والأصل في عاداتنا الإباحة حتى يجيء
صارف الإباحة
Wal aslu fi 'aadaatinal ibaahatu
hatta yajii a sooriful ibahati
Artinya : dan hukum asal dalam
kebiasaan ( adat istiadat ) adalah boleh saja sampai ada dalil yang memalingkan
dari hukum asal.
هذه
القاعدة من القواعد المندرجة تحت قاعدة "اليقين لا يزال بالشك". والمراد
بالعادات: ما لا يتقرب به الإنسان، ويتعبد به. ويراد بالإباحة: الإذن في فعل
الشيء، وفي تركه.
ويدل على هذه القاعدة -أن الأصل في العادات الإباحة- عدد من النصوص الشرعية، منها قول الله - عز وجل - { هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا } (سورة البقرة آية : 29)
ويدل على هذه القاعدة -أن الأصل في العادات الإباحة- عدد من النصوص الشرعية، منها قول الله - عز وجل - { هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا } (سورة البقرة آية : 29)
Kaidah ini termasuk dalam ruang
lingkup pembahasan kaidah "hal yang pasti
diyakini tidak gugur dengan keraguan ( "اليقين لا يزال بالشك")
Adapun yang dimaksud dengan kebiasaan
((العادات adalah: apa saya yang dilakukan
seorang hamba dalam kehidupan sehari-hari
bukan untuk mendekatkan diri
kepada Allah dan bukan merupakan ibadah, dalam syarahnya as syeikh ubaid al
jabiri dikatakan ((العادات jamak dari kata: عادة
adapun maknanya : ما اعتاده الناس
apa saja yang biasa di kerjakan dan dilakukan
oleh manusia, dan setiap kaum, kabilah, masyarakat dan negara memiliki adat dan
kebiasaan yang berbeda, dan hukum asal dari kebiasaan adat istiadat adalah
boleh selama tidak menyelisihi hukum syar'ii, (pent.) adapun yang dimaksud
dengan boleh ( الإباحة) adalah: boleh mengerjakannya ataupun meninggalkannya.
Adapun dalil dari kaidah ini adalah
beberapa nash-nash syar'ii diantaranya
Dalil dari al qur'an
Firman Allah ta'ala :
{ هُوَ
الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا } (سورة البقرة آية : 29)
“Dia-lah Allah, yang menjadikan
segala yang ada di bumi untuk kamu.”(QS Al-Baqarah : 29 )
Firman Allah ta'ala :
هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ
الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ (15)
“Dialah
yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, Maka berjalanlah di segala penjurunya
dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya.” (QS Al-Mulk : 15)
Firman
Allah ta'ala:
قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِينَةَ اللَّهِ
الَّتِي أَخْرَجَ لِعِبَادِهِ وَالطَّيِّبَاتِ مِنَ الرِّزْقِ
Katakanlah:
"Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang Telah
dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan)
rezki yang baik (QS Al-A'raf : 32). dari ayat ini kita dapat mengambil faedah
bahwasanya hukum asal perhiasan serta apa saya yang Allah anugerahkan buat
hambanya adalah boleh dan halal.
Dalil
dari As Ssunnah
الحلال ما احله الله و الحرام ما
حرمه الله وما سكت عنه فهو عفو ( حديث
رواه ابو داود في كتاب الاطعمة باب ما لم
يذكر تحريمه حديث رقم : 3800 و قال الشيح الألباني : صحيح الأسناد )
"Sesuatu
yang halal itu adalah apa yang dihalalkan Allah dan sesuatu yang haram apa-apa
yang diharamkan Allah, adapun sesuatu yang didiamkan-Nya adakah dimaafkan (HR
Abu Dawud kitab Al Ath'imah bab: Apa Saja yang Tidak Disebutkan Pengharamanya
hadist no : 3800 dan berkata As-Syeikh Al-Albani: shahih sanadnya)
وهذه القاعدة كما تنفي التحريم تنفي
الوجوب أيضا، فالعادات الأصل فيها أنها مباحة، ليست بواجبة، وليست بمحرمة؛ لأن صرف
الإباحة قد يكون بدليل يطلب الفعل، وقد يكون بدليل يطلب ترك الفعل، ومن الأدلة على
هذه القاعدة قول النبي - صلى الله عليه وسلم - " إن من أعظم المسلمين جُرما
من سأل عن شيء لم يحرم، فحرم من أجل مسألته " كما في الصحيح،
Dalam
kaidah ini menunjukkan tidak adanya keharaman atau larangan maka menunjukkan
pula tidak adanya perintah wajib untuk melakukannya, karena semua kebiasaan
manusia adalah boleh-boleh saja dilakukan, dan tidak wajib dan tidak pula haram
dan ataupun dilarang, adapun yang memalingkan dari hukum asalnya ada kalanya
dalil tersebut merupakan perintah untuk
mengerjakan, dan ada kalanya dalil tersebut merupakan larangan untuk
mengerjakannya, dan termasuk dalil dari masalah ini adalah sabda rasulullah:
"Sesungguhnya paling besar dosanya seorang muslim adalah orang yang
bertanya sesuatu yang tidak ada pengharamannya, kemudian dia mengharamkanya
karena demi suatu masalahnya." Sebagaimana dalam kitab shahih.
وقول
المؤلف هنا: "حتى يجيء صارف الإباحة" يعني: إذا ورد دليل من الشارع يدل
على: أن العادة ليست مباحة، وإنما هي محرمة، فإنه يعمل بهذا الدليل، ولا يعمل
بقاعدة "الأصل في العادات الإباحة". وهذا يدلنا على أن الشريعة قد شملت
جميع أفعال العباد بالأحكام . وليست الشريعة خاصة بالمساجد -بدور العبادة-
وبالعبادات فقط، بل الشريعة شاملة عامة، تشمل جميع أفعال المكلفين، سواء ما كان
منها عادة، أو ما كان عبادة، وهذا من فضل الله - عز وجل - علينا بهذه الشريعة.
Adapun makna sampai ada dalil yang
memalingkan hukum asalnya yang mubah
( ("حتى
يجيء صارف الإباحة" adalah : jika ada suatu dalil
syar'ii yang menunjukkan bahwasanya kebiasaan tersebut adalah dilarang maka
kita mengamalkan dalil tersebut, dan tidak mengamalkan kaidah ini.
"الأصل في العادات الإباحة" dan
ini menunjukkan bahwasanya syari'at islam ini mencakup semua perbuatan hambanya
dan perbuatan tersebut ada hukum-hukumnya, dan bukanlah syari'at islam ini
hanya khusus berputar disekitar masjid dan hanya membahas masalah ibadah saja,
akan tetapi syari'at islam ini mencakup semua perkara secara umum, dan mencakup
semua perbuatan hambanya baik hal itu adalah adat kebiasaan ataupun masalah
ibadah, dan ini merupakan keutamaan yang Allah limpahkan kepada kita dengan
syari'atnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please Uktub Your Ro'yi Here...