Rabu, 02 Desember 2015

Naskah Bujangga Manik


Dijual: Rp. 40.000
Hubungi: 085885753838


Pembaca sekalian, buku ini merupakan rangkaian dari naskah Sunda kuno yang kami terbitkan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kebudayaan di Indonesia khususnya budaya Sunda. Hal ini kami lakukan mengingat sedikitnya referensi yang ada, selain ketidaktahuan masyarakat terhadap keberadaan naskah-naskah Sunda kuna tersebut.
Naskah Bujangga Manik atau Pujangga Manik adalah salah satu dari naskah kuna Sunda yang menceritakan mengenai perjalanan hidup seorang tohaan atau pangeran dari Keraton Pakuan di Cipakancilan, Bogor. Ia lebih memilih hidup sebagai rahib pengelana daripada menjadi penguasa. Naskah ini merekam perjalanan Bujangga Manik dua kali mengelilingi Pulau Jawa dan Bali.
Kisah perjalanan dalam naskah ini penuh dengan pengalaman spiritual pada masanya. Maka sikap paling bijak dalam menyikapi naskah ini adalah bahwa hendaknya kita sebagai generasi penerus dapat mengambil hal-hal yang baik yang bermanfaat bagi kehidupan saat ini. Misalnya sebagai manusia kita harus memahami hakikat kehidupan, mengetahui siapa diri kita, berbuat baik dengan orang lain dan senantiasa untuk melakukan yang terbaik untuk agama dan negara.
Adapun masalah-masalah yang sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman, maka biarlah ia menjadi sejarah dari bangsa ini. Kita harus berusaha untuk menjadikannya ibrah, apalagi sebagai orang beriman kita harus yakin bahwa kehidupan ini adalah milik dari Sang Pencipta, sehingga kita harus lebih banyak mendekatkan diri kepadaNya dengan cara-cara yang telah disyariatkanNya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...