Jumat, 27 Januari 2023

Ketika Khinzib Sang Penggoda Hadir dalam Shalat Kita

Oleh: Misno bin Mohamad Djahri

 


Anda yang ketika shalat sering lupa raka’at atau justru teringat dengan hal-hal yang terlupa ketika di luar shalat, jangan khawatir hal itu terjadi bukan hanya pada diri anda saja tetapi terjadi pada hampir semua orang Islam yang melaksanakan shalat.

Lupa dalam shalat baik gerakan atau jumlah raka’at, atau sebaliknya ingat dengan sesuatu yang sebelumnya terlupa adalah godaan setan bagi umat Islam yang sedang melaksanakan shalat. Tidak hanya orang awam, para ulama juga pernah digoda oleh setan dalam shalatnya. Bahkan sekelas para shahabat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam juga pernah diganggu oleh setan dalam shalat mereka.

Sebuah riwayat dari Utsman bin Abil ‘Ash radhiallahu ‘anhu, Beliau mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengadukan gangguan yang dia alami ketika shalat. Kemudian, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَاكَ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ خِنْزِبٌ فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْهُ وَاتْفِلْ عَلَى يَسَارِكَ ثَلاَثًا

“Itu adalah setan. Namanya Khinzib. Jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah ke kiri tiga kali.” Kata Utsman, “Aku pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku.” HR. Muslim.

Riwayat ini memberikan ilmu kepada kita bahwa setan yang mengganggu umat Islam ketika sedang shalat adalah Khinzib, ia datang menggoda muslim yang shalat dengan membisikan hal-hal yang tidak ada manfaatnya hingga mereka yang shalat akan terlupa dengan apa yang sedang dilaksanakannya yaitu shalat. Bisa jadi seseorang shalat lupa dalam raka’atnya, bacaannya, rukun atau syarat yang harus dilakukan atau sebaliknya ia dibisiki oleh Khinzib dengan ingatan sebelum dia shalat sehingga teringat dengan sesuatu yang menjadikan shalatnya tidak khusyu’.

Godaan lainnya adalah dimasukan rasa was-was dan keragu-raguan tentang shalatnya, kekhawatiran sudah batal karena buang angin atau seolah-olah telah buang air kecil. Demikian juga kergau-raguan atas shalat yang dilakukan hingga terbawa dalam was-was dan kekhawatiran yang berlebihan. Termasuk di dalamnya menggunakan orang-orang di sekitarnya atau benda-benda lain yang memalingkan dari pandangan ke tempat sujud, yang mengakibatkan ia akan berfikir tentang karpet yang ada di bawahnya, pakaian yang dipakai orang yang ada di depannya hingga hal-hal sepele lainnya yang memalingkan dari kekhusyuan dalam shalat.

Riwayat ini juga memberikan solusi apabila setan yang Bernama Khinzib menggoda kita maka hendaknya kita memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala, misalnya mengucapkan “A’udzubillahi minnasyaithanirajiim” (Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaithan yang terkutuk). Setelah itu meludah tiga kali ke sebelah kiri, yaitu menoleh ke sebelah kiri dengan meludah seperlunya. Tentu saja hendaknya memperhatikan orang lain di sebelah kiri tersebut jika kita shalat berjama’ah, jangan sampai mengenai orang yang ada di sebelah kiri kita. Tentu saja meludahnya tidak seperti meludah dengan mengeluarkan air liur, tetapi seperlunya saja.

Semoga Allah Ta’ala senantiasa memberikan inayahNya sehingga kita akan terhindar dari segala bentuk godaan setan Khinzib dalam shalat kita. Apabila Khinzib datang maka segera berta’awudz (memohon perlindungan kepada Allah ta’ala), semoga shalat kita diterima. Aameen Ya Rabbal ‘aalameen.  27012023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...