Sabtu, 17 November 2012

Kata Pengantar

Kata Pengantar Ucapan Terima Kasih 

Alhamdulillah wa shalatu wa salamu ‘ala rasulillah, Syukur kepada Allah ta’ala akhirnya Laporan Penelitian Etnografi sebagai bagian dari tugas akhir Short Course Metodologi Penelitian Etnografi ini bisa diselesaikan. Perjuangan panjang yang membutuhkan pengorbanan tidak sedikit, meninggalkan bangku perkuliahan, tugas mengajar di PYIT, STAI Al-Hidayah, STEI Tazkia dan meninggalkan beberapa tugas dakwah lainnya. Lebih dari itu adalah pengorbanan untuk meninggalkan sementara orang-orang terkasih di Bogor.
Ucapan terima kasih, Jazakumullah Khairan kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan secara materiil ataupun moril, kepada :
1.    Kedua orang tua, Ayahanda Muhammad Djahri dan Ibunda Muntasiyah yang senantiasa memanjatkan doanya untuk kebaikan dan kesuksesan penulis.
2.    Separuh nyawa-ku Ummu Aisyah Mulyani dan Princess Aisyah As-Salafiyah yang telah tersita waktunya untuk bersama-sama dalam suka dan duka, semoga Allah ta’ala senantiasa memberikah hidayah-Nya.
3.    Prof. DR. Heddy Shri Ahimsa Putra, MA, M. Phill. yang telah memberikan limpahan ilmu Etnografinya sehingga membuka wacana baru tentang metode penelitian.
4.    DR. Ajid Thahir, MA, sebagai Ketua Penyelenggara Short Course Metodologi Penelitian Etnografi, terima kasih atas kesempatannya untuk mengikuti Short Course ini.  
5.    DR. R. Asep Hamdan Munawwar, M. Ag yang selalu sibuk dengan usulan dan complain dari peserta Short Course semoga mendapatkan balasan yang setimpal.
6.    Bapak Ade Suherlin selaku Kuncen Kampung Naga yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk melakukan penelitian di sana.  
7.    Kang Entang sebagai Ki Sabda Alam selaku “Guide Pribadi” yang telah memberikan pencerahan kehidupan terutama berkenaan dengan Kampung Naga.
8.    Bapak Ma’un selaku Punduh Adat Kampung Naga, Hatur Nuhun atas segala pelajaran hidupnya.
9.    Teman-teman seperjuangan peserta Short Course Metodologi Penelitian Etnografi terutama Prof. Alif Sang Inspirator dari  Kendari, Farrah The Wonder Women (semoga tetap menjadi wanita super), Thariqul Khaer Peminat Tantularisme, Bang Alhamudin Sang Perjaka Keren (semoga cepat zawwaj-nya), Cholil Ar-Rahman Sang Peneliti Dunia Malam, Fasihul Lisan Ahli Tirakat Sejati, Syukron Makmun Sang Pembelajar Sejati (Semoga tetap cinta Indonesia walaupun di Eropa), Andre Sang Pemerhati Ziarah, Batmang The True Lecturer, Ardin Sang Pemilik Tanah Banten, Wahyu Sang Ahli Sejarah Islam, Istiqamah The Super Women (Jangan lupa Budaya Indonesia), Mba Ummi Sang Peneliti dan Ibu Sejati,  Mba Ulfa Sang Ahli Sejarah Amerika, Erma Sang Ibu Anggun dari Dayak Kalimantan, Ibu Sari The Librarian, Gunawan Anjar Peminat Komunitas Adat, Imam Thurmudzi Ahli Pendidikan, Puad Hasyim Sang Kyai dari Tasikmalaya, Wawan Lathif Ahli Tharekat Sejati.
Kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuannya yang tidak bias disebutkan satu per satu saya ucapkan jazakumullah khairan semoga Allah ta’ala memberikan balasan dengan balasan yang lebih baik.  Akhirnya, tak ada gading yang tak retak maka laporan penelitian ini juga masih banyak memerlukan perbaikan ke depan.   

Suryalaya, 13 Nopember 2012


Abdurrahman Misno Bambang Prawiro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...