Minggu, 15 Januari 2023

Lelahku adalah Lillah-ku

Oleh: Ahmad Berhimin, SE., ME (Putra Lintang)

 


Terkadang semua aktivitas ini sangat melelahkan karena terlalu penat, akan tetapi semua harus dijalani dan dikerjakan. Memang sudah selayaknya kita lakukan saja dengan ikhlas dan apa adanya, karena sebagai makluk Allah Ta’ala kita wajib berfikir positif dalam tindak tanduk.

Rasanya antara jiwa dan fisik ini kadang sudah tidak bisa sinkron dan tidak bisa dinamis karena tuntutan yang kuat terkadang semua bisa direalisasikan. Kenapa bisa seperti itu? ya karena kebutuhan atau bisa jadi karena tantangan tentang keberlangsungan dan tuntutan demi menjalani kehidupan dan melanjutkan kehidupan.

Di dalam menjalankan semua aktivitas di dalam kehidupan ini baik itu yang bersinggungan dengan urusan kita pribadi atau tidak itu sejatinya harus kita jalani dengan keikhlasan dan kesabaran yang sangat mendalam. Hal ini dikarenakan terkadang apa yang kita lakukan, kita rasakan dan kita harapkan tidak sesuai dengan yang dibayangkan.

Oleh karena itu, rasa lelahku yang sangat mendalam rasanya apapun yang kita lakukan tidak akan ber-efek baik walaupun itu kita paksakan sesuai dengan hadist Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam yaitu hadits bahwa setiap muslim yakin bahwa rizkinya sudah tertulis sejak dirinya berada di dalam kandungan ibunya. Riwayat dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, disebutkan bahwa  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Kemudian Allah mengutus kepadanya (janin) seorang malaikat lalu diperintahkan menulis empat kalimat (ketetapan), maka ditulislah rizkinya, ajalnya, amalnya, celaka dan bahagianya.” (HR. al-Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Seorang hamba hanya diperintahkan untuk berusaha dan bekerja dengan keyakinan bahwa Allah subhanahu wata’ala yang memberinya rizki dan bahwa rizkinya telah tertulis. Sehingga kita terus berikhtiar dan menjadikan Lelah kita adalah lillah kita. Oleh karena itulah “Jadikan Lelahmu Sebagai Rasa Bersyukur Kepada Allah” (ABBE 150123).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...