Minggu, 06 Mei 2012

Menulis Artikel di Jurnal Ilmiah, Siapa Takut?


Oleh : Albiner Siagian

Surat Direktur Jenderal Perguruan Tinggi bernomor 152/E/T/2012 yang ditujukan kepada semua perguruan tinggi di Indonesia terus menuai perdebatan. Ada yang mendukung, tetapi tak sedikit pula yang menolak. Isi surat itu adalah syarat lulus bagi mahasiswa perguruan tinggi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Setiap mahasiswa wajib memublikasikan karya ilmiahnya di jurnal ilmiah sebelum mereka menyelesaikan studinya. Keputusan ini berlaku untuk kelulusan setelah Agustus 2012. Untuk lulus jenjang sarjana (S1), mahasiswa harus terlebih dahulu menulis di jurnal ilmiah. Untuk ini, syarat jurnalnya boleh yang belum terakreditasi. Sementara itu, untuk dapat menyelesaikan program magister (S2) dan program doktor (S3), mahasiswa harus menulis artikel, masing-masing, di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
Tak pelak lagi, kebijakan itu menjadi topik hangat di media dan jejaring sosial. Berita itu cepat beredar. Rubrik Harian Analisa beberapa kali memuat opini tentang kebijakan pendidikan yang dianggap terburu-buru itu.
Pengamatan saya terhadap respons mahasiswa dan kalangan perguruan tinggi atas keputusan ini menunjukkan mereka umumnya terkejut. Ada suasana kecemasan yang terasa. Keadaan ini cukup beralasan. Menulis, apalagi di jurnal ilmiah, adalah hal yang masih asing bagi mahasiswa. Kesulitan lain akan muncul ketika membayangkan banyaknya mahasiswa yang akan tamat tidak sebanding dengan banyaknya jurnal ilmiah yang tersedia. Bisa-bisa, kebijakan ini menjadi sumbat di ujung keran kelulusan perguruan tinggi.

Jurnal dan Artikel Ilmiah
Jurnal ilmiah adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri yang berisi artikel ilmiah. Artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal ilmiah membahas topik yang sebidang. Oleh karena itu, penulis dan pembaca jurnal ilmiah umumnya berasal dari bidang ilmu atau profesi yang sama. Jurnal ilmiah dapat terbit, misalnya, setiap bulan, setiap tiga bulan, atau setiap 12 bulan.
Sementara itu, artikel ilmiah adalah tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan bagi masyarakat ilmiah tertentu, yang merupakan audiens khusus dengan tujuan menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan diperdebatkan, baik secara lisan ataupun tulisan.
Ada beberapa bentuk artikel ilmiah, yaitu artikel asli (original paper), artikel tinjauan (review articles), laporan kasus (case report), catatan penelitian (research note), dan surat pembaca (letter to the editor).
Artikel asli adalah tulisan yang berasal dari hasil penelitian penulis, sementara artikel tinjauan adalah tulisan yang membahas berbagai artikel ilmiah yang memuat topik yang sama yang sudah diterbitkan di jurnal ilmiah. Laporan kasus adalah tulisan yang memuat kasus tertentu. Laporan kasus banyak ditemui pada artikel kedokteran atau kesehatan. Catatan penelitian merupakan laporan ringkas tentang penelitian yang secara ilmiah sangat penting untuk segera dipublikasikan. Akhirnya, surat pembaca merupakan komentar atau kritik terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Surat pembaca ini dapat ditanggapi oleh pembaca yang lain, kemudian ditanggapi kembali oleh penulis.

Tak Perlu Dicemaskan
Terlepas dari motif dibalik terbitnya surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi tersebut, menurut saya keputusan itu patut didukung. Mengapa? Untuk pembaca ketahui, untuk urusan tulis-menulis ini, ilmuwan dan peneliti Indonesia masih tertinggal dari ilmuwan dan peneliti dari negara lain, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
Survei yang dilakukan oleh Scientific American pada tahun 1994 menunjukkan bahwa kontribusi ilmuwan Indonesia pada khasanah pengembangan ilmu pengetahuan tiap tahunnya hanyalah sekitar 0.012%. Bandingkan dengan Singapura (0.179%) dan Amerika Serikat (20%)! Penilaian ini didasarkan oleh banyaknya karya tulis ilmiah peneliti dan ilmuwan kita yang dipublikasikan dalam pelbagai jurnal ilmiah dan karenanya dapat diacu oleh ilmuwan lain dari seantero dunia. Atas dasar itu, kontribusi ilmuwan Indonesia untuk perkembangan khasanah ilmiah dunia diistilahkan sebagai lost science in the third world.
Untuk memperbaiki keadaan ini, itu memerlukan kebijakan yang radikal. Menganjurkan mahasiswa, dosen, peneliti untuk memublikasikan karya ilmiahnya ternyata tidak cukup ampuh mendongkrak publikasi ilmiah di Indonesia. Padahal ada ribuan, bahkan ratusan ribu, karya ilmiah yang dihasilkan setiap tahunnya yang layak diterbitkan di jurnal ilmiah. Fakta ini adalah sebuah ironi dalam dunia akademis kita.

