Rabu, 27 Mei 2020

Belum Ada Judul Tulisan


Oleh: Abd Misno Mohd Djahri



Ada dua pendapat mengenai menulis; pertama mengatakan menulis itu mudah. Ungkapan ini biasanya muncul dari para motivator menulis, walaupun terkadang faktanya terkadang sulit juga. Kedua, menulis itu perlu ilmu sehingga sebelum menulis hendaknya seorang penulis memiliki ilmu yang akan menjadikan tulisan yang dihasilkan lebih berkualitas. Ungkapan ini yang kadang membuat citu para penulis pemula atau yang ingin menjadi penulis.
Kedua ungakapan itu sejatinya benar, hanya penempatannya harus disesuaikan. Bahwa menulis itu perlu ilmu itu benar adanya. Tetapi tentu saja stnadar ilmu yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kecerdasan dari penulis masing-masing. Sebuah riwayat dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wassalm yang selalu kita dengar adalah “Balighu ‘anni walau aayah (sampaikan dariku walau satu ayat”. Lagi-lagi harus bijak dalam menyikapi riwayat ini. Bahwa dakwah itu adalah sebuah keniscayaan dan ilmu adalah pra syaratnya. Tetapi ilmu yang dikmaksud adalah sesuai dengan kemampuan dari yang menyampaikan.
Ungkapan kedua bahwa menulis itu mudah adalah juga benar. Tetapi kemudahan itu perlu latihan, terus-menerus. Seperti berbicara atau ngomong, seseorang yang terus berlatih untuk berbicara akan lancar dalam mengungkapkan ide dan gagasannya. Demikian pula menulis itu mudah seperti berbicara kalau ia dilatih terus, dan terus-menerus. Jangan hanya teori, karena menulis itu adalah skills yang bisa dipelajari. Seperti berbicara harus terus dilatih, Bung Karno yang terkenal dengan pidato-pidato-nya yang menggelegar tentu diawali dengan latihan. Sehingga menulislah dan terus menulis sampai menulis itu menjadi kebiasaan yang mengasyikan.
Artikel ini judulnya “Belum Ada Judul Tulisan” karena dalam teori menulis sendiri judul itu bisa di belakang. Boleh saja membuat judul terlebih dahulu, tapi itu hanya sekadar patokan karena bisa saja ketika menulis kemudian isi dari tulisan berbeda dengan judulnya. Jadi ya nulis aja, karena kalau sudah menulis dan di tahap berikutnya ada revisi dan edit baru kita bisa memastikan judul yang tepat untuk tulisan kita. Masih bingung mulai menulis? Ya tulis aja... “Saya bingung mau menulis apa, tali judul artikel ini “Belum Ada Judul Tulisan”. Saya juga ingat tadinya mau nulis tentang motivasi menulis tapi kemudian kok lebih ke arah bagaimana posisi judul dalam sebuah tulisan. Ah... biar saja pokoknya saya mau nulis tentang tema itu”. Lanjut deh menulisnya... Keep writing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...