Senin, 11 Juli 2011

Dengki Itu Perih Jenderal…



Oleh : Bambang Prawiro

Suatu hari…. Seorang teman yang sudah lama bergaul dengan saya mendapatkan suatu kenikmatan besar yang barangkali saya tidak bias mendapatkannya. Dari pergaulan keseharian orangnya tuh cuek banget, sok cool and other negative deh pokoknya. Nah… pas githu ternyata dalam hati ini timbul rasa gak suka sama tuh orang… semua hal negative tentang dia keluar semuanya. Ujung-ujungnya perasaan kalau dia seneng saya jadi gak seneng, kalau dia susah saya jadi seneng.
Gak usah ngelak, saya yakin semua orang pernah merasakan hal ini, anda juga? Oh… tentu tidak! Iyyalah siapa yang mau belangnya kelihatan, apalagi belang bekas perjuangan di sekolahan waktu terjatuh dari pagar. Tapi bener ko… dari beberapa pengamatan ternyata ada saja rasa dengki bin iri itu muncul dalam hati. Kalau ada orang yang gak pernah merasakannya itu berarti melebihi sahabat Nabi yang dijamin masuk surge. Iya gak?
Maksudnya adalah bahwa semua orang itu pasti (insya Allah sih….) pernah merasa senang ketika orang lain sedih, atau sebaliknya merasa sedih ketika orang lain senag? Kalau saya bilang sih ini manusiawi, cuman……. Ada cumannya nih… bukan berarti kita harus ngikutin perasaan itu.
Sama seperti maksiat lainnya, juju raja deh… tentu setiap kita akan berhasrat untuk melakukannya. Hanya iman di dada dan rahmatNya yang bikin kita gak berani plus takut and tidak mau melakukan hal itu, setuju? Harus dong…
Nah dalam masalah dengki saya rasa juga sama, ada aja deh perasaan gak suka kalau orang lain dapet nikmat, padahal bisa jadi nikmat itu cuman sedikit…. Alias seiprit. Manusiawi, Cuma gak boleh diikuti
Dengki itu perih jenderal….. bener gak? Bener banget! Yang pernah ngerasain gak suka sama seseorang pasti deh… ketemu dia aja malas banget, kalau ada jalan lain mending lewat jalan biar ga papas an sama dia, ngeliat rumahnya aja males apalagi ngeliat mukanya. Kebalikan banget khan sama seseorang yang kita sukai, nyebut namanya saja perasaan kita seneng banget, apalagi mendengar suaranya…. (khusus buat yang lagi ngerasa… jujur yaa…)
Tapi emang bener ko… saya juga gituh, maksudnya kadang perasaan itu muncul, kala jiwa sedang gak betul…
Dengki itu bener-bener perih jenderal…. Bikin kita gak enak makan, gak enak minum, gak enak kemana-mana, gak enak ketemu orangnya (takut ditagih utang kelee ya…) enggak maksudnya kalau hati kita diselimuti oleh rasa dengki kayaknya hidup itu jadi gak enak….
Nah ini…. Nih… yang saya maksud, tenryata dengki itu bikin kita gak enak sendiri, efek lainnya kalau udah dikeluarin dari mulut alias ghibah, biasanya kalau ketemu orangnya ada peraasaan tidak suka, perasaan benci, seneng kalau dia sengsara or menderita…. Jahat banget kita ya…?
Itulah manusia, nah tinggal bisa-bisanya kita untuk me-manage hawa nafsu kita, maksudnya jiwa kita agar senantiasa nyadar, ternyata gak ada manfaatnya iri bin dengki kepada orang lain, Cuma bikin kita sakit, perih dan penbuh perasaan gak suka sama orang lain. Lagian juga hal ini yang menghalangi kita masuk surga lho….ga percaya? Coba aja baca sejarah para shahabat Nabi, ternyata hati mereka itu bersih, ga ada tuh rasa suka ketika orang lain tidak suka, atau rasa tidak suka ketika orang lain suka… belibet amat ya….? Maksudnya tidak ada rasa senang ketika orang lain menderita atau tertimpa musibah atau rasa sedih ketika orang lain mendapatkan kenikmatan.
Amir Khan? Jelas khan? Syahru Khan? Salman Khan? Loh…. Kok jadi artis semua ….!
Nah dari sekarang kita belajar deh… untuk terus memperbaiki diri mentarbiyah diri bahasa kerennya Tazkiyatun Nufus  alias mensucikan jiwa kita biar dengki itu pergi tak pernah kembali…. Ingat Dengki Itu Perih Jenderal…..    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...