Minggu, 16 Januari 2011

Saatnya Berjihad dengan Tulisan

Saatnya Berjihad dengan Tulisan
Oleh Abu Aisyah



Islam adalah Teroris ! slogan ini saat mendominasi pemberitaan di media masa. Ia juga telah menjadi  image yang terus berkembang di masyarakat kita, semakin seseorang mendalami agama Islam ini maka akan semakin ia dekat menjadi seorang teroris. Jenggot yang dipanjangkan, celana di atas mata kaki, memakai sorban dan memiliki ghirah (semangat) keagamaan. Benarkah demikian?
Bisa jadi benar, namun bisa juga salah. Benar karena hampir semua pelaku tindak terorisme memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan. Para teroris ini mengatas namakan Islam untuk perjuangan mereka. Mereka memelihara jenggot, celana cingkrang dan bersorban. Mereka juga menamakan perjuangan mereka sebagai Jihad Fi Sabilillah menegakkan syariat Islam dan menghancurkan kekafiran. Namun image ini juga salah, karena tidak bisa digeneralisir bahwa symbol-simbol Islam yang digunakan oleh para teroris tersebut adalah ciri dari teroris. Jihad yang mereka kumandangkan juga masih dipertanyakan. Dan Islam belepas dari dari segala bentuk tindakan pengrusakan.
Terlepas dari semua itu berjihad melawan arus informasi yang mendeskriditkan Islam adalah sebuah kewajiban. Berjihad untuk membersihkan image Islam yang dianggap teroris. Jihad untuk menyampaikan Islam yang membawa kedamaian dan Jihad melawan tirani yang selalu menganggap Islam sebagai lawan.
Jika jihad tidak bisa dilakukan dengan senjata, maka ada senjata lain yang juga mematikan. Senjata itu adalah tulisan, ia akan membela kehormatan Islam dari para penentangnya ia menghancurkan segala bentuk makar yang dibuat oleh musuh-musuh Islam. Jika selama ini kita selalu meneriakan Jihad….jihad…. jihad, namun hanya teori dan basa-basi, maka berjihad dengan tulisan dapat dilakukan sekarang juga. Tidak perlu menunggu nanti, tidak perlu menunggu menjadi ‘alim, tidak perlu menjadi sarjana ahli  bahkan tidak perlu menjadi seorang penulis mumpuni. Tuliskan semua tentang Islam, tuliskan nilai-niai kedamaian dalam Islam, tuliskan maker-makar Kafir yang selalu memusuhi Islam dan tuliskan semua…… semuanya tentang indahnya Islam dan damainya hidup dalam lindungan syariahNya.
Karena itu dari sekarang, saatnya berjihad dengan tulisan…….. Wallahu ‘alam.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...