Mahasiswa tidak perlu terlalu cemas secara berlebihan untuk merespons kebijakan ini. Seperti kita ketahui bersama, sebelum mahasiswa menyelesaikan studinya di perguruan tinggi, mereka diwajibkan melakukan penelitian dan menuliskannya dalam bentuk skripsi (S1), tesis (S2), dan disertasi (S3). Ketika sudah menyelesaikannya, mereka tinggal selangkah lagi menuju jurnal ilmiah. Format skripsi, tesis, dan disertasi tidak jauh berbeda dari format artikel ilmiah di jurnal ilmiah. Semua persyaratan artikel ilmiah ada pada skripsi, tesis, dan disertasi. Bahkan, sebuah tesis atau disertasi dapat dituliskan menjadi dua atau tiga artikel ilmiah. Yang perlu dilakukan adalah meringkas skripsi, tesis, atau disertasi lalu mengirimkannya ke jurnal ilmiah yang sesuai. Jangan lupa mengikuti pedoman penulisan pada jurnal yang bersangkutan, karena setiap jurnal ilmiah punya gaya dan aturan sendiri-sendiri. Setelah itu, tinggal menunggu konfirmasi dari redaksi. Mudah, kan?
Pengalaman saya sebagai pengelola dan penyunting jurnal ilmiah menunjukkan bahwa rendahnya kuantitas dan kualitas artikel ilmiah lebih disebabkan oleh keengganan mahasiswa, dosen, dan peneliti mengirimkan karya ilmiahnya ke jurnal ilmiah. Ada kalanya, pengelola jurnal ilmiah kesulitan mendapatkan artikel untuk diterbitkan. Penyebab klasiknya adalah malas, merasa kurang penting, sulit, atau kurang percaya diri. Sekali lagi saya tegaskan, menulis artikel ilmiah di jurnal ilmiah itu mudah. Itu jauh lebih mudah daripada menulis artikel ilmiah populer di media massa, seperti surat kabar.
Persoalannya sekarang adalah terbatasnya jurnal ilmiah yang tersedia. Jumlah jurnal ilmiah yang terakreditasi, misalnya, hanya tinggal hitungan puluhan saja di Indonesia. Jumlah jurnal ilmiah Indonesia yang bertaraf internasional pun masih sangat sedikit. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengetatkan persyaratan bagi akreditasi jurnal ilmiah yang mengakibatkan ratusan jurnal ilmiah menjadi tidak terakreditasi terkesan bertolakbelakang dengan kebijakan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi ini.
Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu mengambil kebijakan strategis untuk membangkitkan kembali jurnal ilmiah di perguruan tinggi dan lembaga atau pusat penelitian untuk mendukung kebijakan persyaratan lulus bagi mahasiswa tersebut. ***  Sumber : http://www.analisadaily.com

31 komentar:

  1. Sama-sama, mari kita terus meningkatkan kualitas keilmuan....

    BalasHapus
  2. System Mechanic is the essential PC performance package that helps you automatically fix and speed up your PC. System Mechanic is the most effective way to restore and maintain maximum PC speed and stability. system mechanic To install the most current version of System Mechanic Ultimate Defense, download the System Mechanic download manager via your internet

    BalasHapus
  3. RECOVER is the perfect companion to our award-winning desktop application. The combination recovers your accidentally deleted data on your iPhone, iPad, and iPod Touch. Apple ID RECOVER provides the easiest way to back up and restore your contacts on your iPhone.

    BalasHapus
  4. McAfee inception with Mcafee antivirus gives all-mcafee.com/activate around protection blocking all the bothersome perils, malware disease which can hurt your PC.

    BalasHapus
  5. We provide help for issues like Hulu Plus not working, Hulu activation code & account settings. hulu.com/activate for more about how to sign in to www Hulu com & manage devices click hulu activate here

    BalasHapus
  6. Learn how to link the Roku player to your TV using. Enter the Roku activation code which displays on your TV screen in roku.com/link page

    BalasHapus
  7. Roku works by downloading video from the web, you at that point watch on your TV. The video isn't spared as it's viewed while Roku downloads or "streams" the video. Applications or "stations" are programs you load onto your Roku gadget that give you different films and TV appears. roku.com/link This works a lot of like introducing applications on a cell phone or tablet.

    BalasHapus
  8. If you want to protect all the important data files as well as laptops to get damaged may download mcafee.com/activate for your protection.

