Rabu, 18 Januari 2023

Tulisanku Ibadahku

Oleh: Misno Mohamad Djahri

 


Menulis bukanlah sekadar merangkai kata menjadi sebuah kalimat, merangkai kalimat menjadi sebuah paragraf dan memadukan paragraf saling padu menjadi satu kesatuan ide dan gagasan. Menulis adalah bentuk dari aktifitas yang memiliki nilai ibadah, karena di dalamnya mengandung upaya mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala melalui ajakan kepada yang ma’ruf dan cegahan dari segala bentuk kemungkaran.

Merujuk pada makna ibadah sendiri, yaitu;

 العبادة اسم جامع لكل ما يحبه الله ويرضاه من الأقوال والأعمال  الباطنة والظاهرة

Ibadah adalah satu kata yang mencakup segala hal yang dicintai Allah dan diridhai-Nya, baik itu perkataan maupun perbuatan, perkara batin maupun zahir.

Merujuk pada pengertian ini maka seliuruh aktifitas yang dicintai dan diridhaiNya maka ia adalah ibadah dalam rangka penyembahan dan penghambaan diri kepada Allah Ta’ala. Maka, menulis adalah sebuah aktifitas yang akan dinilai ibadah apabila diniatkan karena Allah Ta’ala dan selaras dengan tuntunan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Ikhlas dalam menulis bermakna meluruskan niat dalam menulis yaitu untuk mendapatkan pahala dan ridha dari Allah Ta’ala, caranya yaitu dengan menuliskan hal-hal yang dicintai dan diridhai berupa ajakan untuk berbuat kebajikan (ma’ruf) dan cegahan dari segala bentuk kemungkaran. Termasuk di dalamnya menuliskan syariat, hikmah dan segala yang yang bermanfaat untuk manusia baik di dunia maupun di akhirat.

Mengikuti Rasulullah (mutaba’aturasul) dalam menulis yaitu dengan mencontoh bagaimana beliau mengajak untuk berbuat baik kepada umat manusia dan mencegah kemungkaran dengan penuh hikmah dan ketauladanan. Termasuk hal ini adalah menuliskan sifat-sifat beliau yang agung sebagai rahmat bagi seluruh alam, serta praktik yang dilakukan oleh para shahabatnya radhiyallahu ‘anhum.

Jika demikian adanya, maka tulisanku adalah ibadahku. Tidak ada niat lain kecuali mengharapkan pahala dan keridhaan Rabb-ku, walaupun kata ikhlas tidak perlu didzahirkan dalam lisan dan tulisan tetapi sebagai motivasi diri bahwa tulisan ini adalah salah satu dari bukti ibadah (penghambaan) kepada Ilahi. Salah satu bukti dari upaya mencapai keikhlasan ini adalah penulis tidak pernah berfikir apakah tulisan ini akan dibaca atau tidak, apakah akan disukai (like) atau tidak. Karena, Bismillah tulisan ini saya niatkan karena Allah Ta'ala. Tentu saja tulisan ini juga mengikuti petunjuk nabi yang suci, di mana beliau telah memberikan pedoman dalam seluruh kegiatan, termasuk menulis yaitu menuliskan segala kebajikan agar memberikan manfaat bagi seluruh alam. Wallahua’lam, 18012023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...