Sabtu, 28 Januari 2023

Imlek dan Datangnya Musim Penghujan

Oleh: Ahmad Berhimin, SE., ME (Putra Lintang)

 


Cuaca yang cederung basah dan dingin yang sering sekali dikaitkan dengan tahun baru Imlek. Demikian pula musim penghujan terasa sekali nuansanya, padahal kalau kita lihat dan kita amati tidak seperti itu adanya.

Bulan Januari dan Februari di awal tahun biasanya memang identik dengan bulan basah karena pada bulan Januari sampai bulan Mei itu berdasarkan data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memang masuk dalam musim penghujan, di mana musim penghujan adalah intensitas air hujan yang terjadi lebih banyak dan terkadang melampui kapasitas yang ada.

Karena termasuk dalam bulan musim penghujan, dan penanggalan tahun Imlek bagi orang-orang Tionghoa adalah perayaan tahun pertama setelah pergantian tahun. Perayaan Imlek sangat kental dengan budaya Tionghoa, setiap perayaan tahun baru Imlek selalu terhubung dengan suasana yang hujan karena dalam penanggalan China, pergantian tahun itu selalu terjadi di bulan yang sangat terkait dengan pertanian, karena bagi masyarakat Tionghoa dengan datangnya hujan akan menjadikan kemakmuran.

Oleh karena itu hujan yang terjadi di tahun baru Imlek tersebut  sebenarnya secara budaya Tionghoa memang benar adanya karena terjadi di bulan basah atau musim penghujan dan juga berdasarkan data BMKG hal tersebut terjadi karena pada musim penghujan, jadi wajar kalau datangnya tahun baru Imlek selalu dikaitkan dengan musim penghujan. @ ABEE  280123

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...