Kamis, 03 Januari 2013

Anda Kau Tahu Dosa-dosaku

Oleh : AM Bambang Prawiro

Bisa jadi seseorang akan terkagum-kagum dengan penampilan seseorang yang begitu islami, memakai sarung, baju koko, dan peci. Atau bisa jadi ia akan mengaggap seseorang itu sholeh karena keilmuan yang dimilikinya yang terlihat dari cara dia berceramah, membaca Al-Qur’an atau tingkat pendidikan agamanya yang tinggi. Kagum, merasa seseorang lebih sholeh dan menyukai seseorang karena keimanannya adalah suatu hal yang alamiah bagi manusia, namun hal ini jangan sampai menjadikan ia lupa bahwa ternyata setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan dosa-dosa yang tidak diketahui oleh orang lain. Bisa jadi dosa orang-orang yang tampak sholeh tersebut lebih besar dan lebih banyak daripada orang-orang biasa yang tidak paham dengan agama, bahkan dalam beberapa riwayat hadits disebutkan bahwa ternyata banyak orang-orang yang tampak alim di dunia namun ternyata siksanya di akhirat lebih dahsyat dari orang biasa. Kenapa hal ini terjadi? Karena keshalihannya sering kali tidak menghalanginya untuk berbuat dosa… bagaimana dengan anda?
Tidak usahlah mencari-cari kesalahan orang lain atau bertanya kepada orang lain tentang kesalahan-kesalahannya, cukuplah kita bertanya kepada diri kita sendiri, “Sudah berapa banyak dosa yang telah kita lakukan yang tidak diketahui oleh orang lain?” Ketika saya bertanya kepada diri sendiri tentang hal ini maka akan saya jawab dengan tegas bahwa terlalu banyak dosa yang saya lakukan, hanya Allah-lah yang sanggup untuk menghitungnya. Saya sendiri merasa diri ini penuh dengan dosa dan kesalahan, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja, sehingga saya terkadang berfikir bahwa seandainya manusia mengetahui dosa-dosa saya niscaya mereka akan lari dan menjauh dari saya karena takut terkena adzab bersama karena dosa-dosa saya. Bersyukurlah Allah ta’ala Yang Maha Mengetahui tidak membeberkan dosa-dosa saya di depan umum, tentu saya akan sangat malu seandainya dosa-dosa itu dtampakan di tengah masyarakat.
Namun, bisa jadi di dunia ini kita akan selamat dari dosa-dosa tersebut karena masih ada kesempatan untuk bertaubat. Bagaimana dengan di akhirat nanti? Tidak ada yang bisa disembunyikan di sana, semua ditampakan tanpa ada satupun dosa-dosa yang terlewatkan. Jika demikian maka sudah selayaknya selagi kita di dunia ini memperbaiki diri dan memohon ampun atas semua dosa dan kesalahan yang selama ini kita lakukan, dengan ini mudah-mudahan dosa-dosa kita akan berguguran hingga kita akan menghadap kepadaNya dengan jiwa yang bersih tanpa ada dosa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...