Rabu, 02 Desember 2015

Naskah Carita Parahyangan


Buku Dijual
Harga: Rp. 30.000
Hubungi: 085885753838


Naskah Carita Parahyangan merupakan bagian dari naskah yang ada pada koleksi Museum Nasional Indonesia Jakarta dengan nomor register Kropak 406. Naskah ini terdiri dari 47 lembar daun lontar ukuran 21 x 3 cm, yang dalam tiap lembarna diisi tulisan 4 baris. Aksara yang digunakan dalam penulisan naskah ini adalah aksara Sunda.
Naskah ini syarat dengan nilai historis mengenai sejarah kerajaan Sunda Galuh dan Pajajaran. Dua hal penting yang tersirat di dalam naskah ini adalah gambaran konsep sebagai sarana untuk melaksanakan kekuasaan raja secara berkesinambungan serta untuk melindungi keutuhan wilayah kerajaan yang bersifat magis-religius. Hal ini tampak dalam pribadi raja yang dilegitimasi sebagai keturunan para leluhur yang dianggap suci atau dewa. Konsep lainnya adalah yang bersifat praktis sebagai sarana untuk mencapai tujuan raja.
Membaca naskah dalam buku ini kita sebagai generasi muda dituntut untuk cerdas dalam menyikkapinya. Mengambil hal-hal yang positif di dalamnya yang membuang sesuatu yang sudah usang dan ketinggalan zaman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...