Senin, 22 Agustus 2011

Setiap Langkah Ke Masjid Adalah Pahala




Ramadhan yang penuh berkah ini sudah seharusnya bagi setiap muslim untuk dioptimalkan. banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan. diantaranya adalah shalat dan I'tikaf di masjid. besar sekali pahala bagi siapa saja yang bisa memakmurkan masjid. Jangankan memakmurkannya, langkah menuju masjid saja sudah di hitung sebagai pahala, gak percaya? inilah beberapa pahala bagi setiap orang yang berjalan menuju ke masjid :  

  1. Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata: Bersabda Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam : Siapa yang pergi pada pagi hari atau sore hari ke masjid, maka Allah menyediakan untuknya hidangan di sorga tiap ia pergi baik pagi atau sore. (HR. Bukhari dan Muslim).
  2. Abu Hurairah  berkata: Bersabda Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam : Siapa yang bersuci di rumahnya kemudian berjalan ke masjid untuk menunaikan shalat fardhu, maka semua langkahnya dihitung yang satu untuk menghapus dosa dan yang kedua untuk menaikkan derajat. (HR. Muslim)
  3. Ubai bin Ka'ab, berkata: Ada seorang shahabat Anshor, tiada seorang yang saya kenal rumahnya lebih jauh daripadanya, tetapi ia tidak pernah tertinggal shalat jama'ah di masjid. Maka ia di tegur: Andaikan engkau membeli keledai untuk kendaraanmu di waktu gelap atau panas. Jawabnya: Saya tidak ingin kalau rumahku disebelah masjid, saya ingin perjalananku ke masjid dan kembaliku ke rumah keluargaku tercatat dalam amal kebaikanku. Maka bersabda Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam : "Allah telah mengumpulkan bagimu semua itu". (HR. Muslim)
  4. Jabir berkata: Sunyi beberapa tempat di sekitar masjid, maka Bani Salimah akan pindah ke dekat masjid. Kejadian ini terdengar oleh Rasulallah Shalallahu Alaihi Wasalam, maka beliau bersabda: Saya dengar kamu akan pindah ke dekat masjid? Jawab mereka: Benar, ya Rasulallah, memang kami menghendaki begitu. Maka RasulallahShalallahu Alaihi Wasalam bersabda: Hai Bani Salimah, tetaplah di kampungmu, hai Bani Salimah tetaplah di kampungmu, tercatat untuk amalmu bekas-bekas langkah kakimu itu. Berkata Bani Salimah: Karena itu kami tidak ingin pindah dari tempat kami. (HR. Muslim). Bukhari meriwayatkan yang hamper serupa dengan ini dari riwayat Anas.
  5. Abu Musa berkata: RasulallahShalallahu Alaihi Wasalam bersabda: Sesungguhnya sebesar-besar pahala manusia dalam shalat ialah yang terjauh jarak perjalanannya dan orang yang menantikan shalat untuk berjama'ah dengan imam lebih besar pahalanya dari orang yang shalat sendiri untuk segera pulang tidur. (HR. Bukhari dan Muslim)
  6. Buraidah t berkata: Bersabda Nabi r: Sampaikan berita gembira kepada mereka yang berjalan di malam gelap pergi ke masjid, bahwa untuk mereka telah disediakan cahaya yang cukup pada hari kiamat. (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)
  7. Abu Hurairah berkata: Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam bersabda: Sukakah saya tunjukkan kepadamu apa yang dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat? Jawab shahabat: Baiklah ya Rasulullah. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam bersabda: Menyempurnakan wudhu' dalam keadaan berat, banyak melangkahkan kaki ke masjid, dan menantikan shalat setelah selesai yang pertama. Maka inilah ribaath (bersiaga di garis depan), maka inilah ribaath (bersiaga di garis depan). (HR. Muslim)
  8. Abu Sa'id Al Khudriy, berkata: Rasulallah Shalallahu Alaihi Wasalam Bersabda: Jika kamu melihat seorang biasa ke masjid maka saksikanlah oleh kamu bahwa ia beriman. Sebagaimana firman Allah  ta'ala : (( Sesungguhnya yang memakmurkan masjid itu, ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...