Sabtu, 07 Januari 2023

Penderitaanku Karena Sakit Membuatku Menjadi Manusia Super Sabar

Ahmad Berhimin, SE


Dalam kegiatan keseharianku tidak lepas dari kerja dan kuliah, kedengarannya indah dan membanggakan  akan tetapi tidak sesempurna yang dibayangkan, dan tidak seindah yang dijalani penuh dengan perjuangan dan penuh dengan tangisan serta cucuran air mata.

Sebenarnya kita sebagai umat muslim harusnya bersyukur dan bisa ikhlas dalam menjalani takdir yang telah ditetapkan sama Allah Azza wa Jala. Takdir sudah ditetapkan oleh Allah dan tidak bisa dirubah lagi sebagaimana firmanNya:  

الَّذِيْ لَهٗ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَلَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَّلَمْ يَكُنْ لَّهٗ شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهٗ تَقْدِيْرًا

Allażī lahụ mulkus-samāwāti wal-arḍi wa lam yattakhiż waladaw wa lam yakul lahụ syarīkun fil-mulki wa khalaqa kulla syai`in fa qaddarahụ taqdīrā.

…yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tidak mempunyai anak, tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(-Nya), dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat. QS. al-Furqaan: 2.

Penderitaanku dengan penyakit yang kuderita ini membuatku seperti dibebankan atau seperti terkungkung dan aktifitas jadi terbatasi padahal di dalam hadits Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam beliau bersabda:

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kehawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya” HR. Al-Bukhari dan Muslim

Maka merujuk pada hadits ini, semuanya harus kulalui dan jalani dengan ikhlas, dengan adanya ayat al-Quran dan al-Hadist ini menjadikan saya sebagai manusia harus bisa menjalani semua takdir dari Allah Ta’ala dengan sabar dan ikhlas. Di sinilah saya bertekad untuk menjadi manusia yang super sabar…  Amin Ya Rabbal alamin. From ABER  07012023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...