Minggu, 15 April 2012

Klasifikasi Agama


Oleh : Ahmad Remi


Ahmad Abdullah Al-Masdoosi, dalam bukunya Living Religious of The World mengklasifikasikan agama sebagai berikut :
1.       Agama wahyu dan bukan wahyu
2.       Agama missionari dan bukan missionari
3.       Agama dari segi rasial dan geografikal

1.       Revealed and non-revealed
Adapun yang dimaksud dengan “revealed religions” (agama wahyu) ialah agama yang menghendakai iman kepada Tuhan, kepada para Rasul-rasul-Nya serta pesannya untuk disebarkan kepada segenap umat manusia. Sedangkan sebaliknya “non-relevead religions” agama yang tidak memandang essensial penyerahan manusia kepada tata aturan Ilahi. Yang dimaksud revealed religion, menurut Al-Masdoosi, ialah Yudaisme, Kristen dan Islam. Selebihnya termasuk pada non-relevead religions. Agama-agama wahyu bersangkutan dengan ras Semitik. Sedangkan agama-agama bukan wahyu tidak ada sangkutan apa-apa dengan ras Semitik.
Di bawah ini dikemukakan perbedaan antara agama-agama wahyu dengan agama-agama bukan wahyu, menurut Al-Masdoosi:
Pertama, agama wahyu berpokok pada konsep keesaan Tuhan sedangkan agama bukan wahyu tidak harus demikian.
Kedua, agama wahyu beriman kepada Nabi, sedangkan agama bukan wahyu tidak.
Ketiga, bagi agama wahyu maka sumber utama tuntunan dan ukuran bagi baik dan buruk adalah kitab suci yamg diwahyukan.
Keempat, semua agama wahyu lahir di Timur Tengah, sedangkan agama bukan wahyu, kecuali paganisme, lahir di luar area tersebut.
Kelima, agama wahyu timbul di daerah-daerah yang historis di bawah pengaruh ras Semitik, walaupun kemudian agama termaksud berhasil menyebar ke luar area pengaruh Semitik. Sebaliknya, agama bukan wahyu lahir di luar area Semitik termaksud.
Keenam, sesuai dengan ajaran dan/atau historisnya maka agama wahyu adalah agama missionary. Agama bukan wahyu bukanlah agama missionary.
Ketujuh, ajaran agama wahyu tegas dan jelas. Agama bukan wahyu adalah kabur dan sangat elastik.
Kedelapan, ajaran agama wahyu memberikan arah dan jalan yang lengkap kepada para pemeluknya. Para pemeluknya berpegang, baik kepada aspek duniawi (the worldly) maupun aspek spritual daripada hidup ini. Tidaklah demikian halnya dengan agama bukan wahyu. Taoisme menitikberatkan kepada aspek hidup spritual, sementara itu pada Confusianisme lebih menekankan pada aspek duniawi.

2.       Agama Missionary dan Agama non-Missionary
Sir Thomas Arnold dalam bukunya “The Preaching of Islam” antara lain menulis :
Ever since profesor Max Muller delivered his lecture in Westmenster Abbey, on the day of intercession for mission, in December 1873, it has been a literary common place, that the six great religions of the world may be devided into missionary and non-missionary.

Sir T.W. Arnold memasukan Buddhisme, Kristen dan Islam pada golongan agama missionary. Sedangkan Yudaisme, Brahmanisme dan Zoroasterianisme dimasukkan pada golongan non missionary.
Sehubungan dengan masalah termaksud, Al-Masdoosi antara lain memberi catatan, bahwa menurut pendapatnya; baik agama Nasrani maupun Buddhisme, ditinjau dari segi ajarannya yang asli, bukanlah tergolong agama missionary, sebagaimana juga agama-agama lainnya (selain Islam). Jadi menurut kesimpulan Al-Masdoosi hanya Islam sajalah ajarannya yang asli merupakan agama missionary. Namun dalam perkembangannya ternyata kemudian bahwa baik agama Nasrani maupun Buddhisme menjadi agama missionary.

3.       Klasifikasi Rasial Geografikal
Ditinjau dari segi rasial dan geografikal agama-agama di dunia ini dapat dibagi atas :
(i)             Semitik
(ii)           Arya
(iii)         Monggolian
Yang termasuk agama Semitik ialah agama Yahudi, agama Nasrani dan agama Islam. Sedangkan yang tergolong agama bukan Semitik Arya ialah Hinduisme, Jainisme, Sikhisme dan Zoroasterianisme. Sedangkan yang tergolong non Asemitik Monggolian ialah Confusianisme, Taoisme dan Shintoisme. “Adapun Buddhisme”, menurut Al-Masdoosi, “tidak dapat begitu saja dimasukkan ke dalam golongan agama non Semitik Arya, tetapi merupakan campuran antara Arya dan Mongolian”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...