Minggu, 16 Juni 2013

Jangan Mengharap Pasangan Kita Sempurna…

Oleh: Abu Aisyah



Saya teringat dengan sebuah kata-kata yang saya sendiri lupa sumbernya entah itu status di Facebook atau di tempat lainnya. Intinya mengenai egosime diri kita dalam menghadapi pasangan hidup. Memang kalu mau jujur selama ini kita selalu menuntut agar pasangan kita itu sempurna, setia dan bisa memahami diri kita. Padahal mereka juga adalah manusia yang memiliki perasaan yang sama dengan kita. Sehingga jika selama ini kita ingin menuntut agar pasangan kita sempurna maka sudah selayaknya terlebih dahulu kita “menyempurnakan” diri kita. Demikian juga ketika mengharapkan agar pasangan kita setia maka terlabih dahulu kita harus lebih setia.
Selain itu kita juga sering sekali menuntut banyak agar pasangan kita mengikuti keinginan kita. Sifat egois ini semestinya sudah mulai berkurang ketika umur kita semakin bertambah, kenapa? Karena pasangan kita juga manusia yang punya keinginan dan kemauan. Bisa jadi kemauan dan keinginannya tidak sama dengan kita, maka sudah selayaknya untuk senantiasa mengompromikan kesenangan kita dan kesenangan pasangan kita. Jika tidak bisa mengakomodir kedua keinginan tersebut minimal ada salah satu keinginan tersebut yang ditunda atau kita bisa mengalah untuk memberikan kesempatan kepada pasangan kita untuk “menang”
Sebenarnya kesempurnaan pasangan kita sangat dipengaruhi oleh diri kita sendiri, karena tingkal lakunya sebenarnya cerminan dari diri kita. Sebagai contoh, kita menginginkan agar pasangan hidup kita tampak cantik atau ganteng ketika di hadapan kita. Namun kita sendiri sering kali tampil cuek di depan pasangan. Kita menginginkan dia selalu tersenyum dan tidak mengeluh tentang kehidupan ini, namun kita sendiri sering sekali berkeluh kesah.
Intinya adalah bahwa pasangan hidup kita adalah cermin bagi diri kita, kalau pasangan kita ingin menjadi orang yang “baik” maka sudah selayaknya kita untuk memperbaiki diri kita terlebih dahulu. Setuju?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...