Kamis, 22 November 2012

Pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus

Oleh : Arijulmanan

Prof. Dr. H. Mahmud Yunus merupakan salah satu tokoh sosial intelektual di Indonesia. Pemikiran beliau, karya-karyanya dan jasa-jasanya sangat berpengaruh bagi perkembangan intelektual atau kehidupan ummat Islam Indonesia.
Beliau memiliki perhatian dan komitmen yang tinggi terhadap upaya membangun, meningkatkan dan mengembangkan pendidikan agama Islam sebagai bagian integral dari system pendidikan yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang beragama Islam. Gagasan dan pemikirannya dalam bidang pendidikan secara keseluruhan bersifat strategis dan merupakan karya perintis, karena belum pernah dilakukan oleh tokoh-tokoh pendidikan Islam sebelumnya.
Beliau adalah tokoh yang aktif dan produktif dalam menulis, tidak kurang dari 49 karya tulis yang dihasilkan dalam bahasa Indonesia dan 26 karya tulis dalam bahasa Arab. Diantaranya pokok-pokok pendidikan/pengajaran (diktat umum), Metodik khusus pendidikan agama, Sejarah Pendidikan Islam  Indonesia, al-Adyan, Al-Masaail al-Fiqhiyah ‘ala Madzahib Al-Arbaah, at-Tarbiyah wa Ta’lim dan Ilmu an-Nafs.
Pemikiran-pemikirannya, meliputi:
-  dari segi tujuan pendidikan Islam, menghendaki agar lulusan pendidikan Islam tidak kalah dengan lulusan pendidikan yang belajar di sekolah-sekolah yang sudah maju, bahkan mutunya lebih baik dari sekolah-sekolah yang sudah maju tersebut dengan memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam bidang ilmu-ilmu umum, juga memiliki wawasan dan kepribadian Islam yang kuat, sehingga dapat memperoleh kabahagiaan dunia dan akhirat.
-  dari segi kurikulum, memiliki pandangan dan gagasan yang pada masa itu tergolong baru, dan untuk masa sekarang tampak masih cukup relevan untuk digunakan, berkaitan dengan pengajaran bahasa Arab yang integrated antara satu cabang dengan cabang lainnya dalam ilmu Bahasa Arab. Anak didik diberikan cabang-cabang ilmu bahasa Arab yang dipadukan dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
-  dalam bidang kelembagaan, terlihat bahwa Mahmud Yunus termasuk orang yang mempelopori perlunya mengubah system pangajaran dari corak yang invidual kepada sistem yang pengajarannya klasikal.
-  dalam bidang metode pengajaran, ia memberikan perhatian cukup besar. Ia memperkenalkan buku pegangan bagi guru-guru agama yang berisi cara mengajarkan agama yang sebaik-baiknya kepada peserta didik sesuai dengan tingkat usia dan jenjang pendidikan  yang sedang diikutinya.
Jasa-jasanya dan pengaruhnya bagi perkembangan intelektual atau kehidupan ummat Islam Indonesia, diantaranya adalah:
-  Pembaharuan Metode Pengajaran Agama Islam dan Bahasa Arab,
-  Memasukkan mata pelajaran umum ke dalam madrasah, membuat laboratorium fisika,
-  Mendirikan Pendidikan Guru Agama (PGA).
-  Memasukkan Pelajaran Agama ke Kurikulum Sekolah Pemerintah
-  Mendirikan Perguruan Tinggi Agama Islam dan merintis IAIN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...