Jumat, 05 April 2013

Pengantar Buku HRD Syariah

Sharia Human Resource Development: Dari Konsep ke Implementasi
Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah


MUKADIMAH

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan memohon pertolongan kepada-Nya, kita berlindung kepada Allah dari kejahatan jiwa kita dan kejelekan amalan kita. Barangsiapa yang Allah berikan hidayah kepadanya maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan maka tidak ada yang dapat memberinya hidayah. Aku bersaksi bahwa tiada yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah tanpa sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Semoga shalawat dan salam yang banyak selalu dilimpahkan kepada beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, ahlu baitnya, para shahabatnya dan orang-orang yang senantiasa mengikuti jejak langkahnya hingga hari kebangkitan tiba. Amma ba’du.
Dialah Allah yang telah menciptakan kita, memberi rezeki kepada kita, dan Dia tidak membiarkan kita begitu saja untuk menjalani kehidupan yang berat dan penuh ujian serta tantangan ini tanpa adanya petunjuk dan bimbingan. Dia telah mengutus kepada kita seorang Rasul dengan membawa al huda dan dien al haq sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Pedoman hidup tersebut kita sebut dengan istilah syari`at Islam atau Islam saja. Maka barangsiapa yang menaati Rasul Allah, pastilah ia masuk Surga-Nya dan barangsiapa yang menentang maka pastilah ia masuk Neraka-Nya.
Alhamdulillah, kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Ta`ala yang telah memilihkan untuk kita –umat manusia- Syariat Islam yang bersifat universal, mencakup segala urusan, baik yang berkaitan dengan masalah ibadah maupun muamalah, sehingga syariat Islam benar-benar telah sempurna tanpa adanya kekurangan sedikitpun. Hal sebagaimana difirmankan Allah Subhanahu wa Ta'ala :
ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًۭا
Pada hari ini, telah Aku sempurnakan untuk kalian agama mu, dan telah aku cukupkan atas kalian kenikmatan-Ku, dan Aku ridha Islam menjadi agama kalian". QS. Al-Maidah:3.
Patut kita syukuri pula, fakta Ilahi ini mulai disadari kembali oleh umat Islam, sehingga kini, kita mulai mendengar berbagai seruan untuk menerapkan syariat Ilahi ini dalam segala aspek kehidupan. Termasuk wujud dari kesadaran ini, yakni berdirinya berbagai lembaga-lembaga  keuangan atau perbankan  yang menyandarkan dirinya berazaskan syariat Islam. Sehingga tumbuh suburlah di negeri kita ini dan juga di negara-negara lain apa yang kita kenal dengan Lembaga-Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Tentu fenomena ini patut mendapatkan perhatian, partisipasi dan dukungan dari kita, agar laju perkembangan dan langkahnya tetap lurus sebagaimana yang digariskan syariat Islam. Selain itu perlu adanya kritik konstruktif bagi perbaikan-perbaikan yang akan menjadikannya semakin diminati oleh manusia dan diridhai oleh Sang Pencipta. 
Pengembangan sumberdaya manusia khususnya bagi institusi yang berbasis syariah makin lama makin menjadi sebuah kebutuhan, hal ini disebabkan oleh lajunya perkembangan industri yang berbasis syariah khususnya pada industri lembaga keuangan. Selain itu kesadaran dari segenap pengusaha muslim yang menghendaki operasionalisasi usahanya termasuk dalam hal ini pengelolaan manajemen sumberdaya manusia yang berbasis pada nilai-nilai syariah menjadi kebutuhan yang dari waktu ke waktu semakin meningkat.
Sementara para pegiat maupun praktisi ekonomi syariah senantiasa mencoba untuk melakukan yang terbaik dengan mengadopsi berbagai sumber referensi yang berkenaan dengan manajemen sumber daya manusia dengan mencoba memadukan antara konsep-konsep “Barat” dengan konsep Islam. Teori manajemen dari barat dieksplorasi dan diambil yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan tidak bertentangan dengannya, sementara dari sumber Islam digali kembali khazanah peradaban Islam terutama yang berkenaan dengan manajemen dan pengaturan sumber daya manusia yang dipraktekan oleh Rasulullah dan generasi setelahnya. Dari dua sumber ini terjadi sebuah akulturasi yang membentuk satu model manajemen yang unik dan menarik hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi sebuah ”bias” atau deviasi tersendiri dari system manajemen tersebut.
Untuk itu sebuah kajian yang komprehensif yang didasarkan kepada sumber keilmuan Islam dengan menggali contoh-contoh yang telah dilaksanakan oleh generasi terbaik ummat ini yakni generasi salafushalih menjadi sebuah keniscayaan apabila kita ingin menjadikan pengembangan sumberdaya manusia saat ini yang notabene adalah pelaku-pelaku dari bagian sistem syariah dalam hal ini ekonomi syariah, akan menjadi sesuatu tantangan dan sekaligus peluang untuk tampil ke depan tanpa harus dibayang-bayangi konsep manajemen sumberdaya manusia ala “Barat”. Dengan menggali turats peradaban Islam didapati ternyata praktek manajemen sumber daya manusia juga telah dipraktekan oleh Rasulullah dan para shahabatnya. Misalnya saja bagaimana Rasulullah memilih Muadz bin Jabbal untuk menjadi seorang petugas Zakat di Yaman, keputusan beliau bukan didasarkan pada senioritas namun lebih kepada sikap profesional dalam memilih seorang petugas zakat.
Buku ini akan mencoba untuk menampilkan sisi “konsepsi” HR Syariah yang memang digali dari sumber-sumber aslinya yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah serta aplikasi dari para pendahulu umat Islam yang shalih. Selain itu, buku ini juga semakin istimewa karena ditulis oleh Ulama yang Ahli dibidangnya dan berdasarkan pengalaman dari para penulisnya yang telah bergerak hampir lebih dari 15 tahun sebagai praktisi HR Syariah di salah satu lembaga keuangan syariah di negeri ini. Akhirul kalam semoga kehadiran buku ini akan memberikan sumbangsih positif bagi perkembangan perekonomian Islam di Indonesia dan secara khusus memberikan manfaat kepada para pelaku ekonomi syariah dan juga bermanfaat bagi seluruh umat Islam. 

2 komentar:

  1. salam,,,
    boleh saya tau kapan terbit na?? atau ada referensi lain nya tentang HRD menurut Islam atau yang mendekati dengan buku ini,,, dikarenakan saya memerlukannya sebagai referensi saya dalam menulis kajian

    BalasHapus
  2. Assalamu alaikum.mohon maaf mengenai pemesanan buku ini bagaimana ya min? Soalnya stok di gramedia lg kosong? Terima kaaih

    BalasHapus

Please Uktub Your Ro'yi Here...