Rabu, 18 April 2012

Tips Menulis Skripsi dan Tesis : Membuat Jadual Penelitian



Oleh : Fathul Khatimah


         Tidak sedikit mahasiswa yang menganggap remeh jadual penelitian baik dalam menulis skripsi maupun tesis. Padahal itu sangat penting dilakukan, supaya dalam penelitian betul-betul sesuai waktu dengan jadual yang sudah ditetapkan, walaupun terkadang sedikit meleset dari perencanaan semula karena adanya gangguan teknis di lapangan, untuk itu peneliti harus sesering mungkin menengok jadual yang sudah dibuat supaya deadline waktu betul-betul efisien.
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# öÝàZtFø9ur Ó§øÿtR $¨B ôMtB£s% 7tóÏ9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# 7ŽÎ7yz $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ÇÊÑÈ  
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Hasyr : 18 )
            Yang dimaksud dengan kata “memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok” adalah mengandung bahwa setiap kita harus memiliki perencanaan (planning) apa yang akan dilakukan ke depan. Kemudian hendaknya dicatat untuk kemudian membuat skala prioritas mana yang mesti dikerjakan terlebih dulu sehingga jelas urutan-urutannya. Berikut adalah contoh jadual menulis penulisan kuantitatif

TABEL JADUAL PENULISAN PENELITIAN

           
            Untuk penelitian kualitatif tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan deadline waktu hendaknya disesuaikan dengan jadual yang dikehendaki dari kampus masing-masing. Format di atas adalah contoh dari penelitian penulis yang digarap kurang lebih hanya satu bulan di lapangan berikut lengkap dengan membuat laporan hasil penelitiannya.  
            Mungkin bagi sebagian peneliti lain hal ini sesuatu yang tidak mungkin, tapi itulah kenyataannya. Anda juga bisa melakukannya, asalkan betul-betul mengikuti aturan dan jadual yang sudah anda buat sendiri kemudian komitmen menjalankan jadual tersebut.
Untuk menulis teorinya pada bab-bab sebelumnya, Anda harus membuat jadual dalam jangka waktu satu pekan lamanya Anda harus mampu menyelesaikan 1 (satu) bab. Kemudian pada pekan selanjutnya 1 (satu) bab berikutnya, dan begitu seterusnya sampai pada bab 5 (lima) yaitu Penutup. Contohnya : jika pada pekan pertama menyelesaikan bab 1 (satu), ada baiknya dikonsultasikan pada pembimbing terlebih dahulu, kemudian pada pekan ke-2 (dua) yaitu pada bab 2 (dua), sambil perbaikan bab 1 (satu) yang sudah di-ACC oleh dosen, bersamaan dengan itu anda terus menulis untuk bab ke-2 (dua). Selanjutnya pekan ketiga anda hendaknya menyelesaikan bab 3 (tiga) bersamaan dengan perbaikan bab 2 (dua). Begitu seterusnya sampai penelitian selesai
Ada bab-bab yang biasanya tidak terlalu rumit yang tidak membutuhkan jangka waktu atu pekan, biasanya yaitu pada bab metodologi penelitian, kendati hal ini memerlukan kecermatan sendiri untuk menentukan metodologi yang akan digunakan dalam penelitian.
Semua teknis di atas sangat memungkinkan jika suatu penelitian dilakukan hanya dalam jangka waktu yang singkat.
2. MEMBUAT JADUAL PENELITIAN
 
Biasanya penelitian dilakukan dalam jangka waktu 1 (satu) semester atau enam bulan. Tetapi tidak menutup kemungkinan penelitian dimajukan dalam waktu yang singkat sehingga bagi sebagian peneliti merasa bingung mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Apabila penelitian dilakukan dalam waktu satu semester, buatlah jadual yang disesuaikan dengan waktu yang diberikan dari kampus. Tetapi jangan merasa karena jangka waktu yang demikian lama selama enam bulan, akhirnya peneliti malah terkadang kurang disiplin/mengulur-ulur waktu yang pada akhirnya mepet dan membuat segalanya serba mendadak, hal ini tentunya sangat tidak baik selain juga akan mendapatkan hasil penelitian yang tidak maksimal dan sangat minimalis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...