sih rekamannya… mau minta photo bareng nanti dibilang narsis lagi… ini rumah gede dari bawah….

Afwan salah… ini bukan imah gede


CIMG3270.JPG

ini adalah Paniisan tempat buat Abah Ukat bersemedi…. Tau gak….? (gak tau lah…) tempat ini hanya khusus buat Abah dan orang-orang tertentu,menurut penuturan abah, beliau hanya dua kali dalam setahun ke tempat ini… ngapain? Bersemedi dan berdoa kepada Sang Hyang Widi Wasa… Gusti Alloh githu…. Wuih…. Syirik banget ya……. Yah namanya juga adat… makanya nih…. Buat para da’i jangan cumin saling berantem masalah sepele…. Yang masalah kayak gini gak pernah kepikiran.
Dari Imah Gede (tau artinya khan?... Rumah Besar) kami langsung berkeliling kampong….wawancara dengan warga dan dikasih tahu tempat rumah Abah Kayot….ini dia tokoh sepuh yang ada di Kampung Urug….
Enak juga wawancara dengan Abah Kayot, orangnya humoris dan blak-blakan gak ada yang disembunyikan kami jadi akrab banget sama ngomongin hal-hal yang profane… (apaan tuh profan….?) githu deh…..

CIMG3251.JPG 
 Keren khan lagi wawancara….. gak terasa dari jam 10 sampai 11.45 wawancara ngalor-ngidul belum selesai juga, Cuma karena waktunya shalat jadi ya… kami pamitan mau mencari masjid untuk shalat. Tadinya mau shalat di dekat rumah Abah Kayot, namun kami piker lagi kenapa gak yang di dekat Imah Gede aja….. ? akhirnya ana dan pak Sule bersepakat untuk shalat di masjid dekat Imah Gede, sekalian biar ngeliat Abah Ukat Jumaat khan bias bareng.
Sayang waktu shalat tidak bias diabadikan…. Takut juga sih… di masjid gak sopan…
Shalat jumat di Kampung Urug, sangat memprihatinkan…. Hanya dua shaf plus satu shaf terisi oleh anak-anak….. (Para Da’i emang kudu ke sini nih… biar tahu keadaan mad’u) pas lagi jalan menuju ke masjid aja banyak sekali warga yang tidak shalat… kayaknya santai-santai aja tuh… gak shalat. Karena dirasa jamaah jumat tidak sampai 40 orang makanya habis shalat jumat langsung shalat dhuhur lagi…. Kasihan ya… kurang ilmu.
Saya sendiri shalat jama’ aja dengan ashar…. Setelah shalat lihat kiri kanan ternyata Abah Ukat juga gak shalat…. Kasihan ya….  
Setelah selesai shalat kami segera berkeliling kampong lagi….. melihat-lihat keadaan. Ketemau dengans eorang ibu yang lagi numbuk beras…. Sok akrab… ngobrol deh… masalah beras yang ditumbuk soalnya dulu di kampuang juga ngalamin lihat ibu numbuk beras… kira-kira tahun 80-an lah… nih dia gambarnya ….

Waduh…. Bujur nah hukul nu katingali…… kok belakangnya doang sih… iya si ibu isin (malu katanya)


CIMG3255.JPG

gaya sebenatar di depan gubugnya yang memprihatinkan.. sedih juga ya…. Sabar ya….
Selanjutnya berkeliling lagi…. Sebenarnya sih ana pengin keliling lama Cuma pak Sule ngajakin pulang tambahan kita emang belum makan siang… tadi di tempat Abah Kayot disediain makanan kecil sih… enak tau…. Di tempat Abah Ukat juga ada gorengan kerak nasi…. Hiks…. Nyesel juga ga dicobain….
Sebelum pulang kami berkeliling sebentar menatap kuburan keramat di kampung itu nih dia kuburannya….
CIMG3236.JPG

Jangan macam-macam lho…. Cukup satu macam… ini adalah kuburan bayi putra mahkota dari pendidi Kampung Urug…. Mau tahu ceritanya? Datang aja ke sana dijamin Abah Ukat akan menceritakan secara panjang lebar sejarahnya… intinya penuh dengan takhayul dan Khurafat…..
Akhirnya sebelum pulang kami berpamitan kepada Abah Ukat dan masuk ke Imah Gede nih daleman Imah Gede…..


