Jumat, 25 Maret 2011

Pemerhati Perjilbaban

Oleh : Ananda Muhammad




Hari libur, jalan-jalan ke mall or ke taman kota, udah biasa kalee. Tapi gue emang suka kok jalan-jalan tentunya yang bikin mind gue jadi fresh. Mungkin karena dulu pernah kuliah di komunikasi dan suka dengan sosiologi makanya gue tuh seneng banget kalo bisa ngeliatin orang-orang hilir mudik di jalan. Soal jalan-jalan (jalan kaki tentunya) gue biangnye.... makanya betis gue jadi kaya' tales Bogor, Tapi gue ikhlas ko' yang penting gue bisa ngeliat kondisi masyarakat yang beraneka ragam. Rekor jalan kaki gue kalo di wilayah lokal Bogor, biasa lah dari Empang sampai ke Stasiun Bogor sudah gue jalanin cukup lama. Akibatnya.....? cap sebagai pemilik betis tales Bogor sudah biasa.... dalam skala nasional gue pernah dua kali jalan dari Mampang Prapatan Jakarta Selatan Ke Senayan, tepatnya di Jakarta Convention Center. Selain itu pernah juga dari Stasiun Cawan sampai ke UKI Jakarta Timur. jauh gak ya..... coba aja sendiri. 
Kok... ngomongin jalan kaki sih...... ? Oke deh kembali ke sosiologi. gue tuh seneng banget kalo bisa ngeliat masyarakat yang memiliki berbagai aktifitas makanya gue tuh pengin banget jadi pemerhati sosial. Dulu sih penginnya kuliah di jurusan Sosiologi tapi apa daya tangan tak panjang... akhirnya kuliah di komunikasi, masih naymbung dikit lah.... 
Ngemeng-ngemeng sosiologi gue tuh sudah cukup lama merhatiin cewek-cewek or akhwat-akhwat yang memakai jilbab dengan beraneka model. Dari yang tertutup rapet sampai yang cuman nutupin ubun-ubun, semuanya gue perhatiin... (gak gadhul bashar dong....) yang nggak lah.... gue cuman seneng ngeliat mereka yang kreatif dengan jilbabnya.Sama aja dong.... enggak ding jujur cuman sekilas aja suka ngeliat di jalan and di majalah perempuan pakai jilbab yang super kreatif kaya' amazing githu deh....
Sebenarnya sih... gue cuman mau ngomong kalo fenomena jilbab unterseting banget buat gue. Gue ingat banget dulu jaman gue masih kecil masih jarang banget perempuan pake jilbab. Paling banter pas mau akad nikahan doang atawa mau ke pengajian, itupun bisa dihitung dengan jari. Bahkan di tempat gue tinggal dulu ada istilah kalo yang pakai kerudung itu kepalanya Thetheran alias korengan, jahat banget khan ya.... belum lagi mereka yang bilang itu orang islam lagi. 
Cuman semua sudah berlalu, sekarang jilbab menjadi sebuah pakaian nasional yang ada di mana saja. Dai mulai di perkampungan pedalaman hingga belantara metropolitan, dari tengah sawah nun jauh di lombok sana hingga di tingkat 25 apartemen di Jakarta. semua telah menerima jilbab sebagai pakaian kehormatan. Kalo yang masih ada cuman ngikutin trend aja yang kita doakan aja biar dapat hidayah. 
Terus apa dong masalahnya? ya itu tadi saya senang aja kalo pas ngeliat perempuan pake jilbab di tempat-tempat yang selama ini tidak terbayangkan. Misalnya kemarin pas lagi jalan-jalan ngeliat ABRi lagi latian yang sebagian mereka adalah cewek tapi tetap pakai jilbab. (ya jangan ditanya model jilbabnya..... ketat abis....). cuman dalam ati gue bersyukur lah walaupun sedikit.... ABRI or Polisi pake jilbab? keren khan.... walaupun dengan segala kekurangannya ada lah minimal dia punya tanggung jawab. 
Pas gue baca Olimpiade tahun lalu juga beberapa athlete ada yang pakai jilbab, itu artinya secara internasional jilbab memang udah jadi trend muslimah. terus gue baca di beberapa situs ternyata di Eropa itu berkembang image kalo muslimah yang pasti pake jilbab...... image yang bagus khan? Di sinetron juga sudah bersliweran artis pake jilbab, ada yang emang bener-bener pake ada juga yang pas shooting doang. Ya.... minimal mereka tau lah kalo dalam Islam ada perintah jilbab. 
So... apa sampai sini doang? ya nggak lah... saatnya kita terus meningkatkan pemahaman kita... buat akhwat yang pakai jilbab juga jangan merasa sudah kaffah terus cuek bebek sama yang belum pake jilbab. gue pernah punya temen dia khan kuliah di IPB dan emang gak pake jilbab. Karena dia nggak pake jilbab oleh temen-temen jilbaber dicuekin abis... akhirnya..... udah dia malah temenan sama noni-noni (tau khan non Islam). Ini PR buat para akhwat yang udah pake jilbab.....
Maksud dari tulisan gue ini cuman mau ngingetin buat  semuanya bahwa ternyata jilbab udah diterima oleh masyarakat kita, tinggal kita tingkatkan pemahaman masyarakat kita terhadap jilbab and bagian agama lainnya. So.... kita tingkatkan terus pemahaman agama kita yuk....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Uktub Your Ro'yi Here...