Contoh Analisis SWOT

on Senin, 03 Desember 2012
Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari “kekuatan”/strengths, “kelemahan”/weaknesses, “kesempatan”/opportunities, dan “ancaman”/threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Analisis SWOT dapat diaplikasikan dengan cara menganalisis dan memilah milah berbagai macam hal yang mempengaruhi keempat faktornya, lalu mengaplikasikannya dalam gambar matrik SWOT, dimana penerapannya adalah bagaimana kekuatan (strengths) memiliki kemampuan untuk mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, lalu bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana kekuatan (strengths) dapat menghadapai ancaman (threats) yang ada, dan yang terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang memiliki kemampuan untuk menciptakan ancaman (threats) menjadi suatu hal yang nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Berikut ini adalah beberapa contoh analisis SWOT :
1. PERENCANAAN STRATEGIS DESA
2. USAHA KOPI
3. LSM KECIL
Sebenarnya masih banyak analisis SWOT jenis lain. Masing-masing memiliki bentuk dan format yang sekilas terlihat berbeda. Tapi yang pasti adalah dalam analisis SWOT harus terdapat keempat analisa tadi.
Dengan adanya analisis SWOT ini, jelas sangat membantu dalam merencanakan sesuatu. Jadi ada baiknya untuk selalu membuat analisis SWOT apalagi untuk sebuah perencanaan besar.
Sumber : http://gicara.com/uncategorized/contoh-analisis-swot.html

0 comments:

Poskan Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...