    BalasHapus
  9. Norton web security is commonly used antivirus gives the least requesting to use and most intutive affirmation for your PC and your mobiles .present it and negligence viruses,spyware,root-units - , Download norton 360 hackers. norton.com/setup for more nuances visit.

    BalasHapus
  10. Activate your product. Activation normally occurs when you install your software, but if it hasn't, you can activate at any time. 1 Right-click the McAfee icon in your taskbar. mcafee.com/activate 2 From the menu, select Activate

    BalasHapus
  11. A progressing Microsoft statement gives some comprehension of how the association designs the landing of new Office 365 ProPlus features. office.com/setup Microsoft uses the equivalent "channels" language for MS Office 365 ProPlus incorporates revives as it does with Windows 10 feature invigorates.

    BalasHapus
  12. Norton help to verify your devices against antiviruses and help to progress and keep up your information from compitetior. Present norton in your pc norton.com/setup click here for nuances.

    BalasHapus
  13. For extra help setting up your Roku gadget, visit the Setup and Troubleshooting area of the Roku activation. roku.com/link Complete the on-screen guidelines to associate your Roku gadget to the web.

    BalasHapus
  14. Download McAfee from and McAfee antivirus install.mcafee.com/activate after installation, you can follow steps for McAfee product download with activation code menu to activate McAfee.

    BalasHapus
  15. To protect your device from being damaged and hacked mcafee.com/activate
    ] user is advised to use mcafee antivirus. Get started with mcafee today at mcafee.com/activate.

    BalasHapus
  16. Visit avg.com/retail and enter avg retail activation code to install and activate your avg antivirus software instantly

    BalasHapus
  17. If you are getting trouble in your hulu activation code Then you are at the best we will give you a complete guide of setup ing your Hulu Device instantly with out any trouble. hulu.com/activateclick hulu activate here.

    BalasHapus
  18. webroot cyber security is a ultimate internet security suite for complete protection against today's diverse range of threat on windows. key features are 100% secure secure shopping, 1 click virus scanning, malicious website filtering, unblock antivirus.if you want to install it then webroot.com/safevisit our site:

    BalasHapus
  19. Roku provides the simplest way to stream entertainment to your TV. roku.com/link On your terms. With thousands of available channels to choose from.

    BalasHapus
  20. To protect your device from being damaged and hacked mcafee.com/activate user is advised to use mcafee antivirus. Get started with mcafee today at mcafee.com/activate.

    BalasHapus
  21. Norton web security is commonly used antivirus gives the least requesting to use and most intutive affirmation for your PC and norton.com/setup your mobiles .present it and negligence viruses,spyware,root-units - , Download norton 360 hackers.for more nuances visit.

    BalasHapus
  22. Collaborate for free with online versions of Microsoft Word, PowerPoint, Excel, and OneNote. office.com/setup Save documents, spreadsheets, and presentations online, in OneDrive.

    BalasHapus
  23. McAfee's indestructible shied makes sure that your computer always remains safe and secure no matter at what site you are browsing. mcafee.com/activateIt also offers an ultimate and reliable shield against malicious or suspicious emails that contain links to unsafe websites.

    BalasHapus
  24. To activate office setup you need to visit office.com/setup where you can find what all you can do on office setup.

    BalasHapus
  25. Activating the McAfee via mcafee.com/activate could be the one-stop solution to all the security concern. mcafee.com/activate  McAfee is a renowned and trusted American based MNC which is popular for producing the antivirus software to protect the device against the online attacks.

    BalasHapus
  26. office Remote turns your phone into a smart remote that interacts with Microsoft Office on your PC. office.com/setup The app lets you control Word, Excel, and PowerPo int from across the room, so you can walk around freely during presentations.

    BalasHapus
  27. Antivirus programming, for example, Webroot SecureAnywhere Antivirus baffles malware in two or three different ways. webroot.com/safe install webroot with key code It filters information and squares infections that it recognizes. What's more, it evacuates malware that is as of now held up in a PC.

    BalasHapus
  28. Hulu centers principally around gushing more current TV shows and its very own unique substance over films or documentaries and offers month to month membership hulu.com/activate levels (more on this underneath) to tweak your survey involvement.

    BalasHapus
  29. Enter 25 digit activation code is necessary to activate mcafee.com/activate  McAfee is an antivirus software that helps you protect your device and personal / important information or data from Threats, Viruses, Malware, Trojans, and so on.

    BalasHapus

  30. Roku is a streaming device, which provides the simplest way to stream entertainment channel to your TV. On your terms. You can access more than 500000+ movies and TV episodes across free and pay on Roku.

    roku.com/link

    BalasHapus

Please Uktub Your Ro'yi Here...