Senin, 28 Mei 2012

Bekal Ramadhan...






Keutamaan Puasa:
1.      Allah sendiri yang akan menyerahkan pahala puasa
Nabi SAW bersabda, "Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 'Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai –Yakni dari neraka atau kemaksiatan– maka jika pada hari ….. salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah ia berkata-kata yang kotor atau keras (teriak-teriak), jika ada orang yang mencacinya atau mengajaknya berkelahi hendaknya ia berkata, 'saya sedang berpuasa'. Dan demi Zat yang jiwa Muhammad ada ditangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi." (HR. Bukhari Muslim).

Saudaraku…. jika Allah Yang Maha Kaya dan Pemurah berkenan untuk menyerahkan sendiri pahalanya, maka sungguh hal itu di luar jangkauan akal & khayal.

2.      Pahalanya dilipatkan diatas 700 kali lipat sampai dengan tak terhingga. Nabi SAW bersabda, "Setiap amal anak Adam akan dilipatgandakan balasannya, setiap kebaikan akan dibalas dengan 10 kali lipatnya sampai dengan 700 kali lipat. Allah Ta'ala berfirman, 'Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, dia meninggalkan hawa nafsunya dan makanannya karena-Ku." (HR. Muslim)

3.      Orang yang berpuasa akan mendapat dua kegembiraan.
Nabi SAW bersabda, "Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan : Kegembiraan ketika ia berbuka dan kegembiraan ketika ia bertemu dengan Tuhannya." (HR. Muslim)

4.      "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap (pahala di sisi Allah), maka diampuni baginya dosa-dosa nya yang telah lalu." (HR. Bukhari, Muslim)


Ancaman bagi orang yang tidak berpuasa Ramadhan tanpa alasan:
Nabi saw bersabda, "Ketika aku tidur, datanglah dua orang pria kemudian memegang dua tanganku, membawaku ke satu gunung terjal, keduanya berkata, "Naik". Aku katakan, "aku tidak mampu". Keduanya berkata, "kami akan memudahkanmu". Akupun naik hingga sampai ke puncak gunung itu, ketika itulah aku mendengar suara keras. Akupun bertanya, "Suara apakah ini?" mereka berkata, "ini adalah teriakan penghuni neraka". Kemudian keduanya membawaku, ketika itu aku melihat orang-orang yang digantung dengan kaki di atas, mulut mereka robek, darah mengalir dari mulut mereka. Aku bertanya, "Siapakah mereka?" keduanya menjawab, mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum tiba waktu berbuka". (HR. Nasai, Ibnu Hibban dan al Hakim, dengan sanad shahih).

Imam adz Dzahabi berkata, "Telah menjadi suatu ketetapan dikalangan kaum mu'minin bahwa orang yang meninggalkan puasa Ramadhan tanpa alas an sakit, ia lebih buruk daripada pezina dan pecandu khamer bahkan mereka meragukan keisalamannya dan menduga padanya ada kezindikan (atheisme)".

Rukun-Rukun Puasa
  1. Niat berpuasa (cukup di dalam hati saja, tidak perlu dilafadzkan)
  2. menahan diri dari semua yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa
  1. Makan dan minum dengan sengaja, jika terlupa dimaafkan.
  2. bersetubuh di siang hari puasa
  3. haidh atau nifas
  4. sengaja muntah. Jika tanpa sengaja tidak membatalkan.

Adab-adab dan sunnah-sunnah puasa
  1. mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka.
  2. seorang yang sedang puasa wajib menahan mulut, mata dan telinganya dari apa-apa yang diharamkan oleh Allah swt, jika tidak maka sia-sialah puasanya.
  3. dermawan dan banyak bersedekah di bulan Ramadhan
  4. memperbanyak tilawatil quran pada siang dan malam bulan Ramadhan.
  5. berdoa sebelum berbuka puasa dan dengan kurma.
  6. beribadah dengan sungguh-sungguh pada 10 (sepuluh) malam terakhir bulan Ramadhan dengan harapan dapat meraih lailatul qadar.
  7. banyak berdoa disaat puasa.

Beberapa kekeliruan dan pelanggaran dalam menjalankan puasa
  1. begadang dimalam-malam Ramadhan di depan tv, mengobrol, main kartu, dll.
  2. berpuasa tapi dengan meninggalkan shalat. Ketahuilah …… orang yang meningalkan shalat maka ia telah kafir dan tidak berguna puasanya.
  3. terlambat shalat subuh atau tidak shalat berjama'ah di masjid (khusus bagi laki-laki).
  4. wanita yang berpuasa namun keluar dari rumahnya tanpa menutup aurat atau dengan pakaian yang ketat.
  5. berlebihan dalam makan sahur atau berbuka
  6. tidak menjaga mulut dari kata-kata dusta, ghibah (menggunjing), begitu juga dengan mata dan telinga, dsb.
  7. mengabaikan atau malas shalat tarawih.

Saudaraku …….. jagalah puasamu agar tidak sia-sia dan hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Raihlah rahmat Allah swt dan limpahan karuniaNya yang sangat banyak di bulan al quran ini. Jagalah adab-adab puasa agar engkau bergembira disaat bersua dengan Tuhanmu pada hari kiamat kelak, dimana Dia sendiri yang akan berkenan untuk membalas pahala puasa. Berharaplah agar engkau mendapatkan syafa'at dari puasamu dan disertai untuk masuk ke surga Tuhanmu yang seluas langit dan bumi dari pintu Ar Rayyan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...