Rabu, 02 Desember 2015

Mapay Laratan Sajarah Pakuan Pajajaran


Buku dijual: Rp. 40.000
Hubungi: 085885753838 

Pembaca sekalian, buku ini merupakan rangkaian dari pemikiran-pemikiran Bapak Eman Sulaeman sebagai sejarawan dan budayawan Bogor. Beliau menggali kembali khazanah sejarah Pakuan Pajajaran dalam sudut pandang budayawan. Isi artikel dalam buku ini merupakan kumpulan dari tulisan beliau yang dimuat di beberapa media baik cetak maupun elektronik. Membaca artikel-artikel beliau kita diajak memahami masa awal kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran, masa keemasan hingga masa kini.
Magnet dari Pakuan Pajajaran telah merasuk ke dalam sanubari orang Sunda, sehingga ketika muncul istilah Pakuan Pajajaran atau Siliwangi akan muncul pula kebanggaan yang tidak lagi ada saat ini. Romantisme kejayaan Pakuan Pajajaran pula yang membawa penulis buku ini menghabiskan seluruh hidupnya untuk sejarah dan kebudayaan Sunda khususnya pada bekas kerajaaan Pakuan Pajajaran yaitu Bogor.
Salah satu dari keistimewaan buku ini adalah ditulis dengan bahasa Sunda yang merupakan bahasa ibu yang saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Padahal bahasa adalah salah satu bukti eksistensi dari sebuah suku bangsa, jika bahasa hilang maka akan hilang pula suku bangsa tersebut.
Buku ini menghadirkan pemikiran-pemikiran brilian Bapak  Eman Sulaeman, sebagai sifat kepedulian beliau terhadap sejarah dan budaya Sunda yang mulai ditinggalkan oleh urang Sunda sendiri. Sebagai sebuah pemikiran tentu saja ia memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga silahkan pembaca untuk bisa mencernanya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...