Rabu, 21 Maret 2012

Lets Talk About Ikhlas


Oleh : Abu Aisyah


Orang-orang bilang kalau ikhlas itu gak usah diomongin, tapi kalau menurut aku kayaknya gak juga deh. Soalnya gak semua yang gak diomongin itu ikhlas. Misalnya seseorang yang nyumbang uang di masjid terus pengin diumumkan, itu nggak ngejamin khan kalau dia gak ikhlas. Sama juga kalau ada orang yang terus-terusan puasa senin –kamis kayaknya keikhlasananya juga dipertanyakan walaupun gak bilang-bilang.

Kalau ngomongin tentang keikhlasan emang sulit-sulit gampang, soalnya dari pengalaman pribadi itu emang urusannya hati.  Cuman hati yang gak bisa dibohongi dan hanya kita sendiri dan Allah tentunya yang tahu apakah kita ikhlas atau tidak. Terus kalau udah githu apa kita kudu nunggu ikhlas dulu baru kita beramal? Menurut aku sih enggak juga, soalnya ikhlas itu kayaknya kudu dilatih deh… subyektif banget khan? Maksud aku tuh yang namanya ikhlas itu emang kudu dilatih, jadi gak perlu nunggu ikhlas banget kalau mau beramal.

Sebagai contoh ada orang yang puasa senin-kamis, mungkin bisa jadi dia itu gak ikhlas… definisi ikhlas itu udah jelas khan? Beramal karena Allah ta’ala saja. Nah… kalau yang namanya gak ikhlas itu ya… beramal karena hal-hal lain. Misalnya pengin dipuji, dianggap alim, pengin terkenal atau tujuan keduniaan lainnya. Masih contoh soal puasa…. Kalau ada orang yang puasa niatnya untuk diet biar gak gemuk, atau biar ngirit… (ini sih keterlaluan…) atau karena ada tujuan tertentu. Bener lho.. itu semua terjadi… ada teman yang puasa senin-kamis karena dia pengin nilai-nilainya di perkuliahan bagus. Boleh gak ya?

Kalau menurut aku sih boleh aja… asal jangan keterusan aja. Ingat khan di paragraph pertama tulisan ini, kalau lupa aku ingetin lagi deh… ikhlas itu harus dibiasakan bukan langsung jadi. Misalnya pas kita lagi pakai tas baru beli udah githu bagus lagi, terus ada orang yang tertarik dan pengin minta tas itu, bagaimana pedapatmu?  (ini sih kebangetan pake acara diminta segala…) Tapi lagi-lagi ini fakta, teman aku yang di Lenteng Agung tuh… beneran kayak githu. Ceritanya khan dia punya tas bagus dan baru lagi, terus ada temannya yang bilang “Tas baru ya…? Mau dong.. ” nah tanpa pikir panjang teman itu langsung ngasihin tas itu.. ikhlas? Iyyalah. Tapi kalau kita jadi orang yang ngasih tas itu atau saya aja misalnya bisa jadi awalnya ada rasa berat dan sayang, tapi karena ingat Firman Allah ta’ala…”engkau tidak akan beriman hingga menginfaqkan harta yang engkau sukai…” nah… pertamanya bisa jadi khan gak ikhlas tapi karena dorongan jiwa di dada… (cie….) lama-lama jadi ikhlas.

Dalam kasus ini menurut aku sih sah-sah saja, jadi keikhlasan itu emang kudu dilatih dan dibiasakan. Misalnya lagi ada seseorang yang pergi ke masjid untuk shalat berjama’ah, bisa jadi awalnya dia gak ikhlas (ingat khan apa itu ikhlas…), tapi lama-lama keikhlasan itu akan muncul seiring berjalannya waktu dan bertambahnya ilmu. Setuju?

Intinya mari kita beramal dan beribadah, walaupun pada awal-awal itu kita gak ikhlas tapi aku yakin lama-lama juga akan ikhlas. Kalau udah lama gak ikhlas juga? Ini sih bencana namanya. Maksud aku tuh keikhlasan itu harus dilatih jadi bukan dipadamkan… beramallah terus walaupun keikhlasan kita masih kurang, dengan pembiasaan insya Allah keikhlasan itu akan datang, tentunya dengan bekal ilmu dan iman… Wallahu A’lam.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...