Minggu, 08 Januari 2023

Perjalanan Mendapatkan Ilmu: Kunjungan ke LazisMU Kabupaten Bogor

Ahmad Berhimin, SE


Aktivitasku sehari-hari adalah bekerja di suatu institusi yang bergerak di bidang edukasi atau Pendidikan.  Sejak awal bekerja saya sebagai admin Program Pascasarjana, namun ketika terjadi pergantian rektor semuanya dirombak terkecuali orang yang memang dekat dengan rektor atau wakil rector. Sekitar bulan Mei 2022 saya dipindahkan menjadi staf perpustakaan. Saya menjalaninya dengan penuh keikhlasan, tidak bertahan lama hanya lebih kurang 3 bulan kemudian saya dipindahkan kembali ke bagian lain yaitu staf protokoler. Namun di posisi ini saya juga tidak lama bertahan karena adanya satu dan lain hal yang kadang tidak bisa dilogikakan.

Sekarang saya ditempatkan sebagai staf marketing, saya harus berlari mengejar ketertinggalan, saya fokus dengan mencari mahasiswa untuk kuliah di institusi Pendidikan tersebut, baik untuk program sarjana dan program pascasarjana.

Bersama itu juga saya menambah ilmu dengan kuliah di Program Studi Magister Ekonomi Syariah. Guna mendukung kegiatan perkuliahan, saya melakukan  penelitian sesuai judul yang saya ajukan yaitu pendayagunaan zakat produktif LazisMu di Kabupaten Bogor.

Perjalananku ke kantor LazisMu Kabupaten Bogor dalam rangka memenuhi tugas dan kewajiban saya untuk keperluan data penulisan artikel dan jurnal.  Dikarenakan program pascasarjana ini berbeda pola perkuliahan dibandingkan program sarjana, Alhamdulilah saya merasa bahagia dan bangga ada kesempatan saya datang ke tempat dimana bisa menambah ilmu, karena sesuai dengan perintah Allah Swt  berikut :

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ

Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya. QS. al-Taubah: 122.

Dengan berkunjungnya saya ke kantor LazizMu Kabupaten Bogor yang berlokasi di Leuwiliang, maka bertambah ilmu saya tentang bagaimana pengolahan zakat infaq dan sedakah di lingkungan Kabupaten Bogor untuk usaha produktif. Zakat produktif adalah salahg satu cara untuk mengurangi kemiskinan masyarakat yang menjadi konsen lembaga ini, sebagai bentuk kontribusi untuk Ibu Pertiwi (Indonesia). Abe, 07012023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...