Minggu, 18 Maret 2012

Unsur Ilmu Pengetahuan


        Ilmu dalam bangunan metodologi ilmiah memiliki bebertapa unsur, ia menjadid bukti bahwa suatu pengetahuan menjadi sebuah ilmu. Unsur-unsur utama dari sebuah disiplin ilmu tersebut adalah:

1. Ontologi
Ontologi adalah suatu pembahasan tentang hakekat pengetahuan. Ontologi selalu membahas pertanyaan-pertanyaan yang mendalam atas sesuatu pengetahuan yang dibahas sampai pengetahuan tersebut memiliki keterangan yang jelas, apa yang ingin ingin kita ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu, atau dengan perkataan lain, sesuatu pengkajian mengenai teori tentang "ada". Adapun macam pertanyaan yang ada dalam ontologi tersebut diantaranya adalah: Objek apa yang ditelaah pengetahuan? Adakah objek tersebut? Bagaimana wujud hakikinya? Dapatkah objek tersebut diketahui oleh manusia dan bagaimanakah caranya?

2. Epistemologi
Epistemologi adalah suatu pembahasan mengenai metode yang digunakan untuk mendapatkan suatu pengetahuan. Adapun macam pertanyaan yang ada pada epistemologi diantaranya adalah: Bagaimana proses yang memungkinkan diperolehnya suatu pengetahuan? Bagaimana prosedurnya? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar mendapatkan pengetahuan yang benar? Lalu benar itu sendiri apa? Kriterianya apa saja?

3. Aksiologi
Aksiologi adalah pembahasan mengenai nilai moral suatu pengetahuan. Aksiologi menjawab pertanyaan-pertanyaan yakni: Untuk apa pengetahuan itu digunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan pengetahuan tersebut dengan kaidah-kaidah moral? Bagaimana penentuan objek yang di telaah berdasarkan pilihan-pilihan moral? Bagaimana kaitan antara metode pengetahuan dengan norma-norma moral/profesional?

Dari sinilah bangunan metodologi ilmu dibangun, dalam ruang lingkup Islam kita mengenal adanya mabadi' al-asyarah yaitu lima kriteria suatu pengetahuan menjadi sebuah ilmu pengetahuan. Ingin tahu pembahsannya? silahkan search di Blog ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...