Kamis, 28 Mei 2020

Tulisan Anda Mengubah Dunia


Oleh: Abd Misno Mohd Djahri



Tulisan yang baik akan mampu membawa kepada pembacanya untuk merenung, menimbang dan menggerakan. Tentu saja baiknya sebuah tulisan dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya adalah penggunaan diksi yang tepat sehingga dapat dipahami dengan baik oleh pembacanya. Selain itu keselarasan antara apa yang ada dalam tulisan dan tingkat pemahaman pembacanya juga menjadi alasan suatu tulisan itu akan menggerakan.
Merenung, menimbang dan menggerakan adalah proses bagi pembaca dalam memaknai sebuah tulisan. Argumentasi dan disertai dengan fakta-fakta yang logis, empiris dan sistematis akan membawa pembaca untuk merenungi isi tulisan tersebut. Kemudian dalam proses perenungan tersebut, ia akan menimbang sesuai dengan pemahamannya. Jika ia setuju dengan isi dari tulisan tersebut maka ia akan melakukan atau tidak melakukan sesuai dengan keputusan yang diambilnya.
Sebuah tulisan yang bernada provokasi sering sekali memberikan argumentasi yang sangat emosional sehingga pembaca akan terbawa pada isi dari tulisan tersebut. Tulisan-tulisan fiksi dan human interest membawa pembacanya untuk terlibat di dalamnya hingga tidak jarang pembaca ikut sedih, menangis atau tersenyum dan tertawa karena tulisan itu. Semua itu karena penyajian dari penulis yang menggunakan bahasa dan membawa pembacanya “tenggelam” dalam tulisan.
Kualitas tulisan yang baik apabila digunakan untuk menyebarkan kebaikan, mencegah segala bentuk kemudharatan tentu akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Minimal menjadi bahan perenungan bagi mereka untuk melakukan yang baik-baik dan meninggalkan yang buruk. Apalagi jika penyajiannya menggunakan argumentasi yang logis, empiris dan sistematis maka tidak ada alasan lagi untuk membantahnya.
Tulisan anda akan mengubah dunia jika dalam proses penulisannya muncul dari kedalaman jiwa yang penuh dengan keyakinan kepadaNya. Kemudian disajikan dengan pilihan diksi dan bahasa yang mudah dipahami oleh para pembacanya serta dikuatkan dengan berbagai argumentasi yang logis, empiris dan sistematis. Mari mengubah dunia dengan tulisan kita...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...