Selasa, 24 April 2012

Layanan SMS Gratis di Internet


Oleh : Abu Aisyah



Ini kisah saya sewaktu kehabisan pulsa dan dengan terpaksa mencari-cari teman yang menjual pulsa. Sebenarnya saya sendiri juga menjual pulsa, cuman karena kehabisan pulsa sendiri karena satu hal darurat akhirnya tidak bisa menggunakannya. Dari kejadian ini saya mencari solusi, mau pinjam Hp teman untuk SMS tidak enak, beli pulsa ke teman dekat lagi habis stok-nya juga ke Kakak minta pulsa juga gak ada pulsa buat SMS, akhirnya saya coba mencari layanan SMS gratis di internet. Sebenarnya sih sudah lama saya dengar layanan SMS gratis ini, namun dulu sepertinya biaya dikenakan kepada yang menerima SMS tersebut maka saya belum mau menggunakannya. Namun karena keadaan darurat dan cerita dari teman katanya sekarang gratis juga maka langsung saya cari-cari layanan SMS di dunia maya. Hasilnya teryata layanan SMS gratis sudah sangat berkembang dan melimpah, dan saat ini benar-benar gratis.
Dari browsing yang saya lakukan ada lima situs yang menyediakan layanan SMS gratis. Ini dia situs-situs tersebut :

1.       http://www.kusms.com
2.       http://smsgratis.web.id
4.       https://mail.google.com

Sebenarnya sih bukan hanya lima situs saja jasa layanan SMS gratis, tapi kayaknya itu sudah cukup buat mencoba layanan ini. Di Facebook dulu juga pernah ada, namun sepertinya sekarang sudah tidak ada. Beberapa layanan situs SMS gratis juga bias diletakan di web site atau blog pribadi kita.
Setelah saya coba beberapa layanan SMS gratis tersebut akhirnya saya bisa menyimpulkan bahwa layanan SMS yang menurut saya bisa diandalkan dan lebih menjaga privasi adalah adalah layanan dari Google yang ada pada Gmail. Alasannya adalah karena ia include dengan Email jadi setiap mengirim SMS maka nama email kita juga akan terkirim. Namun kekurangan dari layanan SMS pada Gmail adalah SMS yang diterima sebanyak dua kali jadi sedikit merepotkan.
Pada situs http://smsgratis.web.id SMS yang diterima oleh penerima berisi alamat Web tersebut sehingga terkesan kurang pribadi. Sedangkan pada situs layanan http://www.kusms.com setiap mengirim harus mengetikkan karakter khusus sehingga kurang praktis. Selain itu juga waktu pengiriman sering terlambat dan jaringannya sering mengalami gangguan sehingga masih belum bias diandalkan. Oh ya…. Pada layanan SMS gratis selain yang disebutkan nomor pengirim menggunakan GSM normal sepetinya itu adalah layanan Axis atau 3 sehingga terkesan kurang pribadi.
So… buat teman-teman semua yang mau menggunakan SMS gratis silahkan mau pilih yang mana, lebih baik kalau dicoba semua dulu toh gak bayar ini sehingga tidak merugikan pulsa. Rekomendasi saya sepertinya masih ke layanan SMS yang ada di Gmail karena terasa lebih pribadi tentunya dengan syarat email kita dikenal oleh orang yang menerima SMS tersebut dan sesuai dengan nama kita. Semoga bermanfaat…. Wallahu a'lam.  
    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...