Ada goong kur


CIMG3264.JPG

si dan meja adat dan beberapa bangku adat tradisional menarik sih…..

Karena hari semakin sore akhirnya kami bersepakat untuk kembali…… melihat kampong adat dari jauh…. Tampak ia adalah segerumbul kampong yang dulu memang sangat terisolir dari wilayah luar.. jadi jangan heran jika warganya masih memegang teguh adat mereka….ketika kami wawancara dengan Abah Ukat dan Abah Kayot… banyak sekali warga yang dating dengan membawa kemenyan, air putih dan yang lainnya untuk dimintakan doa dari keduanya… tentunya tidak lupa menyelipkan semacam tips berupa uang untuk keduanya. Banyak hal yang ana temukan di kampong ini… walaupun tidak semuanya secara garis besar dapat ditemukan adanya akulturasi Islam dan Budaya Pasundan, walaupun mereka bergelimang kesyirikan namun itu karena mereka tidak paham apa itu kesyirikan….. tugas para da’ilah seharusnya yang bias mengangkat mereka untuk menjadi manusia yang bertauhid kepada Allah ta’ala.
Kembali ke perjalanan, akhirnya kami meninggalkan kampong urug…. Awalnya kami ingin kembali melalui jalan pertama yang kami lewati…. Sempat mencegat bapak-bapak yang naik motor untuk bertanya, akhirnya kami memutuskan kembali ke jalan awal berangkat…. Namun baru sekitar 500 meter kami berubah pikiran dan mengambil jalan lain… sekalian jalan-jalan.
Ternyata di luar dugaan jalan yang kami ambil rusak parah…. Sedikit penghibur adalah suasana desa yang sangat kental….. ini buktinya…


CIMG3313.JPG




Menjemur padi di jalan…. Ndeso banget khan….. pema


CIMG3267.JPG

ndangan di kiri kanan jalan juga sangat menarik… kami benar-benar menembus gunung jalan yang rusak tidak mnyusukan kami untuk kembali melanjutkan perjalanan….. ketika melewati sebuah kampong kami mampir beli bakso dan es…. Segar…….

CIMG3321.JPG
Ini baru ana….. or saya kenal gak? Enggak juga nggak apa-apa gak rugi ko…
Sudah selesai makan mie ayam bakso langsung lanjut lagi… melewati pegunugan dengan jalan terjal dan berbatu-batu….



CIMG3325.JPG

Ini nih… yang bikin alam rusak…. Gunung digali diambil batu, tanah, pasir dan barang tambangnya tanpa memperhatikan kelestarian alam…. Jadi kesel juga ngelihat ini di atas gunung…
Gunungnya mana? Gak ada cumin bukit aja…. Nih dia…. Tinggal dan menjulang sekali khan?








Akhirnya setelah melewati banyak bukti kami sampai di sekitar tempat penambanga emas Pongkor atau lebih tepat daerah Gunug Gurandil yang terkenal dengan atmabng emasnya…. Nih dia lubang untuk menggali emasnya…..

CIMG3331.JPG
Bayangkan saudara….. masuk ke lubang sekecil itu dengan hanya berbekal satu batang kayu yang dinyalakan…. Pantas aja banyak yang is death. Allohu Akbar… semuanya karena uang dan kebtuhan hidup, mereka berani menyabung nyawa dengan alam. Banyak sekali cerita yang menyebutkan sudah ratusan orang terkubur hidup-hidup di lubang-lubang seperti ini. Bahkan ada keyakinan jika suatu lubang galian memakan kurban nyawa maka akan semakin banyak orang-orang yang menggali di sekiatarnya karena menurut mereka jika sudah memakan kurban nyawa berarti itu pertanda di sekitar situ banyak terdapat emas… Masya Alloh…. Kesyirikan luar biasa… nyawa manusia menjadi kurban.
Setelah melewati beberapa galian seperti ini akhhirnya kami sampai di jalan yang cukup bagus dan langsung meluncur menuju jalan kea rah Leuwiliang dan kembali ke rumah….
Sungguh perjalanan yang penuh dengan ibrah dan pengalaman, bagi jiwa dan juga raga….



CIMG3329.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...